Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara agar kamera laptop bagus saat google meet atau zoom

Kamera laptop atau webcam yang bagus saat ini dibutuhkan untuk menunjang produktivitas baik itu bekerja sekolah kuliah dan sebagainya. Di saat pandemi covid 19 banyak aktivitas baik itu bekerja, sekolah, dan kuliah dilakukan secara online. Dan ini membutuhkan laptop sebagai salah satu sarana untuk menunjang pertemuan online.

zoom meeting. google meet, pertemuan online, sekolah daring,

Tentu kamera laptop saat ini menjadi bagian vital yang mendukung segala aktivitas pertemuan online yang yang membutuhkan laptop sebagai media utamanya.

Namun yang menjadi masalah adalah selama ini kamera laptop atau webcam bawaan dari laptop memiliki resolusi yang kecil. Sehingga kamera laptop ini tidak mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang tinggi. 

Hal ini akan menghambat segala aktivitas pertemuan yang dilakukan secara online, terutama bagi orang-orang yang menggunakan atau mengandalkan laptop sebagai alat utama dalam pertemuan online.

Perlu teman-teman ketahui bahwa penggunaan laptop sebagai media untuk melakukan video conference atau pertemuan online, dianggap lebih mumpuni dibandingkan dengan menggunakan smartphone hal. Ini karena laptop lebih mudah digunakan dengan adanya berbagai fitur yang menunjang laptop untuk digunakan sebagai media video conference.

Selain itu memang banyak aplikasi video conference  yang mendukung penggunaan laptop. Karena laptop mampu dengan mudah untuk melakukan berbagai aktivitas seperti presentasi membagikan file, melakukan presentasi, dan juga berinteraksi dengan audience di dalam video conference.

Pada prinsipnya penggunaan laptop  memiliki berbagai macam keunggulan, dibandingkan dengan menggunakan smartphone untuk melakukan video conference atau pertemuan daring.

Namun yang menjadi kendala yaitu webcam atau kamera laptop rata-rata hanya memiliki resolusi yang rendah. Sehingga video yang dihasilkan tidak mampu memiliki kualitas yang bagus rata-rata hasilkan dari kamera laptop yaitu hanya ukuran standard definition atau sd, juga belum bisa mencapai ukuran high definition atau hd.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamera laptop bisa menampilkan gambar yang bagus dan jernih. Sehingga hal ini bisa menunjang aktivitas pertemuan online dengan kualitas gambar video yang lebih bagus.

Untuk menghasilkan gambar yang bagus  untuk melakukan video conference dengan laptop teman-teman bisa melakukan beberapa tips berikut ini.  

Disini akan saya bahas mulai dari cara menggunakan atau menghasilkan gambar yang bagus meski hanya dengan menggunakan kamera laptop, hingga penggunaan kamera eksternal misalnya dari smartphone dan juga dari webcam eksternal.

Bersihkan lensa webcam

Tahap pertama, teman-teman menggunakan kamera laptop untuk melakukan video conference atau pertemuan online. Teman-teman harus memastikan bahwa kamera laptop yang teman-teman miliki dalam keadaan bersi.

Biasanya kondisi kamera laptop yang kotor ini bisa mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Jika kamera laptop kotor biasanya gambar yang dihasilkan akan terlihat tidak jernih  bahkan akan mengganggu gambar yang dihasilkan. Kotoran pada lensa kamera laptop ini akan terlihat seperti adanya bercak-bercak pada video saat melakukan video conference.

Untuk membersihkan bagian atau kamera laptop, teman-teman bisa menggunakan kan alat sederhana misalnya tisu, kemudian pastikan tisu yang digunakan ini dalam kondisi bersih.  Selain itu teman-teman juga bisa menggunakan pembersih lensa khusus untuk membersihkan kamera laptop agar kualitas gambar yang dihasilkan lebih jernih.

Meski gambar yang dihasilkan tidak ukuran definition atau hd, namun jika kamera laptop yang dimiliki teman-teman ini bersih maka bisa menghasilkan gambar yang jernih juga tanpa harus menggunakan tambahan kamera eksternal.

Gunakan pencahayaan yang cerah

Faktor pencahayaan juga berpengaruh pada hasil gambar saat melakukan video konferensi dengan menggunakan kamera laptop. Biasanya saat melakukan konferensi video dengan kualitas cahaya yang rendah atau dalam kondisi gelap, akan menghasilkan gambar yang kurang bagus. Oleh karena itu usahakan untuk berada dalam ruangan yang memiliki cahaya yang bagus.

Selain itu teman-teman juga bisa menambahkan  ampu khusus untuk digunakan sebagai media tambahan dalam melakukan video conference. Lampu yang bisa digunakan seperti penggunaan ring light, lampu led, lampu studio, dan berbagai macam lampu yang lainnya sehingga saat melakukan video conference. Teman-teman akan terlihat lebih bagus dan cerah dan gambar yang dihasilkan saat melakukan video conference dengan kamera laptop juga lebih berkualitas.

Pemilihan background

Background yang teman-teman gunakan saat melakukan video conference juga sangat mempengaruhi hasil dari gambar  video c konferensi. Misalnya teman-teman menggunakan background yang gelap dan dalam ruangan yang gelap. Ini tentu akan membuat gambar saat video conference menjadi tidak bagus dan hasilnya justru akan terlihat lebih gelap.

Pastikan teman-teman untuk menggunakan background polos dalam melakukan video conference. Misalnya  latar belakang tembok yang berwarna putih atau juga latar belakang dengan menggunakan warna-warna cerah yang selainnya.

Dengan menggunakan background yang cerah ini, harapannya video yang teman-teman hasilkan akan terlihat lebih bagus dan lebih berkualitas. Tujuannya agar audiens di video conference bisa melihat  teman-teman lebih jelas.

Gunakan kamera smartphone

Jika teman-teman ingin menghasilkan video yang jauh lebih bagus dengan kualitas serta resolusi yang lebih tinggi, selain tiga langkah di atas teman-teman bisa mengganti kamera laptop dengan menggunakan kamera smartphone yang teman-teman miliki.

Kamera smartphone biasanya memiliki resolusi yang lebih tinggi yang mampu menghasilkan video dengan kualitas high definition atau hd. Sehingga saat teman-teman melakukan video conference gambar yang dihasilkan juga tidak pecah. 

Untuk menjadikan kamera smartphone sebagai kamera eksternal dalam melakukan video conference menggunakan laptop, teman-teman bisa menginstal berbagai aplikasi yang menunjang aktivitas ini, seperti aplikasi droidcam dan sejenisnya.

Secara teknis cara ini akan menggantikan kamera laptop teman-teman dengan kamera smartphone saat melakukan video conference.

Teman-teman bisa menggunakan alat tambahan lain saat melakukan video conference dengan laptop yang ditunjang dengan kamera smartphone. Yaitu teman-teman bisa menggunakan tripod agar teman-teman bisa meletakkan kamera smartphone tanpa harus memegang terus menerus.

Selain itu dalam melakukan video conference dengan laptop yang ditunjang dengan kamera smartphone, teman-teman harus memastikan bahwa kamera smartphone yang teman-teman gunakan dalam posisi landscape. Maksudnya adalah agar gambar yang dihasilkan ini memiliki posisi mendatar sesuai dengan kondisi laptop. Selain  itu dengan posisi landscape gambar yang dihasilkan akan lebih besar sehingga audience pada video conference bisa melihat gambar lebih jelas.

Gunakan kamera eksternal

Selain menggunakan kamera smartphone, ada sangat banyak  merek webcam yang teman-teman bisa gunakan. Webcam eksternal untuk menunjang segala aktivitas pertemuan online atau video conference dibanderol dengan harga mulai dari yang murah hingga harga yang mahal.

Dengan menggunakan webcam eksternal ini akan menggantikan kamera laptop teman-teman yang kualitas resolusinya standar.  Webcam external ini biasanya memiliki kualitas resolusi yang sangat tinggi bahkan ada yang mampu menghasilkan video dengan kualitas fhd atau full high definition.  

Tentu hal ini akan mampu menjadikan video conference atau pertemuan online memiliki gambar yang jauh lebih berkualitas dibanding dengan menggunakan kamera laptop bawaan.

Biasanya webcam eksternal ini menunjang dan memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan teman-teman dalam melakukan pertemuan online atau melakukan video conference. Bahkan diantaranya sudah memiliki lisensi resmi untuk digunakan  di berbagai aplikasi video conference atau pertemuan online.

Demikian informasi tentang cara  membuat kamera laptop menjadi lebih bagus untuk digunakan dalam video conference atau pertemuan online. Jika teman-teman memiliki informasi tentang membuat kamera laptop agar lebih bagus  yang lebih efektif bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang membuat kamera laptop lebih bagus dan jernih ini bisa membantu dan coba memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Cara agar kamera laptop bagus saat google meet atau zoom"