Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ampuh agar rambut tidak mengembang dengan bahan alami

Rambut mengembang adalah kondisi rambut  yang sulit diatur, serta membuat penampilan rambut kurang menarik karena rambut akan terlihat berantakan.  Rambut mengembang ini disebabkan oleh banyak hal misalnya kondisi rambut yang kurang sehat, hingga memang kondisi bawaan rambut seperti itu sejak lahir.

rambut, rambut mengembang, agar rambut tidak mengembang, tipe perawatan rambut,

Kondisi rambut mengembang bisa menjadi masalah yang serius bagi sebagian orang. Karena akan mempengaruhi penampilan seseorang, yang bisa membuat seseorang tersebut kurang percaya diri ketika berinteraksi dan juga bergaul dengan orang lain.

Masalah rambut mengembang ini tidak hanya dialami oleh wanita, namun juga banyak pria yang tidak nyaman dengan kondisi rambutnya yang mengembang serta sulit diatur.  Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya telah mengulas beberapa cara yang membantu teman-teman untuk mengatasi masalah rambut mengembang.

Cara yang telah saya ulas ini merupakan cara alami untuk merawat rambut dan juga menghindari beberapa hal yang menyebabkan rambut bisa mengembang dan susah diatur.

Menyisir rambut menggunakan jari tangan yang basah

Perlu teman-teman ketahui bahwa rambut mengembang biasanya dikarenakan memang kondisi rambut kering dan  tingkat kelembabannya rendah. Oleh karena itu teman-teman bisa mengatasi rambut yang kering ini dengan memberikan efek basah pada rambut teman-teman. Yaitu dengan menyelupkan tangan ke dalam air bersih, kemudian teman-teman bisa menyisir rambut dengan menggunakan jari-jari tangan yang telah dibasahi dengan menggunakan air bersih tersebut.

Cara ini banyak yang menganggap sebagai langkah yang efektif untuk mengatasi rambut yang mengembang. Namun ada satu kelemahan, yaitu ketika kondisi teman-teman berada di luar ruangan atau saat cuaca panas, bisa jadi kelembaban rambut dari efek pembasahan tadi akan hilang dalam waktu yang cepat.  Sehingga efektivitas menyisir rambut menggunakan jari tangan yang basah ini hanya dalam waktu singkat saja, dan tidak bisa bertahan lama hingga seharian.

Gunakan conditioner atau pelembab rambut.

Perlu teman-teman ketahui bahwa conditioner mengandung beberapa zat seperti protein yang dapat menjadikan rambut lebih sehat dan menjaga kelembaban rambut agar tidak kering.  Dengan menggunakan conditioner atau pelembab rambut ini, teman-teman bisa mengatasi masalah rambut yang mengembang dengan cara yang mudah untuk dilakukan.

Teman-teman bisa mengoleskan atau menggunakan kondisioner ini pada rambut, setelah teman-teman melakukan keramas.  Teman-teman bisa menggunakan conditioner ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kondisi rambut yang kering bisa diatasi dengan penggunaan conditioner secara rutin. Hal ini karena conditioner dapat meningkatkan kelembaban rambut, sehingga hal ini akan mengurangi kondisi rambut yang mengembang agar lebih mudah diatur dan tidak mengganggu penampilan.

Hindari penggunaan pengering rambut serta catokan pelurus rambut.

Pengering rambut dan juga catokan rambut ini biasanya menggunakan elemen pemanas yang dapat mengurangi kelembaban rambut bahkan bisa merusak kesehatan rambut.  Jika kondisi rambut kering dan tidak lembab, ini merupakan  salah satu penyebab rambut mengembang. Oleh karena itu jika teman-teman tidak ingin memiliki rambut yang mengembang dan sulit diatur, teman-teman sebisa mungkin harus mengurangi penggunaan hair dryer serta catokan rambut.

Penggunaan pengering dan catokan rambut ini dalam jangka panjang  bisa merusak rambut dan membuat rambut tidak sehat.

Menggunakan cuka apel.

Perlu teman-teman ketahui bahwa cuka apel bisa menjadi salah satu bahan alami untuk meningkatkan kesehatan rambut, agar tidak mengembang, dan lebih mudah diatur. Hal ini karena sifat cuka apel yang dapat mengembalikan tingkat ke asaman rambut.  

Cuka apel bekerja pada rambut dengan membuat rambut lebih asam. Karena jika rambut dalam kondisi basa maka bagian kutikula rambut bisa membuka.  Kondisi kutikula rambut yang membuka ini bisa menyebabkan rambut mengembang serta sulit diatur.

Penggunaan cuka apel pada rambut ini juga membantu meningkatkan kesehatan rambut serta menghilangkan kotoran pada kulit kepala dan rambut.

Cara penggunaan cuka apel untuk perawatan rambut yaitu teman-teman bisa mencampurkan beberapa sendok cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian melarutkan cuka apel ini hingga tercampur sempurna dengan air.

Larutan cuka apel dengan air ini bisa teman-teman gunakan untuk dioleskan di rambut. Selain itu teman-teman juga bisa menggunakan larutan cuka apel ini untuk memijat kulit kepala.

Jangan lupa setelah proses mengoleskan larutan cuka apel di rambut dan juga kulit kepala teman-teman harus membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Menggunakan minyak kelapa.

Bahan alami yang selainnya yang bisa teman-teman gunakan untuk mengatasi masalah rambut yang mengembang yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Perlu teman-teman ketahui bahwa salah satu penyebab rambut yang mengembang yaitu karena kondisi rambut yang kering atau tidak lembab. Sehingga untuk mengatasi masalah rambut yang mengembang ini teman-teman harus meningkatkan kelembaban rambut.

Salah satu cara yang bisa teman-teman gunakan untuk meningkatkan kelembaban rambut yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Karena dalam minyak kelapa mengandung bahan alami yang dapat membantu itu rambut agar tetap lembab.  Selain itu minyak kelapa ini juga dapat diserap oleh rambut dengan mudah. Hal ini ini bisa membuat rambut menjaga kadar protein yang ada di dalamnya agar tidak keluar atau lepas.

Untuk menggunakan minyak kelapa ini,  teman-teman bisa menuangkan beberapa tetes minyak kelapa yang dioleskan di telapak tangan. Kemudian teman-teman bisa memijat kulit kepala dengan tangan yang telah diberikan minyak kelapa ini.

Selain itu teman-teman juga bisa mengoleskan tangan yang sudah diberi minyak kelapa ini di seluruh rambut teman-teman dari ujung hingga ke ujung.

Setelah melakukan pemijatan kulit kelapa dan juga mengoleskan minyak kelapa di rambut, teman-teman bisa membiarkan hingga waktu sekitar 30 menit sebelum teman-teman bersihkan atau bilas menggunakan air bersih.

Menggunakan alpukat.

Buah alpukat juga termasuk salah satu bahan alami yang bisa teman-teman gunakan untuk mengatasi masalah rambut yang mengembang.  

Teman-teman bisa mengupas buah alpukat ini dan mengambil dagingnya. Kemudian teman-teman bisa memblender daging buah alpukat ini ini dengan memberinya sedikit air dengan perbandingan 3 banding 1. 

Teman-teman bisa memblender buah alpukat dengan air ini hingga benar-benar lembut dan berupa pasta. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal teman-teman bisa menambahkan beberapa  sendok teh minyak kelapa apa pada proses pembuatan pasta buah alpukat ini. 

Pasta buah alpukat ini yang bisa teman-teman gunakan untuk proses perawatan rambut agar tidak mengembang dan mudah diatur. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa buah alpukat mengandung vitamin yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat. Diantaranya adalah kandungan vitamin a serta vitamin c yang ada pada buah alpukat. Kandungan vitamin ini dapat membantu rambut agar tetap sehat dan juga tetap lembab jika digunakan secara teratur.

Merawat rambut dengan telur.

Cara berikutnya yang bisa teman-teman gunakan untuk mengatasi rambut yang mengembang ini yaitu dengan menggunakan telur sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa telur memiliki kandungan gizi seperti vitamin b7 yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan rambut. Selain itu telur juga mengandung lemak jenuh yang dibutuhkan agar rambut tetap sehat.

Ketika kondisi rambut sehat ini maka rambut akan tetap lembab sehingga peluang terjadinya rambut mengembang juga akan semakin kecil. Oleh karena itu penting untuk memberikan rambut nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kondisinya agar tetap sehat salah satunya yaitu menggunakan telur.

Cara yang bisa teman-teman gunakan yaitu dengan memecahkan 2 butir telur, kemudian teman-teman bisa memisahkan putih dan juga kuning telur. Di sini yang akan digunakan untuk perawatan rambut yaitu putih telur saja.  Teman-teman bisa mengocok putih telur ini ini hingga kondisinya lebih encer kemudian mengoleskan  pada rambut dan juga bisa digunakan untuk memijat kulit kepala.

Teman-teman bisa membiarkan kondisi rambut dan juga kulit kepala yang sudah diberikan putih telur ini dalam waktu 15 hingga 30 menit. Kemudian teman-teman bisa membilasnya dengan air bersih atau juga air hangat.

Demikian informasi tentang cara membuat rambut agar tidak mengembang yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang membuat rambut agar tidak mengembang yang lebih efektif bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara membuat rambut agar tidak mengembang bisa membantu serta memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara ampuh agar rambut tidak mengembang dengan bahan alami"