Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Memiliki saya tahan tubuh yang kuat dibutuhkan seseorang untuk menghalau berbagai jenis penyakit. Selain itu daya tahan tubuh yang kuat juga dapat menyembuhkan penyakit tertentu yang ada di dalam tubuh. Hal ini karena daya tahan tubuh merupakan satu-satunya sistem perlindungan yang dimiliki oleh tubuh agar terhindar dari berbagai jenis virus dan bakteri, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit tertentu.

daya tahan tubuh, imunitas, olahraga, wanita, lari,

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bergizi. Selain itu juga perlu asupan suplemen alami seperti penggunaan jahe, royal jelly, bahkan ginseng. Dimana kandungan yang terdapat di dalam bahan alami ini dapat membantu teman-teman untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Selain mendapatkan asupan gizi yang berasal dari berbagai jenis bahan makanan, teman-teman juga harus melakukan beberapa aktifitas. Di mana aktivitas yang teman-teman lakukan ini juga dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh, sehingga teman-teman tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Dalam artikel ini telah diulas beberapa hal yang harus teman-teman lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dimana cara-cara yang diulas di bawah ini merupakan cara umum yang disarankan dan telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Hentikan rokok dan alkohol.

Jika teman-teman merokok dan juga mengkonsumsi alkohol, maka teman-teman harus menghentikannya jika teman-teman ingin segera sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hal ini karena kebiasaan merokok dan juga mengkonsumsi alkohol yang teman-teman lakukan, dapat mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga tubuh akan rawan terserang dari berbagai penyakit, ini karena merokok dan juga alkohol dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalam rokok dan juga alkohol dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan demikian tubuh secara perlahan akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Namun jika teman-teman sudah terbiasa dan sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok serta minum alkohol, maka teman-teman dapat melakukan berbagai treatment untuk mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok dan alkohol. Bahkan teman-teman bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikologi untuk benar-benar bisa meninggalkan kebiasaan ini.

Dengan menggantikan kebiasaan merokok dan juga minum alkohol, harapannya teman dengan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga teman-teman tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Cukupi gizi makanan.

Berbagai jenis makanan yang teman-teman makan juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sehingga teman-teman mudah atau sulit terserang berbagai penyakit. Selain itu juga tergantung dari berbagai jenis makanan yang teman-teman konsumsi. Makanan ini bukan berarti teman-teman harus banyak makan, melainkan harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan.

Jika teman-teman mendengar konsumsi makanan empat sehat lima sempurna, mungkin hal ini bisa teman-teman terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena berbagai jenis makanan empat sehat lima sempurna ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang teman-teman butuhkan setiap harinya.

Beberapa kandungan nutrisi yang teman-teman butuhkan diantaranya adalah vitamin a, vitamin c, zink, protein, mineral, karbohidrat, omega-3, dan antioksidan yang dapat membantu teman-teman dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa contoh makanan yang bisa teman-teman konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti nasi, ikan, kacang-kacangan, telur, sayur, berbagai jenis buah dan juga teman-teman bisa menambahkan berbagai suplemen herbal. Suplemen herbal yang dimaksud seperti jahe, yang dianggap sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Olahraga teratur.

Melakukan olahraga fisik secara teratur juga dapat membantu teman-teman dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga teman-temannya akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

Selain membuat tubuh tidak mudah sakit, dengan melakukan olahraga ini juga dapat membantu teman-teman dalam mengatasi masalah seperti kesulitan untuk tidur, meningkatkan konsentrasi teman-teman, serta membantu menjaga agar berat badan tetap ideal.

Untuk melakukan olahraga, teman-teman tidak perlu melakukan olahraga yang berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun teman-teman cukup menyediakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit yang dilakukan secara rutin setiap hari.

Berbagai jenis olahraga yang ringan dapat membantu teman-teman mengatasi berbagai masalah kesehatan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa olahraga yang banyak direkomendasikan diantaranya adalah melakukan latihan fisik di tempat fitness atau gym, jalan kaki, berenang, lari, bersepeda, dan berbagai jenis olahraga yang teman-teman senangi.

Dengan melakukan olahraga yang teman-teman disenangi, ini harapannya dapat membantu teman-teman melakukan olahraga sarah konsisten setiap hari. Karena dengan adanya rasa senang tersebut teman-teman akan bisa mengulangi dan terus melakukannya.

Hindari penyebab stress.

Selain faktor fisik ternyata sistem kekebalan tubuh juga dapat dipengaruhi oleh berbagai masalah psikologis, diantaranya yaitu masalah kecemasan hingga tekanan, dan juga depresi. Di mana masalah-masalah seperti ini juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang. 

Dengan demikian biasanya orang yang memiliki berbagai masalah psikologi seperti ini mereka juga dapat dengan mudah terserang penyakit.

Untuk mengatasi masalah psikologis seperti ini, teman-teman harus menghindari berbagai penyebab stres. Dengan menghindari stress dapat membantu teman-teman menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terserang berbagai penyakit.

Jika teman-teman memiliki masalah psikologis yang cukup berat, teman-teman bisa datang ke psikolog untuk mengkonsultasikan masalah yang teman-teman hadapi.

Waktu tidur yahg cukup.

Memiliki kebiasaan tidur malam yang buruk sehingga menyebabkan teman-teman kekurangan waktu tidur, selain itu juga dapat  menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Sehingga dengan mencukupi kebutuhan tidur, teman-teman dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh teman-teman tidak mudah terserang dari berbagai jenis penyakit.

Ketika teman-teman kurang tidur, hal ini akan mengganggu konsentrasi teman-teman dan juga fisik biasanya akan lemas di siang hari.  Hal ini berpotensi terjadinya berbagai serangan penyakit karena tubuh memiliki daya tahan yang rendah.

Waktu tidur malam yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan di antaranya bagi orang dewasa sekitar 7 sampai 9 jam dalam sehari. Sedangkan waktu tidur anak-anak 8 hingga 11 jam dalam satu hari.

Namun jika teman-teman memiliki gangguan tidur, teman-teman harus mengetahui apa yang menyebabkan teman-teman kesulitan tidur ini. Sehingga teman-teman bisa memecahkan masalah susah tidur yang dihadapi. Bahkan teman-teman bisa konsultasi dengan psikolog, jika teman-teman memiliki masalah psikologis tertentu yang mempengaruhi pola tidur teman-teman.

Demikian informasi tentang beberapa aktivitas yang harus dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika teman-teman memiliki informasi untuk menjaga daya tahan tubuh yang lebih efektif, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh"