Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara membuat bibir agar tidak kering dan pecah pecah

Kondisi bibir kering tidak hanya mengganggu penampilan karena bentuk bibir menjadi pecah-pecah.  Namun ketika bibir menjadi pecah pecah seperti ini juga tidak nyaman bagi seseorang, karena akan terasa perih serta sulit menikmati berbagai makanan dan juga minuman.

bibir pecah, agar bibir tidak pecah, bibir, lips, wanita,

Tak hanya itu bibir kering juga akan bisa mengganggu penampilan seperti bibir akan terlihat jauh lebih gelap, kulit bibir mengelupas, bahkan hingga mengeluarkan darah. Sehingga dalam kondisi seperti ini teman-teman harus segera mengatasi dan mengembalikan kondisi bibir agar lebih sehat dan tidak kering.

Perlu diketahui bahwa kondisi bibir kering ini adalah kondisi dimana bibir kekurangan cairan. Sehingga hal ini akan membuat bibir kering dan tidak lembab. Kehilangan kelembaban bibir ini merupakan suatu hal yang tidak nyaman jika dialami dan membuat bibir menjadi kering.

Ada berbagai macam penyebab terjadinya bibir kering seseorang. Misalnya itu kondisi cuaca, suhu yang ekstrem dingin, dan juga panas. Selain itu kondisi tubuh yang kekurangan cairan juga bisa menyebabkan bibir kering. Tak hanya itu bibir kering juga bisa disebabkan akibat kondisi kesehatan tertentu, yang harus mengkonsumsi berbagai 0b4t yang diberikan oleh dokter.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Berikut lima di antaranya yang telah diulas untuk teman-teman sekalian.

Cukup minum air.

Salah satu penyebab bibir kering yaitu karena kondisi tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini dapat membantu untuk mengembalikan kondisi bibir agar menjadi lebih lembab dan tidak kering.

Kondisi dehidrasi atau kekurangan yang terjadi pada seseorang bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satu diantaranya karena berada di suatu ruangan atau di luar ruangan yang memiliki kondisi suhu dan udara yang panas. Sehingga daun kondisi ini seseorang akan mengeluarkan banyak cairan dan tubuh akan mengalami kekurangan cairan.

Salah satu dampak yang dihasilkan ketika tubuh kekurangan cairan di antaranya yaitu bibir kehilangan kelembaban, bibir menjadi lebih kering, bahkan bisa membuat bibir pecah-pecah.

Untuk mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan cairan ini disarankan untuk minum air putih yang banyak. Selain air putih teman-teman juga bisa minum cairan elektrolit atau isotonik yang dijual di toko-toko atau minimarket. 

Dengan demikian tubuh akan mendapatkan kembali cairan yang hilang, dan juga akan mengembalikan kondisi bibir agar lebih lembab dan tidak kering.

Konsumsi buah dan sayur.

Salah satu cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi bibir yang kering yaitu dengan mengkonsumsi buah dan juga sayur. Karena di dalam buah dan juga sayur ini mengandung mineral penting yang dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Hal ini termasuk salah satunya juga kesehatan kulit yang ada pada bibir. 

Dengan demikian konsumsi buah dan sayur akan membuat bibir tidak menjadi kering dan memberikan kelembaban pada bibir.

Konsumsi buah dan sayur ini bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan menjadikan sayur sebagai menu konsumsi harian bersama nasi. Atau juga bisa membuat jus sayur yang dicampur dengan buah.

Selain itu juga untuk konsumsi buah, teman-teman bisa mengkonsumsi buah secara langsung.  Teman-teman juga bisa menjadikan buah tersebut sebagai jus dan juga salat.

Konsumsi buah dan sayur ini dapat memberikan bibir berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit bibir agar kondisinya tetap lembab dan juga tidak kering. Dengan demikian teman-teman bisa mengusahakan untuk secara rutin mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur untuk menjaga kesehatan bibir agar tetap sehat, tidak kering, dan pecah-pecah.

Asupan vitamin C.

Salah satu ciri kekurangan vitamin c yaitu biasanya kulit akan mengalami kering. Selain itu juga akan terjadi sariawan, termasuk kondisi bibir yang kering dan juga pecah-pecah. Oleh karena itu dengan mendapatkan asupan vitamin c yang cukup akan membantu kondisi sariawan, termasuk bibir yang kering dan pecah-pecah.

Untuk mendapatkan asupan vitamin c alami teman-teman bisa mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur. Seperti yang saya jelaskan diatas, berbagai jenis buah dan sayur ini biasanya mengandung vitamin c dalam jumlah tinggi, terutama buah dari jenis jeruk.

Selain mendapatkan vitamin c dari buah dan sayur,  teman-teman juga bisa mengkonsumsi vitamin c dalam bentuk suplemen yang dijual di apotek.

Dengan mendapatkan asupan vitamin c yang cukup ini dapat membantu mengatasi masalah bibir kering, bibir pecah-pecah, serta sariawan. Sehingga tidak akan mengganggu penampilan, dan juga bibir tidak akan perih ketika mengkonsumsi berbagai makanan dan juga minuman yang teman-teman sukai.

Hindari ruangan terlalu dingin.

Jika teman-teman bekerja di dalam suatu ruangan dengan menggunakan ac, biasanya akan mengalami berbagai kondisi salah satunya yaitu kulit dan juga bibir akan terasa kering. Hal ini disebabkan oleh karena adanya pendingin ruangan yang berlebihan. Kondisi ini akan membuat kulit bibir menjadi lebih kering bahkan bisa membuat pecah-pecah.

Oleh karena itu jika teman-teman bekerja dalam ruangan yang menggunakan ac dengan suhu yang sangat dingin, maka teman-teman sesekali harus keluar ruangan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu teman-teman juga bisa menyediakan minuman seperti air hangat untuk dikonsumsi di dalam ruangan untuk menstabilkan kondisi kulit bibir teman-teman agar tidak kering.

Pelembab bibir.

Cara terakhir yang bisa dibagikan melalui artikel ini yaitu mengatasi bibir kering menggunakan pelembab bibir. Ada berbagai jenis pelembab bibir yang dijual yang bisa teman-teman gunakan untuk mengatasi bibir kering. Karena berbagai pelembab bibir ini memiliki bahan yang bisa untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan tidak kering, serta membuat kulit bibir tidak mengelupas .

Namun perlu diketahui bahwa  bahan-bahan pelembab bibir yang dijual ini biasanya menggunakan bahan kimia dan juga bahan kosmetik tertentu. Di mana bahan-bahan ini akan membuat beberapa jenis kulit akan sensitif. Kemudian tak jarang juga yang akan memberikan berbagai dampak seperti gatal serta gejala alergi yang selainnya.

Oleh karena itu penggunaan pelembab bibir ini harus lebih berhati-hati. Terutama ketika teman-teman memiliki kulit yang sensitif terhadap salah satu bahan yang digunakan dalam produk tersebut.

Demikian informasi tentang cara agar bibir tidak kering yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki cara agar bibir tidak kering yang lebih efektif bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel agar bibir tidak kering ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Cara membuat bibir agar tidak kering dan pecah pecah"