Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara efektif membuat anak cepat tidur dimalam hari

Waktu tidur untuk anak juga harus perlu diperhatikan. Karena hal ini akan mempengaruhi kesehatan anak secara keseluruhan. Termasuk juga dapat mempengaruhi kondisi kognis,  fokus, dan juga aktivitas anak di siang hari.

anak, tidur, anak cepat tidur,

Tidak hanya mempengaruhi kondisi mental pada anak,  namun kualitas tidur anak-anak juga akan mempengaruhi kondisi fisiknya. Hal ini karena jika kondisi kurang tidur maka akan mempengaruhi hormon yang ada pada tubuh, yang bisa berakibat buruk pada kondisi fisik anak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang memiliki kualitas tidur yang baik memiliki prestasi akademik yang lebik baik. Selain itu dan juga perkembangan perilaku yang baik jika dibandingkan dengan anak yang kurang tidur.

Perlu teman-teman ketahui bahwa tidak hanya orang dewasa yang mengalami kesulitan tidur, namun anak-anak juga memiliki masalah sulit tidur. Sehingga hal ini akan menjadi masalah bagi orang tua anak tersebut, karena bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental anak di hari-hari berikutnya.

Jika orang dewasa yang mengalami susah tidur, mereka bisa dengan sendirinya mengatasi masalah yang dihadapi dengan melakukan berbagai hal sebelum tidur. Misalnya menggunakan aromaterapi yang akan membuat merasa rileks, minum minuman yang hangat, dan lain sebagainya.

Namun bagaimana jika masalah kesulitan tidur ini dihadapi oleh anak-anak? Maka mereka bisa memberikan respon yang berbeda dengan orang dewasa seperti menangis, bahkan mereka akan melakukan berbagai aktivitas di malam hari seperti bermain, dan lain sebagainya. Sehingga ketika hal ini dibiarkan maka akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan anak.

Berikut adalah beberapa cara yang telah saya ulas agar bisa teman-teman gunakan untuk membantu agar anak cepat tidur.

Biasakan jam tidur anak.

Salah satu langkah yang bisa teman-teman lakukan agar anak cepat tidur yaitu dengan membiasakan mereka untuk tidur pada jam-jam tertentu. Misalnya membiasakan anak tidur di jam 8 malam, maka dengan demikian hal ini akan menjadi suatu kebiasaan anak tersebut ketika 8 malam mereka akan tidur.

Dengan membiasakan atau membuat pola tidur anak seperti ini akan membuat anak otomatis melakukan adaptasi. Yaitu ketika jam 8 mereka akan mengantuk dan akan tidur. Sehingga hal ini akan dapat mempengaruhi kondisi atau kualitas tidur anak, agar mereka tidak tidur terlalu malam.

Dengan membuat pola tidur seperti ini banyak diakui sangat efektif untuk dilakukan agar anak cepat tidur. Karena kondisi fisik dan juga pikiran anak akan terpengaruh jika dikondisikan untuk tidur pada jam-jam tertentu, sehingga pada jam tersebut anak akan merasa ngantuk dan akan tidur.

Tidak makan menjelang tidur.

Pada kondisi tertentu, kondisi penuh makanan bisa membuat seorang anak akan kesulitan tidur.  Sehingga usahakan agar tidak makan makanan berat menjelang tidur. Karena hal ini bisa membuat anak tidak akan tidur ketika mereka kenyang.

Selain itu makan makanan berat menjelang tidur juga akan mempengaruhi kondisi fisik pada anak. Yaitu makanan yang dimakan akan lambat untuk diproses ketika dalam kondisi tidur.  Selain itu juga bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan pada anak misalnya terjadinya asam lambung.

Anak tidak melakukan aktivitas fisik.

Melakukan aktivitas fisik seperti bermain loncat-loncat dan lain sebagainya menjelang tidur juga akan mempengaruhi anak. Yaitu mereka akan kesulitan tidur karena kondisi fisik mereka dalam keadaan tegang dan tidak rileks.

Perlu diketahui bahwa dalam kondisi fisik yang rileks akan membuat seseorang akan lebih mudah tidur, termasuk juga anak-anak. Dengan demikian aktivitas fisik seperti loncat-loncat dan lain sebagainya sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi tegang. Sehingga hal tersebut akan membuat anak kesulitan untuk tidur.

Mengingatkan anak untuk tidur.

Sebagai orang tua wajib mengingatkan anaknya untuk melakukan hal-hal tertentu. Hal ini termasuk juga mengingatkan anak waktu untuk tidur.

Jika anak melakukan aktivitas atau hal-hal yang selainnya, coba untuk diingatkan agar berhenti. Kemudian minta mereka untuk segera untuk bersih diri seperti kaki gosok gigi, cuci tangan, cuci muka, dan menuju kamar tidur untuk segera tidur.

Hindari  penggunaan gadget.

Penggunaan gadget seperti smartphone juga mempengaruhi kondisi pada anak-anak. Biasanya saat ini banyak anak yang sudah menggunakan gadget smartphone bisanya untuk menonton video dan juga bermain game di smartphone yang mereka miliki. 

Jika mereka sudah terbiasa menggunakan gadget sebelum tidur, maka hal ini akan bisa berpengaruh pada kondisi tidur mereka.

Karena otak dan juga fisik tidak akan fokus untuk tidur. Fokus otak dan juga fisik fokus untuk melihat smartphone. Hal ini membuat seseorang atau anak tidak akan mengantuk, karena mereka melakukan aktivitas yang mereka senangi yaitu dengan menggunakan smartphone.

Buat kamar senyaman mungkin.

Ada beberapa kondisi yang membuat anak bisa mudah dan juga cepat tidur. Di antaranya yaitu kondisi kamar yang nyaman akan mempengaruhi cepat atau tidaknya seorang anak untuk tertidur.

Oleh karena itu sebelum anak tidur, usahakan untuk membersihkan kondisi kamar agar bisa digunakan untuk tidur dengan nyaman. Selain itu orang tua juga bisa memberikan beberapa cerita yang menyedihkan membantu anak untuk cepat tidur.

Namun untuk memberikan cerita atau dongeng pada anak ini tidak selalu memberikan dampak positif kepada anak. Karena jika mereka terbangun di malam hari, maka mereka akan kesulitan tidur sebelum mereka mendapatkan cerita atau dongeng dari orang tuanya. Sehingga untuk memberikan dongeng atau cerita ini bisa menjadi hal yang positif dan negatif jika diberikan kepada anak.

Demikian informasi tentang cara agar anak cepat tidur yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki tambahan informasi tentang cara agar anak cepat tidur bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara agar anak cepat tidur ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Cara efektif membuat anak cepat tidur dimalam hari"