Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian software open source yang bisa digunakan gratis

Software open source adalah software yang bisa digunakan oleh siapa saja dan tanpa harus membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu, yang sering dikenal dengan istilah software gratis. 

open source, software, programmer, software development,

Artikel ini akan menjelaskan sekilas tentang software open source dan menjelaskan beberapa manfaatnya bagi pengguna perangkat lunak.

Singkat kata, software open source adalah perangkat lunak yang dibuat oleh banyak orang untuk digunakan oleh semua orang. Harapan dibalik pengembangan software open source ini adalah melalui akses terbukanya akan berkembang menjadi sesuatu yang mewakili keinginan sebenarnya dari pengguna. Melalui jaringan keterlibatan pengguna yang luas, software opensource yang dimaksud ditingkatkan dan di-debug tanpa biaya dan syarat tertentu.

Secara umum, software yang beredar saat ini dikembangkan secara tertutup. Sebuah tim pengembang software profesional membangunnya dengan tujuan profit. Software ini membutuhkan biaya yang mahal untuk diproduksi, dan biaya ini akan dibebankan ke pengguna akhir atau konsumen harus membelinya. 

Di sisi lain, ada software open source bisa digunakan gratis oleh siapapun. Gratis untuk diunduh, gratis untuk menginstal, gratis untuk digunakan, gratis untuk dimodifikasi, dan gratis untuk dibagikan.

Software open source ini dikembangkan dalam waktu yang lama bahkan sejak puluhan tahun yang lalu. Software opensource mendapatkan popularitas dan eksposur yang luas. 

Pada konsepsi pertamanya, open source melahirkan World Wide Web seperti yang kita kenal sekarang. Internet secara keseluruhan adalah hasil dari izin gratis untuk mengakses web, menggunakan web, berkontribusi ke web, dan berbagi web dengan orang lain. 

Tapi tentu saja tidak berhenti di situ. Belum lama ini, Netscape mengubah versi komersial dari browser web Navigatornya menjadi open source. Dan hari ini, open source merambah ke ranah komersial juga.

Pada pemikiran pertama, ide open source mungkin terdengar mengejutkan bagi mereka yang mencari nafkah dari pengembangan perangkat lunak. Tetapi fakta menunjukkan software open source ini membuat perusahaan pembuatnya bisa menaikan posisi pada pasar software.

Dalam dunia bisnis, open source bisa digunakan untuk membangun brand atau citra. Ketika konsumen menyaksikan perusahaan berkontribusi memberikan software gratis, perusahaan bisa mendapatkan bantuan besar di mata penggunanya yaitu berupa donasi.

Software open source juga dituntut untuk peningkatan kualitas. Penggemar software open source juga ingin mendapatkan perangkat lunak yang andal dan sangat berkualitas meskipun gratis. Ini menjadi kritik untuk software komersial yang mahal dan rawan kesalahan. 

Manfaat lain dari software open source adalah kecepatan di mana produknya dikembangkan, ditingkatkan, didukung dan didistribusikan. Ini karena orang-orang yang secara teratur berkontribusi mengembangkan software open source.

Mereka yang terlibat dala pengembangan software open source sangat berbakat, dan mereka sangat peduli. 

Bagaimana cara ikut mengembangkan software open source? Ada banyak peluang open source yang tersebar di Internet dan dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari. Disitu pasti akan menemukan lebih banyak sumber daya yang bisa digunakan untuk mengembangkan software.

Demikian informasi tentang software open source yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi lanjutan tentang software open source, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang software open source ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " Pengertian software open source yang bisa digunakan gratis"