Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan otak

Memiliki otak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang. Meskipun otak cerdas biasanya berasal dari bawaan genetik namun sebenarnya kecerdasan otak ini bisa dipengaruhi juga oleh faktor makanan yang sehat.

makanan, kecerdasan otak, daya ingat,

Beberapa kandungan gizi pada makanan mampu meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat seseorang dapat memiliki kecerdasan yang lebih baik.

Dengan memiliki kecerdasan yang baik, seseorang dapat dengan mudah untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Selain itu kecerdasan ini juga sangat berpengaruh pada banyak hal yang dijalani oleh seseorang. 

Dengan memiliki kecerdasan yang baik, seseorang dapat dengan mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu juga dapat berpikir dengan jernih dalam menghadapi masalah-masalah dalam kehidupannya. Masih banyak lagi manfaat yang didapatkan dengan memiliki kecerdasan yang tinggi.

Meningkatkan kecerdasan ini tidak hanya penting dilakukan untuk anak-anak, namun juga perlu dilakukan oleh orang dewasa atau orang tua sekalipun.  Hal ini karena semakin bertambah usia biasanya tingkat kemampuan otak dalam berpikir dan juga mengingat akan mengalami penurunan. Sehingga otak perlu diberikan nutrisi penting untuk peningkatan kecerdasan atau menjaga daya ingat seseorang.

Beberapa nutrisi penting dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat seseorang. Nutrisi yang dibutuhkan oleh otak ini dikemas dalam berbagai makanan sehat, yang bisa teman-teman dapatkan dari lingkungan sekitar atau juga membelinya.

Apa saja makanan-makanan yang dapat mempengaruhi atau meningkatkan kecerdasan otak seseorang? Berikut beberapa makanan yang telah diulas untuk teman-teman untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga menjaga daya ingat.

Konsumsi blueberry.

Makanan pertama yang memiliki nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah blueberry.  Selain meningkatkan kecerdasan otak blueberry juga dianggap mampu untuk melindungi otak dari beberapa penyakit diantaranya alzheimer, demensia, serta stres.  Penelitian tentang blueberry juga telah dilakukan, bahwa buah blueberry jika dikonsumsi secara teratur dengan jumlah yang banyak dapat meningkatkan kemampuan otak, kemampuan belajar, serta meningkatkan kemampuan motorik seseorang.

Buah blueberry dapat dijadikan sebagai makanan atau cemilan sehari-hari. Sehingga otak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan, agar kemampuannya tetap terjaga dengan baik.  Teman-teman bisa membeli buah blueberry di supermarket atau juga bisa menanam blueberry sendiri di rumah sebagai hobi berkebun yang menyenangkan.

Buah alpukat

Selain blueberry teman-teman juga bisa mengkonsumsi buah alpukat untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga daya ingat otak.  Buah alpukat dianggap sebagai salah satu buah yang memiliki lemak yang tinggi. Namun lemak yang ada pada buah alpukat ini termasuk lemak sehat untuk dikonsumsi. Serta tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah alpukat mampu menjaga aliran darah agar tetap lancar. Sehingga oksigen dapat masuk ke dalam otak tanpa hambatan. Hal ini akan mempengaruhi kinerja otak agar tetap  baik.  Karena dengan lancarnya aliran oksigen ke otak, maka otak dapat bekerja dengan baik sehingga kecerdasan otak bisa meningkat dan daya ingat otak juga tetap terjaga.

Selain itu buah alpukat juga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan. Termasuk menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi pada seseorang yang dapat mengakibatkan penyakit stroke.

Di indonesia buah alpukat sangat mudah didapatkan. Apalagi ketika musim panen buah alpukat harga alpukat cukup murah.  Teman-teman bisa membeli alpukat ini di pasar tradisional, atau toko penjual buah. Buah alpukat bisa dijadikan konsumsi harian yang sehat untuk menjaga kinerja otak dan juga menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Konsumsi ikan laut.

Perlu teman-teman ketahui bahwa ikan laut juga dapat meningkatkan kecerdasan otak seseorang, baik itu anak-anak orang dewasa hingga orang tua. Ikan laut dianggap sebagai salah satu sumber omega-3 terbaik yang dapat menjaga daya ingat otak dan juga meningkatkan kecerdasan pada otak seseorang. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa asam lemak esensial omega-3 adalah nutrisi yang penting yang dapat meningkatkan fungsi dan juga kesehatan otak manusia.

Salah satu jenis ikan laut yang paling banyak direkomendasikan untuk mendapatkan asam lemak esensial omega-3 adalah ikan salmon. Ikan salmon dianggap memiliki omega-3 yang sangat tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan dan juga menjaga daya ingat seseorang.

Namun sayangnya ikan salmon ini memiliki harga yang sangat mahal, sehingga mungkin tidak semua orang bisa untuk membelinya. Oleh karena itu teman-teman bisa mengganti ikan salmon ini dengan menggunakan ikan laut yang ada di pasaran. Karena jika secara rutin mengkonsumsi ikan laut teman-teman juga bisa mendapatkan asupan omega-3 yang mencukupi untuk menjaga kesehatan otak.

Konsumsi kacang-kacangan.

Konsumsi kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kecerdasan dan juga menjaga daya ingat otak seseorang. Hal ini karena kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin e yang sangat baik otak. Perlu diketahui bahwa vitamin e diperlukan untuk otak agar tidak mengalami penurunan fungsi otak terutama aspek kognitif.

Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak diantaranya adalah kacang tanah, kacang mede, biji bunga matahari, kacang kenari, hingga kacang almond. Semua jenis kacang ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, agar dapat menjaga kecerdasan serta daya ingat seseorang. Teman-teman dapat membeli kacang-kacangan ini di berbagai toko bahan makanan yang ada di pasar tradisional hingga supermarket.

Harga kacang-kacangan ini sangat bervariasi tergantung dari jenis kacang yang akan dibeli. Biasanya kacang tanah memiliki harga yang jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan kacang almond atau coklat kacang mede. Teman-teman dapat menjadikan berbagai jenis kacang ini sebagai makanan harian atau cemilan, untuk meningkatkan kecerdasan otak serta menjaga daya ingat.

Makan roti gandum.

Roti yang terbuat dari gandum oatmeal atau juga beras merah juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung.   Kesehatan jantung dan juga aliran darah ini sangat mempengaruhi kesehatan dan juga fungsi otak. Hal ini karena asupan oksigen dan nutrisi lain yang dibutuhkan otak dapat ditransfer ke otak melalui aliran darah. Dengan lancar tanpa hambatan apapun sehingga hal ini ini akan membuat otak ternutrisi dan bekerja lebih baik.

Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat pada makanan seperti gandum utuh, beras merah, dan juga oatmeal ini akan memberikan asupan glukosa kepada otak. Hal ini akan meningkatkan fungsi dan kinerja otak agar lebih baik.

Teman-teman harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Ini karena hanya akan memberikan glukosa tinggi dalam waktu yang singkat, sehingga akan membuat teman-teman cepat lapar dan juga cepat merasa lelah. Teman-teman akan sulit untuk melakukan aktivitas berpikir yang jelas akan mempengaruhi atau menurunkan kinerja otak seseorang.

Minum teh hangat.

Minum teh juga dapat meningkatkan kecerdasan serta daya ingat otak. Ini dikarenakan teh yang diseduh memiliki antioksidan yang sangat kuat. 

Perlu diketahui bahwa antioksidan pada teh dapat menjaga aliran darah agar tetap lancar dan sehat. Ketika aliran darah ini lancar maka asupan oksigen ke otak juga akan lancar. Ketika otak mendapatkan asupan oksigen yang cukup maka kinerja otak akan berjalan lebih baik. Sehingga hal ini akan meningkatkan kecerdasan serta daya ingat otak.

Teman-teman dapat mengkonsumsi atau minum teh yang memiliki antioksidan tinggi seperti teh hijau hingga teh hitam. Karena diantara kedua teh ini memiliki antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Konsumsi coklat

Coklat juga termasuk salah satu makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga daya ingat seseorang. Diketahui bahwa coklat juga memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. 

Selain itu juga mengandung beberapa stimulan yang alami, kandungan ini dapat meningkatkan konsentrasi seseorang yang dan menimbulkan rasa bahagia karena dapat memproduksi hormon endorfin.ketika suasana hati atau perasaan seseorang yang senang maka kemampuan berpikir juga akan meningkat.  

Disarankan untuk mengkonsumsi coklat asli tanpa campuran gula karena campuran gula. Karena hal ini justru akan mempengaruhi atau menurunkan kinerja otak, sebab gula memiliki karbohidrat sederhana yang justru akan meningkatkan glukosa dalam waktu singkat yang akan mempengaruhi cara negatif pada otak.

Demikian informasi cara meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang meningkatkan kecerdasan otak yang lebih baik bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara meningkatkan kecerdasan otak ini dapat membantu dan memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan otak"