Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara agar ikan asin tidak terlalu asin

Ikan asin adalah ikan yang dihasilkan melalui proses pengawetan dengan menggunakan gara. Hal ini bertujuan agar ikan laut yang di hasilkan bisa bertahan lebih lama dan bisa dikonsumsi dalam jangka panjang.

ikan asin, memasak ikan asin, agar ikan asin tidak terasa asin,

Penggunaan garam dalam pengawetan ikan ini sudah umum dan telah dilakukan sejak zaman dahulu sebagai cara pengawetan ikan secara alami.  Penggunaan garam untuk mengawetkan ikan ini tidak memberikan efek samping yang berbahaya seperti penggunaan bahan kimia untuk mengawetkan ikan.

Perlu teman-teman ketahui bahwa potensi indonesia dalam menghasilkan ikan sangat besar.  Hal ini karena potensi laut indonesia yang sangat luas di sama menghasilkan ikan dalam jumlah yang sangat banyak. Selain ikan laut, ikan air tawar juga banyak dibudidayakan yang bisa mencukupi kebutuhan ikan di indonesia.

Untuk mengawetkan ikan, salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan proses penggaraman yang nantinya akan menjadi ikan asin. Ikan asin ini banyak digemari oleh orang indonesia, karena biasanya memiliki harga yang lebih murah dan juga rasa yang lebih lezat. Ukuran harga ini biasanya juga tergantung dari jenis ikan yang diawetkan atau yang diasinkan.

Namun kadang ada beberapa kasus ikan asin yang dibeli di pasaran memiliki rasa yang terlalu asin. Sehingga membuat rasanya tidak nikmat ketika dikonsumsi.  Ini bisa terjadi karena proses pemberian garam yang berlebihan sehingga rasa asin pada ikan juga akan berlebihan dan justru tidak nikmat jika rasanya terlalu asin.

Untuk membuat ikan memiliki rasa asin yang standa,r teman-teman bisa menggunakan tips berikut ini. Tips ini diulas untuk membantu teman-teman dalam mengolah ikan asin agar rasanya tidak terlalu asin.

Rendam ikan asin dengan garam yodium

Cara untuk membuat ikan asin tidak terlalu asin yaitu dengan merendam ikan asin dengan menggunakan larutan garam beryodium.  Meskipun sama-sama menggunakan garam, hasil akhirnya yaitu ikan asin tidak terlalu asin karena garam beryodium ini bisa mengurangi kadar keasinan pada ikan.

Untuk merendam ikan asin dengan menggunakan air garam beryodium ini cukup mudah. Teman-teman bisa menyediakan wadah seperti baskom. Kemudian mengisinya dengan air, lalu menambahkan garam yodium ke dalam air, dan larutan hingga garam benar-benar tercampur dengan air.  

Kemudian teman-teman bisa memasukkan ikan asin ke dalam air yang sudah diberikan garam beryodium ini.  Lalu rendam hingga sekitar 30 menit untuk menghilangkan rasa asin pada ikan agar tidak berlebihan.

Membungkus dengan kertas roti dan kertas buram

Langkah berikutnya untuk mengurangi kadar keasinan pada ikan asin yaitu teman-teman bisa menggunakan kertas roti atau kertas buram.  Kertas roti atau kertas buram ini bisa menyerap kadar garam pada ikan sehingga tingkat keasinan pada tingkat asin ini bisa lebih berkurang.

Caranya yaitu teman-teman bisa merendam ikan sekitar setengah jam. Kemudian cuci dengan menggunakan air bersih, lalu bungkus ikan dengan menggunakan kertas roti atau kertas buram.

Usahakan untuk tidak menggunakan kertas buram yang sudah ada tulisannya seperti kertas koran. Hal ini karena bisa membuat tinta dan juga serbuk yang ada pada kertas ini menempel pada ikan.

Sebagai alternatif lain teman-teman juga bisa menggunakan tisu untuk mengurangi kadar asin pada ikan asin. Namun karena bisa menghabiskan banyak tisu untuk mengurangi kadar garam pada ikan asin.

Rendam dengan air hangat

Alternatif lain untuk mengurangi kadar asin pada ikan asin yaitu teman-teman bisa merendam ikan asin dengan menggunakan air hangat.  Proses merendam ikan asin dengan menggunakan air hangat ini bisa mengurangi kadar garam pada ikan sehingga rasa yang dihasilkan nantinya tidak terlalu asin.

Selain itu proses perendaman ikan asin dengan air hangat ini bisa membuat tekstur ikan asin yang dihasilkan lebih empuk  lebih enak. 

Untuk merendam ikan asin dengan menggunakan air hangat ini tidak terlalu lama. Cukup sekitar 15 hingga 30 menit saja, karena jika direndam dengan menggunakan air hangat terlalu lama khawatir nya  tekstur ikan asin nantinya akan hancur.

Menggunakan rempah

Penggunaan rempah-rempah dan juga bumbu dapur juga bisa membantu mengurangi kadar keasinan pada ikan asin. Selain itu rempah ini juga membuat rasa ikan asin yang dimasak nantinya lebih nikmat. Ini karena ada tambahan aroma dan juga rasa yang dihasilkan dari bahan rempah yang digunakan. 

Teman-teman bisa menggunakan bahan-bahan rempah asli, bukan dari bahan rempah kemasan yang bisa dibeli di toko kelontong. Karena dengan menggunakan bahan rempah asli bisa membuat rasa dan juga tekstur ikan asin lebih enak.

Selain itu untuk memasak ikan asin jangan menambahkan garam, karena rasa asin  ada yang berasal dari ikan asin ini  sudah mampu memberikan rasa asin pada masakan. Sehingga menambahkan garam pada masakan yang menggunakan ikan asin merupakan cara yang tidak tepat untuk dilakukan.

Demikian informasi tentang mengurangi kadar keasinan pada ikan asin yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki tips yang lebih baik tentang mengurangi kadar keasinan pada ikan asin bisa menyampaikannya di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengurangi kadar asin pada ikan asin ini bisa  memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "4 Cara agar ikan asin tidak terlalu asin"