Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat jagung rebus manis dan enak

Jagung rebus adalah makanan banyak digemari oleh orang indonesia sebagai cemilan. Bahkan ada banyak orang yang jualan jagung rebus keliling. Ini artinya banyak orang yang suka makan jagung rebus tanpa perlu repot untuk membuatnya. Dengan membeli jagung rebus yang dijual keliling ini ini sudah bisa menikmati jagung rebus dengan rasa yang lezat tanpa repot harus membuatnya.

jagung, jagung rebus, jagung bakar,

Namun jika teman-teman ingin membuat jagung rebus sendiri di rumah, maka teman-teman perlu berhati-hati. Karena jika cara memasak jagung rebus ini tidak tepat, maka jagung rebus yang dihasilkan rasanya bisa hambar atau tidak nikmat sama sekali.

Untuk membuat jagung rebus, teman-teman bisa mengikuti tips yang telah diulas berikut ini. Agar jagung rebus yang teman-teman masa nantinya bisa lebih lezat, seperti jagung rebus yang dijual keliling bahkan lebih enak dari jagung rebus yang dijual.

Gunakan jagung yang masih segar

Ada sangat banyak jenis jagung yang bisa digunakan sebagai jagung rebus. Namun jagung  manis adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan sebagai jagung rebus. Ini  karena rasanya yang manis bisa membuat rasa jagung rebus yang dihasilkan nantinya lebih lezat untuk dikonsumsi.

Alternatif lainnya selain jagung manis teman-teman juga bisa memasak jagung biasa. Namun pastikan bahwa kondisinya masih dalam kondisi segar yang habis dipetik dari pohonnya. Jagung biasa yang masih segar biasanya memiliki rasa yang manis, dan juga memiliki kadar air yang tinggi sehingga ketika dimakan bisa lebih nikmat.

Baik jagung manis atau jagung biasa bisa dimasak menjadi jagung rebus yang nikmat asalkan kondisinya masih segar dan tidak terlalu lama disimpan. Karena jika terlalu lama disimpan akan menghilangkan kesegaran pada jagung dan membuat jagung layu atau tidak enak nantinya.

Sertakan kulit jagung saat merebus

Jagung segar baik itu jagung manis dan juga jagung biasa, ketika dimasak atau direbus bisa melepaskan rasa aslinya sehingga kadang kita merebus jagung sering terasa hambar. Oleh karena itu teman-teman  bisa merebus jagung tanpa mengupas atau membuang kulitnya.

Merebus jagung tanpa mengupas atau membuang kulitnya ini bertujuan untuk menahan agar sari jagung tidak keluar atau terlepas saat direbus. Sehingga rasa yang dihasilkan  akan terasa lebih nikmat seperti jagung segar pada umumnya. Hal ini akan membuat jagung rebus yang dihasilkan lebih enak untuk dikonsumsi.

Menambahkan bumbu rempah

Untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat pada jagung rebus yang dihasilkan, teman-teman bisa menambahkan bahan rempah seperti penggunaan cengkeh dan juga kayu manis. Caranya yaitu saat merebus jagung teman-teman bisa menambahkan beberapa cengkeh dan juga kayu manis ke dalam air mendidih yang sudah ada jagung di dalamnya.

Penambahan bahan rempah ke dalam jagung rebus ini bisa memberikan sensasi lebih manis dan juga segar. Serta bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari bahan rempah yang dimasukkan ke dalam rebusan jagung.

Menambahkan air jeruk nipis

Untuk menambahkan sensasi yang lebih segar pada jagung rebus, teman-teman bisa menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam rebusan jagung.  Selain memberikan sensasi yang lebih segar pada jagung rebus yang dihasilkan nantinya, air jeruk nipis ini juga bisa membuat jagung  rebus yang dihasilkan lebih terasa manis.

Rebus jagung dengan air kelapa

Selain itu air kelapa juga bisa digunakan untuk merebus jagung, sehingga rasa jagung rebus yang dihasilkan nantinya bisa lebih lezat. Air kelapa yang digunakan ini tidak perlu menggunakan air kelapa muda. Teman-teman bisa membeli atau menggunakan air kelapa yang sudah tua.

Air kelapa yang sudah tua biasanya dibuang dan hanya diambil kelapanya saja untuk digunakan sebagai santan atau juga bahan makanan yang selainnya. Teman-teman bisa membeli air kelapa ini di pasar di tempat orang yang menjual kelapa. Karena biasanya air kelapanya dibuang, sehingga air kelapa ini bisa teman-teman gunakan untuk membuat jagung rebus yang lezat.

Demikian informasi tentang cara membuat jagung rebus yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi membuat jagung rebus yang lebih baik bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga informasi tentang membuat jagung rebus ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " Cara membuat jagung rebus manis dan enak"