Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasak kuah santan agar tidak pecah

Santan adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di indonesia. Hal ini karena indonesia merupakan salah satu negara yang memproduksi kelapa dengan jumlah yang banyak. Sehingga membuat salah satu karakter masakan di indonesia yaitu bersantan dan juga pedas.

kuah santan, santan, makanan bersantan, kare, lodeh

Namun untuk membuat masakan dengan bahan santan ini tidak mudah untuk dilakukan. Karena jika cara yang digunakan untuk memasak masakan bersantan tidak tepat, maka santan yang dimasak nantinya akan pecah dan juga menggumpal. Hal ini akan mempengaruhi cita rasa masakan yang dihasilkan menjadi tidak lezat dan membuat seseorang tidak berselera untuk mengkonsumsinya.

Bagi teman-teman yang ingin memasak santan dengan hasil yang tidak pecah dan juga tidak menggumpal, berikut beberapa cara yang telah diulas untuk teman-teman gunakan dalam memasak makanan bersantan.

Mengaduk santan terus menerus

Cara pertama untuk memasak santan yaitu teman-teman harus terus mengaduk santan tanpa henti ketika memasak makanan bersantan. Dengan mengaduk santan saat dimasak secara terus-menerus ini bisa membuat santan tidak pecah dan juga tidak menggumpal. Sehingga santan yang dihasilkan nantinya akan lebih bagus dan coba bisa larut dengan bumbu yang digunakan dalam masakan bersantan ini.

Jika tidak mengaduk santan secara terus menerus, maka masakan bersantan yang dihasilkan bisa  pecah dan juga tidak menarik untuk dikonsumsi serta rasa yang dihasilkan pun kurang nikmat.

Oleh karena itu selalu usahakan untuk mengaduk santan saat dimasak tanpa henti. Ha ini untuk memastikan bentuk dan juga rasanya bisa lebih menggugah selera seseorang yang akan memakannya.

Memasak dengan api kecil

Langkah memasak santan yang kedua yang bisa dilakukan yaitu memasak santan dengan menggunakan  api ukuran kecil.  Saat memasak santan menggunakan api kompor yang besar bisa mempengaruhi bentuk tekstur dan juga rasa santan nantinya.

Oleh karena itu untuk menjaga agar santan tidak pecah dan juga tidak menggumpal, api kecil disarankan untuk digunakan dalam memasak santan. Hal ini karena dengan api kecil ini santan bisa diproses hingga matang dengan sempurna tanpa mempengaruhi bentuk tekstur dan juga rasanya.

Masukan santan encer dahulu

Dalam beberapa kasus memasak santan ada dua jenis santan yang digunakan yaitu santan encer dan juga santan kental.  Jika teman-teman memasak dua jenis santan seperti ini pastikan untuk memasukkan santan yang lebih encer terlebih dahulu untuk dimasak.

Hal ini tidak merusak tekstur kedua jenis santan ini ketika nanti dicampur.  Setelah santan encer dimasak hingga kental, maka masukkan santan kental pada tahap berikutnya. Kemduian aduk secara terus-menerus tanpa henti agar kedua jenis santan ini tidak menggumpal dan juga tidak pecah saat dimasak.

Menambahkan tepung beras

Ternyata tepung beras suka bisa membantu proses memasak santan  agar tidak menggumpal dan juga tidak pecah. Caranya yaitu teman-teman bisa mencampurkan sedikit tepung beras ke dalam larutan santan sebelum dimasak kemudian aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu teman-teman bisa langsung memasak santan yang akan digunakan sebagai bahan makanan bersantan ini dan juga mengaduk secara terus menerus. Dengan memasukkan tepung beras ke dalam santan ini  bisa mengurangi potensi santan agar tidak pecah dan juga tidak menggumpal.

Menggunakan santan instan

Selain cara-cara diatas teman-teman juga bisa menggunakan santan instan yang dijual di toko kelontong, di minimarket, atau juga supermarket untuk dijadikan sebagai bahan makanan bersantan.

Perlu teman-teman ketahui bahwa penggunaan santan instan ini  dan peluang terjadinya santan pecah dan juga menggumpal lebih kecil. Sehingga santan instan ini aman untuk digunakan jika teman-teman ingin memasak masakan bersantan.

Namun karena santan instan ini biasanya menggunakan bahan pengawet teman-teman juga harus memikirkannya untuk dampak di masa depan.

Demikian informasi tentang cara memasak santan agar tidak pecah dan juga tidak menggumpal yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang membuat santan agar tidak pecah dan tidak menggumpal teman-teman sudah bisa menyampaikannya di kolom komentar dibawah ini.

Semoga informasi tentang memasak santan agar tidak pecah dan tidak menggumpal ini bisa  memberikan manfaat bagi teman-teman tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara memasak kuah santan agar tidak pecah"