Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal dan bau tepung

Bubur sumsum adalah salah satu jenis bubur yang menjadi makanan favorit orang indonesia. Ini karena karena bubur sumsum ini memiliki cita rasa khas, yaitu manis dan gurih. Selain itu bubur sumsum juga memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan baik anak-anak, hingga orang dewasa. Aroma bubur sumsum juga banyak diminati oleh orang indonesia yang membuat selera makan menjadi meningkat.

bubur sumsum, agar bubur sumsum tidak menggumpal

Namun ada beberapa kasus pada bubur sumsum ketika memasaknya kurang tepat, maka bubur sumsum yang dihasilkan bisa menjadi menggumpal dan juga memiliki aroma tepung. Hal ini akan membuat citarasa dan juga aroma bubur sumsum yang dihasilkan kurang menarik dan tidak lezat sama sekali.

Bagi teman-teman yang ingin memasak bubur sumsum dengan hasil yang sempurna, berikut beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat bubur sumsum.

Perlu diketahui bahwa bubur sumsum ini adalah bubur yang terbuat dari bahan tepung.  Kebanyakan orang yang yang membuat bubur sumsum mengalami kesulitan pada proses mengolah tepung menjadi bubur sumsum yang enak. Sehingga yang menjadi penekanan dalam artikel ini adalah proses mengolah tepung ini agar benar-benar menjadi bubur sumsum yang enak dan juga lezat untuk dikonsumsi.

Gunakan bahan berkualitas

Cara yang pertama untuk membuat bubur sumsum yaitu teman-teman pastikan untuk menyediakan bahan-bahan yang bagus dan juga segar yang nantinya akan digunakan sebagai bubur sumsum. 

Bahan-bahan yang digunakan ini  seperti santan segar. Pastikan bahwa teman-teman menggunakan santan dalam kondisi segar dan baru dan pastikan untuk menggunakan santan dari kelapa asli bukan menggunakan santan instan. 

Selain santan bahan lainnya yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan tepung sebagai bahan utama bubur sumsum. Biasanya tepung yang bagus ini akan terlihat lebih mengkilap dan tidak bau apek, warnanya juga putih sempurna, bukan warna yang kekuningan atau kecoklatan.

Mencampur tepung dan santan

Langkah selanjutnya untuk membuat bubur sumsum, teman-teman bisa melarutkan tepung beras dengan santan segar terlebih dahulu. Proses pelarutan tepung beras dan santan segar ini perlu dilakukan terlebih dahulu, agar bubur sumsum yang dihasilkan tidak menggumpal dan juga tidak bau tepung.

Untuk melakukannya cukup mudah, yaitu teman-teman bisa menyiapkan wadah yang besar untuk melarutkan tepung beras ke dalam cairan santan. Kemudian teman-teman bisa mengaduknya hingga larut dan tekstur tepung terlihat lebih licin dan tidak menggumpal.

Gunakan api sedang dan aduk tanpa henti

Proses berikutnya yang perlu teman-teman lakukan yaitu merebus bubur sumsum yang telat dilarutkan ke dalam cairan santan.

Dalam proses merebus bubur sumsum ini, teman-teman harus menggunakan api dengan ukuran yang sedang. Karena jika menggunakan api dengan ukuran yang besar, bisa berpotensi membuat bubur sumsum menggumpal dan tidak bisa larut dengan sempurna.

Selain itu untuk membuat bubur sumsum yang lezat, teman-teman harus mengaduk bubur sumsum terus-menerus tanpa henti selama proses perebusan berlangsung. Tujuannya yaitu agar bubur sumsum ini tidak menggumpal dan juga menghasilkan rasa serta aroma yang lebih enak.

Menambahkan bumbu rempah

Untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat pada pukul sumsum ini teman-teman juga bisa menambahkan beberapa rempah.  Teman-teman bisa menggunakan bahan-bahan seperti kayu manis cengkeh jahe hingga air daun pandan untuk dicampur kan ke dalam  buburl sumsum yang dimasak.

Penggunaan bahan-bahan rempah seperti ini bisa membuat bubur sumsum lebih memiliki cita rasa yang lezat. Selain itu juga untuk mempengaruhi aroma bubur sumsum untuk meminimalisir bau santan dan juga kemungkinan bau tepung.

Demikian informasi tentang cara memasak bubur sumsum agar tidak menggumpal dan memiliki aroma yang lebih lezat. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih bagus mengenai cara membuat bubur sumsum bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang memasak bubur sumsum ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal dan bau tepung"