Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Daging Ayam Kampung Cepat Empuk

Daging ayam kampung biasanya lebih padat dan juga lebih keras dibandingkan dengan daging ayam broiler yang dijual di pasaran. Hingga perlu teknik khusus untuk memasak daging ayam kampung ini agar masakan yang dihasilkan kan lebih lembut dan juga tidak keras saat dimakan.

ayam kampung, daging ayam kampung, agar daging ayam cepat empuk,

Biasanya daging ayam kampung ini memiliki cita rasa yang khas, sehingga banyak orang yang menyukai mengkonsumsi daging ayam kampung dibandingkan dengan mengkonsumsi daging ayam negeri atau ayam broiler.  Namun meskipun memiliki cita rasa yang khas jika daging ayam kampung yang dimakan dan keras maka bisa mengurangi selera makan seseorang.

Selain itu daging ayam kampung dianggap lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi daging ayam negeri atau ayam broiler. Ini karena ayam kampung ini ini tidak menggunakan bahan kimia dalam proses  peternakannya.

Ayam kampung hanya memakan biji-bijian dan bahan makanan serta minuman tanpa menggunakan tambahan bahan kimia sama sekali. Sehingga bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi daging ayam kampung ini sebagai makanan organik. Hal ini karena semua proses untuk menghasilkan daging ayam kampung ini mulai dari awal hingga akhir tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali.

Bagi teman-teman yang ingin memasak daging ayam kampung yang lezat namun bisa menghasilkan tekstur daging ayam kampung yang lebih empuk dan lunak. Berikut beberapa tips yang telah diulas untuk teman-teman sekalian.

Merebus daging ayam kampung dengan tebu.


Cara pertama untuk memasak daging ayam kampung teman-teman bisa menggunakan tebu yang ditambahkan kedalam rebusan  daging ayam kampung. 

Teman-teman bisa  menyiapkan tebu terlebih dahulu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.  Kemudian tebu ini bisa teman-teman potong menjadi beberapa bagian tebu per ruas tebu.

Jika sudah dipotong menjadi beberapa ruas teman-teman bisa mengupas tebu dan buang kulitnya.  Setelah itu daging tebu ini teman-teman bisa menumpuk hingga pipih atau hingga hancur. Setelah itu teman-teman bisa menambahkan tumpukan daging tebu ini ke dalam air rebusan daging ayam kampung.

Cara ini dianggap sangat efektif untuk membuat daging ayam kampung yang dimasak nantinya bisa menjadi lebih lembut dan juga lunak.

Merendam daging ayam kampung dengan bumbu. 


Merendam daging ayam kampung dengan bumbu juga bisa digunakan untuk membuat daging ayam kampung tidak keras dan juga lebih lunak. Ini karena saat ayam kampung direndam dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah, maka bumbu akan meresap ke dalam daging ayam kampung.

Ketika daging ayam kampung ini diresapi oleh bumbu-bumbu rempah maka bisa membuat tekstur daging ayam kampung lebih lembut ketika dimasak.

Pastikan untuk merendam daging ayam kampung ini dalam jangka waktu yang lama. Misalnya satu jam sebelum dimasak, sehingga bumbu yang yang digunakan bisa  terserah lebih maksimal daging ayam kampung.

Merebus dengan air kelapa 


Air kelapa juga bisa digunakan untuk membuat daging ayam kampung lebih lunak dan juga tidak keras.  Teman-teman bisa merebus  daging ayam kampung  menggunakan air kelapa yang sudah tua. 
Karena air kelapa yang sudah tua ini biasanya dibuang dan tidak digunakan. Oleh karena itu air kelapa yang sudah tua ini bisa teman-teman gunakan untuk merebus daging ayam kampung.

Untuk mendapatkan air kelapa yang sudah tua ini teman-teman bisa membelinya di pasar. Yaitu di tempat orang yang menjual kelapa karena biasanya kan air kelapa ini dibuang oleh mereka. Sehingga teman-teman bisa membelinya agar penjual kelapa mengumpulkan air kelapanya.

Teman-teman bisa merebus daging ayam kampung dengan menggunakan air kelapa tua ini selama sekitar 30 menit. Atau bisa teman-teman perkirakan hingga daging ayam kampung yang teman-teman rebus menjadi lebih lunak. 

Biasanya menggunakan air kelapa tua untuk merebus daging ayam kampung ini lebih cepat lunak, jik dibandingkan jika teman-teman merebus daging ayam kampung dengan menggunakan air biasa.

Demikian informasi  tentang cara memasak ayam kampung agar lebih lembut dan tidak keras yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi cara memasak ayam kampung agar tidak keras yang selainnya bisa dibagikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang memasak ayam kampung ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Daging Ayam Kampung Cepat Empuk"