Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara efektif menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat

Bau mulut adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, karena bau mulut ini sangat mengganggu. Saat berinteraksi dengan orang lain, bau mulut akan yang membuat orang lain tidak nyaman. Serta membuat seseorang yang bau mulut juga tidak percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain.

bau mulut, penyebab bau mulut, mengatasi bau mulut

Ada beberapa penyebab terjadinya bau mulut seperti tidak rutin menggosok gigi, mengkonsumsi alkohol, konsumsi makanan yang memiliki aroma yang sangat tajam seperti petai jengkol, hingga bawang.  Selain itu masalah kesehatan pada ada gigi dan mulut juga bisa menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Serta banyak lagi masalah yang selainnya yang bisa menjadi penyebab bau mulut yang sangat mengganggu.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir karena berikut ada beberapa bahan alami yang dapat mengurangi bau mulut pada seseorang yang telah dikutip dari portal kesehatan alodokter.com 

Cara yang paling dasar untuk menghilangkan bau mulut yaitu teman-teman harus secara rutin menggosok gigi atau juga melakukan kumur. Ini bertujuan agar sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut hilang dan tidak menyebabkan mulut memiliki bau tak sedap. Selain itu bahan-bahan alami berikut juga bisa membantu untuk mengurangi bau mulut seseorang.

1. Minum susu bisa mengurangi bau mulut.

Yang pertama adalah minum susu ternyata dapat mengurangi bau mulut setelah makan makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang putih dan juga bawang merah. Teman-teman bisa meminum susu setelah mengkonsumsi makanan bau menyengat ini. Ini karena susu mengandung senyawa yang dapat bekerja mengurangi bau mulut yang tidak sedap, akibat mengkonsumsi makanan dengan aroma yang sangat menyengat seperti bawang putih, bawang merah, petai atau juga jengkol.

Selain minum susu teman-teman juga bisa mengkonsumsi produk olahan susu yang selainnya untuk menghilangkan bau mulut. Produk olahan susu yang bisa digunakan seperti  menggunakan yogurt yang dapat melawan bakteri penyebab bau mulut.

2. Buah jeruk efektif menghilangkan bau mulut.

Makan buah jeruk juga dapat menghilangkan bau mulut karena jeruk kaya akan kandungan vitamin c. Vitamin c pada jeruk ini dapat meningkatkan produksi air liur di mulut. Saat air liur di mulut jumlahnya tinggi maka dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Selain itu vitamin c pada buah jeruk juga dapat mencegah dan juga mengobati sakit sariawan hingga radang gusi.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menjadikan jeruk sebagai konsumsi harian untuk meningkatkan vitamin c yang dapat menjaga kesehatan mulut dan mengurangi bau mulut.

3. Antioksidan teh hijau ampuh mengurangi bau mulut

Teh adalah bahan yang mengandung antioksidan tinggi dan juga memiliki sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Diantara berbagai jenis teh teman-teman disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau karena memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh pada umumnya.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh ini dapat mengurangi peradangan dan juga masalah kesehatan yang terjadi di mulut. Dengan mengkonsumsi teh dengan antioksidan tinggi ini ini diharapkan dapat menjadikan mulut lebih sehat sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya bau mulut.

4. Daun sirih mengandung senyawa untuk menghilangkan bau mulut

Daun sirih memang tidak populer dibandingkan dengan bahan makanan yang lainnya. Namun daun sirih ini ini dianggap cukup efektif dalam menghilangkan bau mulut.  Selama ini daun sirih digunakan secara tradisional untuk dikunyah sebagai kapur sirih.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa daun sirih  dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.  Dengan demikian daun sirih juga secara otomatis akan mengurangi atau menghilangkan bau mulut yang terjadi pada seseorang.

5. Menggunakan akar manis untuk mengurangi bau mulut.

Licorice atau yang sering dikenal dengan sebutan akar manis merupakan bahan yang banyak digunakan dalam menangani masalah kesehatan seperti nyeri pada ulu hati, gatal-gatal, hingga peradangan pada kulit.  Selain manfaat tersebut agar manis juga memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri penyebab bau mulut,  serta menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Teman-teman dapat menggunakan ekstrak akar manis sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut.  Ekstrak akar manis ini bisa teman-teman gunakan sebagai campuran air untuk berkumur. 

Namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan efektivitas tentang akar manis  sebagai penghilang bau mulut.  Selama ini akan manis hanya digunakan sebagai cara tradisional untuk menghilangkan bau mulut.

6. Daun saga baik untuk menghilangkan bau mulut

Bahan alami yang terakhir yang dapat teman-teman gunakan adalah daun saga. Ini karena daun saga memiliki sifat antibakteri yang ampuh dalam melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut. 

Kandungan senyawa antibakteri pada daun saga ini juga dapat melindungi gigi dari kerusakan,serta menjaga kesehatan gusi. Hal ini membuat daun saga cara tradisional dipercaya ya dapat mengatasi masalah peradangan yang terjadi pada mulut dan gusi.  

Namun ini ini masih bersifat cara tradisional sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas daun saga terhadap kesehatan mulut dan menghilangkan bau mulut

Jika dengan menggunakan berbagai cara tapi teman-teman masih memiliki bau mulut, teman-teman bisa memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut pada dokter gigi untuk diberikan solusi yang tepat.

Demikian informasi cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki cara yang lebih ampuh dalam menghilangkan bau mulut, bisa juga dibagikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang menghilangkan bau mulut ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Cara efektif menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat"