Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Vitamin B12 dan Dampak Kekuarangan B12

Vitamin B 12 merupakan salah satu vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Lebih dikenal sebagai Cobalamin, vitamin 12b dibutuhkan untuk proses pengubahan karbohidrat, lemak dan protein dari makanan menjadi energi. 

vitamin b, vitamin b12

Lebih penting lagi, vitamin B 12 juga membantu menjaga sel darah merah tetap sehat dan karenanya mencegah penyakit jantung sekaligus menjaga sistem kekebalan agar berfungsi secara optimal. Selain itu, vitamin B 12 digunakan untuk membuat lapisan pelindung semua sel saraf di tubuh.

Fungsi terpenting vitamin B 12 adalah membentuk sel darah merah yang sehat. Namun, semua sel membutuhkan vitamin B 12 untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah sel darah putih, yang membutuhkan vitamin B 12 untuk membantu memastikan sistem kekebalan berfungsi dengan baik. 

Semua sel saraf dalam tubuh juga membutuhkan vitamin B 12 untuk membentuk lapisan lemak pelindungnya. Ini penting untuk semua saraf tetapi yang paling utama untuk otak. Jika vitamin B 12 tidak cukup untuk membuat lapisan pelindung ini, otak tidak akan berfungsi dengan baik.

Menariknya, jumlah vitamin 12 yang dibutuhkan tubuh relatif sedikit tetapi dibutuhkan secara teratur. Namun, vitamin B 12 saja tidak cukup karena tubuh tidak dapat menyerapnya dengan mudah. Untuk membantu tubuh menyerap vitamin B 12, lambung memproduksi faktor intrinsik yang memungkinkan vitamin B 12 diserap lebih banyak. 

Vitamin B 12 hanya terdapat pada makanan hewani seperti hati, telur, ikan dan daging, tetapi kebanyakan orang mengkonsumsi jauh lebih banyak dari jumlah yang dianjurkan mendapatkan asupan vitamin B12 ini. Hal ini tidak menjadi masalah karena tubuh hanya dapat menyerap sekitar setengah dari vitamin B 12 yang dikonsumsi. 

Perlu dicatat bahwa tubuh dapat mendaur ulang vitamin B 12 yang mengurangi dampak kekurangan vitamin B 12. Namun, vegetarian atau vegan yang ketat kemungkinan besar membutuhkan suplemen b 12 jika mereka tidak mengonsumsi makanan hewani yang mengandung vitamin B 12.

Jika tubuh tidak memiliki cukup vitamin B 12 maka anemia adalah gejala yang paling jelas dirasakan. Jelas, ini karena ia kekurangan vitamin B 12 untuk membuat sel darah merah yang sehat. 

Anemia juga bisa disebabkan oleh tubuh yang tidak menciptakan cukup faktor intrinsik untuk membantu menyerap vitamin B 12 dalam makanan yang Anda makan. Tubuh cenderung membuat faktor intrinsik yang lebih sedikit untuk seseorang yang mencapai usia 50.

Ini akan menyebabkan kekurangan vitamin B 12 yang terserap dan suplemen b 12 mungkin diperlukan untuk dikonsumsi. 

Anak-anak juga berisiko mengalami anemia karena tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B 12. Sedangkan ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin B 12 karena bayi dalam kandungan menyerap vitamin B 12 selama kehamilan.

Demikian informasi tentang vitamin B12 yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi yang lebih lengkap, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat Vitamin B12 dan Dampak Kekuarangan B12"