Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Vitamin B dan Jenisnya ( B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12 )

Ada sejumlah besar vitamin B yang dibutuhkan untuk menjaga agar semua fungsi tubuh berfungsi dengan baik. Semua vitamin B penting untuk sejumlah proses yang berbeda. Tanpa vitamin B yang cukup, suplai darah tidak akan normal dan ini menyebabkan berbagai penyakit. 

B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12

Otak membutuhkan vitamin B agar berfungsi dengan baik dan jantung juga membutuhkan vitamin B untuk tetap sehat serta mencegah penyakit jantung dan makanan dipecah menjadi berbagai nutrisi oleh vitamin B. Faktanya, hampir setiap organ dan proses dalam tubuh membutuhkan setidaknya satu bentuk vitamin B.

Fungsi Vitamin B1


Thiamin, atau B1, adalah vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga agar semua sel, terutama saraf agar berfungsi dengan baik. Ini sangat penting untuk memori dan kesehatan mental secara umum dan merupakan salah satu vitamin B yang dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Fungsi Vitamin B2


Riboflavin, atau B2, merupakan vitamin B yang penting untuk melepaskan energi dari makanan yang telah dikonsumsi. Tanpa vitamin B ini tubuh tidak dapat tumbuh atau berkembang dengan baik karena sel darah merah tidak akan berjalan dengan baik.

Fungsi Vitamin B3


Niacin, atau B3, adalah vitamin B yang terlibat dalam lebih dari lima puluh proses, mulai dari detoksifikasi bahan kimia hingga pembuatan hormon dan pelepasan energi dari makanan.

Fungsi Vitamin B5


Asam pantotenat, atau B5, bekerja dengan beberapa vitamin B lainnya untuk sejumlah proses penting termasuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi serta vitamin B yang dibutuhkan untuk membentuk vitamin D, berbagai hormon, dan sel darah merah.

Fungsi Vitamin B6


Pyridoxine, atau B6, adalah vitamin B yang paling bertanggung jawab untuk mendistribusikan kembali asam amino untuk membuat lebih dari lima ribu protein yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga merupakan salah satu vitamin B yang dibutuhkan untuk membentuk berbagai enzim.

Fungsi Vitamin B7


Biotin, atau B7, adalah vitamin B yang terlibat dalam sejumlah proses di tubuh, termasuk pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi bentuk energi yang dapat digunakan.

Fungsi Vitamin B9


Asam folat, atau B9, merupakan vitamin B yang penting untuk membantu pertumbuhan dan pembelahan sel, terutama selama kehamilan. Vitamin B ini juga dibutuhkan untuk membuat bahan kimia alami yang mengontrol nafsu makan, suasana hati, dan kualitas tidur. Ini juga merupakan vitamin B terbaik untuk membantu menurunkan kemungkinan serangan jantung atau stroke dengan menjaga arteri agar tetap terbuka.

Fungsi Vitamin B12


Cobalamin, atau B12, adalah vitamin B yang penting dalam proses pengubahan karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi. Vitamin B ini juga penting dalam pembentukan selubung pelindung sel saraf dan menjaga sel darah merah tetap sehat, serta membantu mencegah penyakit jantung.

Demikian informasi tentang fungsi vitamin B yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika ada informasi tambahan, bisa disampaikan di kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya dengan seksama.

Posting Komentar untuk "Fungsi Vitamin B dan Jenisnya ( B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12 )"