Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Vitamin A dalam Tubuh Manusia

Vitamin A diberi huruf pertama dalam alfabet karena itu adalah vitamin pertama yang dapat ditemukan. Diketahui bahwa vitamin A memiliki banyak kegunaan dalam tubuh termasuk menjaga kesehatan mata, membantu pertumbuhan sel dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

vitamin A, beta karoten, wortel, pepaya, bayam

Namun, vitamin A tidak hanya diserap secara langsung tetapi juga dibuat oleh tubuh dengan mengubah beta karoten menjadi vitamin A.

Vitamin A sendiri terdapat pada sejumlah makanan seperti telur, susu, hati dan daging. Beta karoten, yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A, ditemukan di banyak buah dan sayuran, terutama merah, oranye, dan hijau. 

Hal terpenting yang harus diingat adalah mengonsumsi terlalu banyak vitamin A murni bisa menjadi racun. Penting untuk tidak melebihi jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan. Jumlah vitamin A yang sebenarnya direkomendasikan bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin dan faktor lainnya. 

Meskipun jumlah sebenarnya dari vitamin A yang dikonsumsi dapat menjadi racun jika melebihi jumlah harian yang disarankan, ada batasan yang jauh lebih tinggi mengenai seberapa banyak beta karoten yang dapat dikonsumsi. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsentrasi untuk mendapatkan jumlah beta karoten terbesar yang kemudian dapat diubah menjadi vitamin A, daripada mengonsumsi makanan kaya vitamin A murni dalam jumlah besar.

Banyak orang mengetahui bahwa makan wortel dapat membantu melihat dalam kegelapan. Ini karena vitamin A yang dihasilkan dari tingkat tinggi beta karoten yang ditemukan dalam sayuran. Makanan lain yang memiliki kadar beta karoten tinggi yang dapat diubah menjadi vitamin A antara lain tomat dan sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam.

Beta karoten tidak hanya digunakan untuk membentuk vitamin A, tetapi juga merupakan antioksidan kuat. Tidak ada beta karoten yang terbuang karena kelebihan setelah proses diubah menjadi vitamin A, karena akan digunakan untuk melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. 

Vitamin A juga membantu melawan infeksi dan penyakit dengan membantu jaringan yang melapisi berbagai bagian tubuh, termasuk mata, mulut, hidung, tenggorokan, dan paru-paru, untuk pertumbuhan dan juga memperbaikinya jika rusak untuk mencegah infeksi. Anak-anak juga membutuhkan banyak vitamin A untuk membantu tulang dan gigi mereka berkembang dengan baik.

Demikian informasi tentang vitamin A yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi yang lebih detail bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Fungsi Vitamin A dalam Tubuh Manusia"