Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin c telah menjadi vitamin yang paling dikenal akhir-akhir ini. Hal ini tidak mengherankan karena tubuh membutuhkan vitamin C untuk menjalankan lebih dari 300 fungsi. 

vitamin c, manfaat vitamin c, fungsi vitamin c,

Faktanya, vitamin C telah terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung, kanker, dan penyakit serius lainnya. Tanpa vitamin C, tubuh juga tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. 

Ini karena vitamin C sangat penting untuk pembentukan kolagen. Setiap kali seseorang mengalami cedera, kolagen akan membantu memperbaiki kerusakan dan tanpa vitamin C yang cukup hampir mustahil. Kolagen memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan organ dan tubuh tidak akan dapat melakukannya tanpa cukup vitamin C.

Vitamin C juga merupakan antioksidan bagi tubuh dan membantu vitamin dan mineral lain diserap lebih baik. Asam folat dan zat besi, misalnya, membutuhkan vitamin C untuk memaksimalkan kegunaannya. 

Semakin banyak vitamin yang dimiliki tubuh, semakin baik pertahanannya terhadap flu dan penyakit umum lainnya. Dan vitamin c mungkin tidak mencegah seseorang tertular virus tetapi itu membantu mempercepat proses penyembuhan.

Ada vitamin di hampir setiap buah dan sayur tapi ada juga kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi dibanding yang lain. Misalnya cranberry dan melon yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. 

Faktanya, buah-buahan tropis memiliki jumlah vitamin c tertinggi dari buah apa pun. Paprika adalah salah satu sumber vitamin C terkaya untuk jenis sayuran ini. Semakin pedas cabai, semakin tinggi kandungan vitaminnya. 

Sayangnya, vitamin c larut dalam air, sehingga banyak sayuran kehilangan keefektifannya sebagai penyedia vitamin c jika direbus dalam waktu lama. Mengukus atau menggoreng sayur dengan cepat merupakan salah satu cara untuk menjaga kandungan vitamin c lebih banyak. 

Jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan mudah didapat dari makan lima porsi buah dan sayuran sehari jika dikonsumsi mentah atau dimasak dengan cepat.

Suplemen vitamin C sangat berguna untuk memastikan orang mendapatkan cukup vitamin. Namun, dengan makan makanan seimbang bisa mendapatkan jumlah vitamin yang diterima tubuh. Namun, jika seseorang mulai merasa lelah atau lesu maka suplemen vitamin c akan membantu mengatasinya. Tidak ada bahaya mendapatkan asupan terlalu banyak vitamin C karena tubuh hanya membuang kelebihannya.

Demikian informasi tentang vitamin C yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi yang lebih akurat, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang vitamin V ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Fungsi Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh "