Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat minyak lavender untuk kesehatan fisik dan mental

Minyak lavender adalah minyak yang didapatkan dari proses penyulingan bunga lavender. Sedangkan bunga lavender awalnya banyak dijumpai di daerah mediterania, namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di seluruh dunia termasuk di indonesia. 

lavender, minyak lavender, lavender essential oil,

Bunga lavender banyak digunakan sebagai tanaman dekoratif untuk menghiasi pekarangan atau taman yang ada di rumah. Selain memiliki fungsi artistik pada taman rumah, bunga lavender suka memberikan aroma yang sedap sehingga membuat suasana rumah menjadi lebih dan harum. Di sisi lain warna bunga lavender yang biru jingga mutual juga bisa memberikan sensasi berbeda di rumah. 

Selain berfungsi sebagai tanaman hias di rumahm, ternyata bunga lavender juga memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat bunga lavender yang telah diulas untuk teman-teman sekalian.

Perlu diketahui bahwa bunga lavender memiliki bahan aktif utama yang ada di dalamnya yaitu linalool sebanyak 51% dan juga linalyl asetat sebanyak 35%. Linalool ini merupakan kandungan yang berfungsi si memberikan aroma bunga lavender yang sangat kuat.

Membantu masalah depresi

Minyak bunga lavender banyak digunakan oleh praktisi kesehatan untuk mengatasi masalah depresi dan kecemasan.  Bahkan banyak praktisi yang menyarankan untuk menggunakan minyak lavender untuk mengatasi masalah depresi ini.  Hal ini karena sudah ada penelitian yang membuktikan tentang efektivitas penggunaan minyak lavender dalam mengatasi masalah depresi dan kecemasan yang terjadi pada seseorang.

Membantu masalah susah tidur

Aroma bunga lavender juga sangat membantu bagi seseorang yang kesulitan tidur dengan nyenyak.  Ini karena aroma minyak lavender yang alami dapat menenangkan pikiran sehingga saat pikiran tenang akan lebih mudah untuk tidur. 

Selain itu, teh bunga lavender juga bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi masalah tidak bisa tidur dengan nyenyak.  Caranya yaitu dengan merendam bunga lavender dengan air panas kemudian membiarkannya hingga dingin lalu setelah dingin teh bunga lavender ini bisa dikonsumsi seperti minum teh biasa. Produk teh bunga lavender yang bisa dibeli secara online atau di toko-toko yang menjual bahan herbal.

Membantu relaksasi

Minyak lavender juga sangat bermanfaat untuk membuat tubuh agar lebih rileks yaitu dengan menggunakan minyak lavender sebagai minyak untuk memijat otot-otot yang tegang.  Selain itu aroma dari bunga lavender sendiri juga akan menimbulkan rasa nyaman membuat pikiran tenang. Dengan demikian dapat menghilangkan  atau menurunkan tingkat stres yang dialami oleh seseorang.

Meringankan sakit kepala

Minyak lavender juga banyak digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala. Caranya yaitu dengan menghirup aroma minyak lavender.  Dengan menghirup minyak lavender ini ini dapat meringankan sakit kepala  yang diakibatkan oleh tingkat stres yang tinggi atau juga otot yang tegang. Karena aroma minyak lavender yang menenangkan dapat mengurangi stress yang terjadi dan juga otomatis otot-otot akan mengendur.

Membantu proses penyembuhan luka

Minyak lavender juga dapat digunakan untuk mengatasi luka. Ini karena minyak lavender ini memiliki sifat penyembuhan dan menenangkan pada luka.  Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak lavender pada luka dalam waktu beberapa hari.  Kemudian dalam waktu beberapa hari itu lihat perkembangannya luka akan  membaik secara bertahap.

Mengusir nyamuk

Jika teman-teman pernah melihat iklan anti nyamuk dengan menggunakan aroma bunga lavender. Ini bukanlah mitos karena memang aroma bunga lavender tidak disukai oleh nyamuk.  Untuk lebih efektif teman-teman bisa menggunakan minyak lavender untuk mengusir nyamuk atau serangga yang selainnya.  Dengan menggunakan minyak lavender ini maka nyamuk tidak akan berani mendekat.

Membantu mengatasi nyeri sendi

Minyak lavender juga sangat bermanfaat untuk mengatasi keseleo dan juga nyeri sendi.  Teman-teman bisa menggunakan minyak lavender ini untuk dioleskan di bagian yang keseleo dan juga bagian nyeri sendi sambil dipijat pelan-pelan.  Kemudian rasakan dampak positif yang dihasilkan dari penggunaan minyak lavender ini.

Demikian informasi tentang manfaat minyak lavender yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang minyak lavender yang lebih lengkap bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga informasi tentang minyak lavender yang saya tulis bisa bermanfaat dan membantu bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Khasiat minyak lavender untuk kesehatan fisik dan mental"