Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Vitamin B5 Dalam Sistem Tubuh Manusia

Vitamin B5 juga dikenal sebagai Asam Pantotenat.  Vitamin B5 adalah yang paling produktif dari semua vitamin dan ditemukan di setiap jenis makanan. 

vitamin b, vitamin b5, fungsi vitamin b5, kegunaan vitamin b5, manfaat bitamin b5,

Faktanya, tidak mungkin seseorang mengkonsumsi vitamin B5 lebih sedikit dari yang mereka butuhkan. Artinya, besar kemungkinan seseorang bisa kekurangan vitamin B5. Untuk alasan ini, sebenarnya tidak ada jumlah harian yang direkomendasikan oleh para profesional kesehatan karena setiap orang harus mendapatkan lebih dari asupan makanan normal mereka. 

Namun, meskipun tidak perlu menghitung jumlah harian yang disarankan, itu tidak berarti vitamin B5 tidak penting untuk tubuh yang sehat. Faktanya, vitamin B5 sangat penting untuk mengubah makanan menjadi energi di antara fungsi-fungsi lainnya. Vitamin B5 bertanggung jawab untuk mengonsumsi lemak dan karbohidrat untuk energi.

Beberapa vitamin B5 dapat ditemukan di hampir semua makanan baik itu hewani atau nabati. Jelas ada beberapa sumber vitamin B5 yang lebih baik dari yang lain tetapi makan makanan yang seimbang akan menyediakan lebih dari cukup vitamin B5. 

Makanan dengan kandungan vitamin B5 tertinggi adalah daging, salmon, telur, kacang-kacangan, susu, dan biji-bijian. Perlu dicatat bahwa vitamin B5 akan hilang jika biji-bijian digiling menjadi tepung. Oleh karena itu, makanan biji-bijian olahan seperti roti, pasta, nasi, sereal sarapan, dan makanan yang dipanggang bukanlah sumber vitamin B5 yang baik.

Vitamin B5 paling efektif bila dikombinasikan dengan vitamin B lain, terutama thiamin atau B1, riboflavin atau B2, niacin atau B3, pyridoxine atau B6, dan biotin. 

Bersama dengan vitamin B lainnya, vitamin B5 merupakan bagian integral dalam sejumlah proses dalam tubuh. Yang paling penting adalah produksi energi dari makanan yang dikonsumsi dan ini dikenal sebagai siklus Kreb. Vitamin B5 juga dibutuhkan untuk melepaskan energi dari lemak.

Menariknya, vitamin B5 juga dianggap bermanfaat dalam mengurangi stres. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa selama periode stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon tertentu seperti adrenalin dan ini membutuhkan vitamin B5. 

Ada banyak teori tentang manfaat vitamin B5 tetapi sebagian besar orang tidak perlu secara aktif mencari makanan yang tinggi B5 karena mereka cenderung mengonsumsi lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Tidak ada efek samping dari terlalu banyak mengonsumsi vitamin B5.

Demikian informasi tentang vitamin B5 yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi lebih lengkat terkait vitamin B5, bisa juga disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang informasi vitamin B5 ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya dengan seksama. 

Posting Komentar untuk " Fungsi Vitamin B5 Dalam Sistem Tubuh Manusia"