Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B kompleks adalah vitamin yang tidak berdiri sendiri karena terdiri dari berbagai macam vitamin B yang bekerja secara bersama-sama untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang.

vitamin, vitamin b, vitamin b kompleks,

Ada banyak pembahasan tentang vitamin B kompleks dan betapa pentingnya vitamin B bagi tubuh untuk melakukan banyak fungsi. Namun, vitamin B kompleks bukan hanya salah satu vitamin yang sangat kompleks, seperti namanya. 

Sebenarnya ada delapan vitamin B yang ada dalam vitamin B kompleks serta beberapa zat terkait lainnya. 

Delapan vitamin yang menyusun vitamin B kompleks adalah tiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, niasin atau vitamin B3, piridoksin atau vitamin B6, cobalamin atau vitamin B12, asam folat, asam pantotenat, dan biotin. Zat terkait lainnya yang juga hadir dalam vitamin B kompleks termasuk kolin, inositol dan asam para-aminobenzoic.

Masing-masing vitamin B kompleks menjalankan fungsinya sendiri-sendiri di dalam tubuh, tetapi ketika bekerja bersama sebagai vitamin B kompleks, vitamin B kompleks memberikan perawatan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B yang larut dalam air dan sangat penting untuk mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah yang cukup setiap hari. Tubuh tidak dapat menyimpan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B kompleks dan ini membuat asupan rutinnya sangat dibutuhkan.

Vitamin B kompleks sangat bermanfaat untuk sejumlah kondisi dan mungkin dibutuhkan secara berlebihan pada waktu-waktu tertentu dalam hidup seseorang. 

Tentu saja, ada vitamin B kompleks dalam jumlah harian yang direkomendasikan yang bervariasi sesuai dengan jenis kelamin dan usia seseorang. Namun, dokter dan ahli kesehatan lainnya telah menemukan manfaat dari menambah asupan vitamin B kompleks untuk membantu mengatasi penyakit tertentu.

Banyak orang menderita kecemasan dan stres pada satu waktu, dan penelitian telah menemukan bahwa vitamin B kompleks dapat membantu meredakan gejala kecemasan dan stres. 

Jika seseorang sedang tidak enak badan, vitamin B kompleks bisa sangat bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan. Kelelahan bisa menjadi gejala dari banyak penyakit, tetapi vitamin B kompleks dapat membantu meredakan kelelahan dan kelesuan secara umum.

Menariknya, beberapa kondisi kulit, seperti dermatitis, juga bisa mendapat manfaat dari peningkatan asupan vitamin B kompleks. Faktanya, sejumlah krim dan perawatan kulit lainnya mengandung tambahan vitamin B kompleks yang dapat diserap oleh kulit untuk meredakan kondisi tersebut. 

Kondisi rambut seseorang juga akan sangat membaik dengan asupan vitamin B kompleks yang cukup.

Demikian informasi tentang vitamin B kompleks yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca sekalian memiliki tambahan informasi yang lebih lengkap bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang informasi vitamin B kompleks ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Fungsi Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan Tubuh"