Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Vitamin B6 Untuk Kesehatan Manusia

Vitamin B6, juga dikenal sebagai piridoksin, adalah salah satu vitamin B paling serbaguna dan tubuh hanya membutuhkan jumlah yang relatif kecil. Vitamin B6 bekerja erat dengan semua vitamin B lainnya, terutama niasin, asam folat, dan Cobalamin dan berkontribusi pada banyak fungsi dalam tubuh. 

vitamin b6, vitamin b, fungsi vitamin b6, kegunaan vitamin b6, manfaat vitamin b6,

Asam amino diubah oleh vitamin B6 menjadi protein dan juga dibutuhkan untuk mengubah gula yang disimpan dalam tubuh menjadi energi esensial. Pada dasarnya vitamin B6 sangat penting untuk mengubah protein yang dikonsumsi menjadi protein yang dibutuhkan tubuh dan juga untuk mengubah karbohidrat dari bentuk yang disimpan di dalam tubuh menjadi bentuk yang dapat digunakan sebagai energi ekstra.

Tubuh membutuhkan sejumlah protein berbeda dan vitamin B6 memastikan bentuk yang benar tersedia. Misalnya vitamin B6 akan membuat hemoglobin membawa oksigen ke sel darah, hormon untuk mengatur tekanan darah, neurotransmitter dan berbagai enzim.

Jumlah vitamin B6 yang direkomendasikan setiap hari hanya sekitar 2 mg tetapi jumlah yang tampaknya tidak signifikan ini digunakan dengan sangat efisien di dalam tubuh untuk menghasilkan lebih dari enam puluh enzim yang berbeda. 

Sumber terbaik vitamin B6 adalah makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, unggas, dan daging, serta ditambahkan ke sereal sarapan dan roti untuk memastikan bahwa setiap orang dapat mengonsumsi jumlah harian yang direkomendasikan. 

Meskipun seseorang tidak mengonsumsi produk daging, ada tambahan vitamin b6 yang bermanfaat bagi jantung dan sistem kekebalan tubuh. Suplemen vitamin B6 terkadang dibutuhkan untuk penderita asma dan penderita diabetes. Namun, penting untuk dicatat bahwa vitamin B6 dalam dosis besar dapat menjadi racun.

Karena vitamin B6 ditemukan di banyak makanan secara umum, kebanyakan orang menerima jumlah vitamin yang cukup dari makanan normalnya. 

Ada kelompok orang tertentu yang mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin B6 untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan jumlah harian yang disarankan. Misalnya, wanita hamil atau menyusui, yang membutuhkan jumlah vitamin B6 yang sedikit lebih tinggi, agar jumlah vitamin B6 dapat diserap oleh bayi meskipun dimungkinkan mendapatkan tambahan vitamin B6 dari peningkatan konsumsi protein tinggi. 

Vegetarian atau vegan yang ketat, dan anak-anak yang tidak mengonsumsi produk hewani mungkin memerlukan suplemen vitamin B6 karena sayur dan buah bukan sumber vitamin B6 yang baik.

Demikian informasi tentang vitamin B6 yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki info tambahan mengenai vitamin B6, maka teman-teman bisa menyampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang vitamin B6 ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya dengan seksama. 

Posting Komentar untuk " Fungsi Vitamin B6 Untuk Kesehatan Manusia"