Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara sehat mengatasi insomnia secara alami

Insomnia adalah masalah yang dialami oleh seseorang yang diakibatkan karena tidak bisa tidur atau sulit tidur nyenyak di malam hari. 

insomnia, cara mengatasi insomnia,

Saat ini insomnia terjadi pada banyak orang karena disebabkan oleh banyak hal diantaranya mungkin karena tekanan pekerjaan yang sangat banyak, kemudian kondisi fisik yang terlalu lelah, bahkan disebabkan oleh gangguan alat elektronik yang digunakan setiap hari. Beberapa hal ini bisa membuat seseorang kesulitan untuk tidur di malam hari.

Ada beberapa hal yang diakibatkan oleh gangguan tidur atau tidak bisa tidur nyenyak yang disebut insomnia ini. Yaitu orang yang menderita insomnia akan merasa mengantuk di siang hari sehingga membuat mereka terhambat dalam melakukan pekerjaannya.

Ini karena orang yang kurang tidur atau tidak bisa tidur di malam hari akan kehilangan konsentrasi saat bekerja. Sehingga saat mereka bekerja di siang hari tidak akan optimal hasilnya karena kurang konsentrasi yang disebabkan oleh insomnia ini.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir bukan insomnia karena hal ini bisa diatasi dalam beberapa hal berikut ini.

Memahami fungsi tempat tidur.


Cara mengatasi insomnia yang pertama yaitu teman-teman harus membangun pola pikir bahwa tempat tidur hanya digunakan untuk tidur. Sehingga tidak ada aktivitas lain yang dilakukan di tempat tidur selain tidur dan istirahat.

Dengan membangun pola pikir seperti ini diharapkan tubuh akan merasa ngantuk dan akan otomatis tidur ketika datang ke tempat tidur.

Dengan demikian jika teman-teman mengalami insomnia, dan datang ke tempat tidur dengan pola pikir yang seperti ini maka akan mudah dan cepat tidur.

Tidur saat lelah.


Tidur di saat tubuh mulai terasa lelah bisa menjadi faktor untuk mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan tubuh saat lelah sudah kehilangan energi yang sangat banyak, dan tidak ada energi yang tersisa sehingga tubuh membutuhkan istirahat untuk mengembalikan energi.

Dalam posisi lelah seperti ini tubuh biasanya akan sangat mudah tidur terlelap. Sehingga hal ini akan membantu teman-teman dalam mengatasi insomnia.

Mengatur pola jam tidur.


Mengatur pola waktu tidur juga penting untuk dilakukan agar tidak terjadi insomnia. Biasanya jika seseorang sudah terbiasa dengan jam tidur dan jam bangun tidur, mereka akan otomatis tidur di saat jam tersebut dan otomatis akan bangun di jam tersebut.

Sehingga membiasakan pola tidur pada jam-jam tertentu ini akan sangat membantu mengatasi insomnia karena tubuh akan terbiasa dengan pola ini.

Biasanya untuk orang dewasa waktu tidur pada umumnya yaitu sekitar jam 10 malam dan bangun sekitar jam 4.30 hingga jam 5 pagi.

Pada jam 10 hingga jam 11 malam dianggap sebagai waktu yang efektif untuk memulai tidur karena tubuh akan merasa lelah setelah seharian beraktivitas. Kemudian bangun sekitar jam 4.30 hingga jam 5 pagi juga dianggap sudah cukup untuk memenuhi waktu tidur bagi orang dewasa.

Menenangkan diri dengan meditasi.


Insomnia juga disebabkan oleh salah satunya yaitu kondisi psikologis yang kurang tenang atau memiliki beban pikiran tertentu.

Oleh karena itu jika teman-teman mengalami insomnia yang disebabkan oleh gangguan psikologis. Maka disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas untuk menenangkan diri.

Salah satu teknik menenangkan diri yang dianjurkan untuk mengatasi insomnia yaitu dengan melakukan meditasi.

Untuk melakukan meditasi ini teman-teman bisa mempelajari teknik meditasi dan yoga baik dari buku dari internet atau juga mengikuti komunitas meditasi atau yoga.

Melakukan olahraga rutin.


Melakukan olahraga secara rutin juga sangat membantu dalam mengatasi masalah insomnia pada seseorang.

Dengan melakukan olahraga bisa memperlancar aliran darah dalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi tubuh untuk melakukan relaksasi dan akan mempermudah tubuh untuk tidur. 

Selain itu dengan melakukan olahraga secara teratur, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin ini akan memberikan efek bahagia pada seseorang. Dengan demikian hal ini akan mengurangi stres sehingga akan memudahkan seseorang yang mengalami insomnia muda untuk tidur dengan nyenyak.

Mandi menggunakan air hangat.


Mandi dengan air hangat juga termasuk salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah insomnia pada seseorang .

Karena mandi dengan air hangat tubuh teman-teman akan merasa lebih rileks. Dalam kondisi rileks otomatis akan sangat mudah mengantuk hingga tertidur dengan lelap.

Mengatur pola makan.


Dengan pola makan seimbang yang memenuhi asupan gizi tubuh akan membantu mengatasi masalah insomnia yang diderita oleh seseorang. Ini karena dengan asupan gizi yang cukup tubuh akan menjalankan fungsinya secara normal.

Sehingga tubuh tidak mengalami masalah kesehatan tertentu, dan ini akan menjadi salah satu faktor yang mendukung tubuh bisa istirahat dengan normal atau tidur dengan nyenyak.

Selain memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh teman-teman juga harus menghindari beberapa kebiasaan yang kurang sehat. Beberapa kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok atau mengkonsumsi alkohol.

Jauhkan gadget dan alat elektronik lainnya.


Kebiasaan menggunakan gadget atau juga alat elektronik yang lainnya juga bisa mengakibatkan gangguan tidur pada seseorang. Hal ini karena gadget ini ini selain bisa mengganggu mulai dari suara atau juga getarannya, juga bisa membuat seseorang sulit tidur karena fokus sebelum tidur.

Contohnya adalah menggunakan sosial media di malam hari sebelum tidur ini bisa membuat seseorang akan kesulitan untuk tidur. Karena mata dan pikiran terlalu menikmati dan asik saat menggunakan sosial media dan melupakan waktu untuk beristirahat atau tidur.

Tidak hanya gadget seperti smartphone alat elektronik yang lainnya seperti televisi juga demikian bisa mengganggu waktu tidur seseorang.

Oleh karena itu selalu untuk mengusahakan menjauhkan gadget dan mematikan televisi saat akan tidur.

Matikan lampu saat tidur.


Bagi sebagian orang yang akan kesulitan tidur saat dalam kondisi ruangan yang cerah atau kondisi lampu yang menyala. Oleh karena itu usahakan untuk mematikan lampu sebelum tidur untuk membantu tidur dengan nyenyak.

Banyak orang juga yang merasakan bahwa dengan mematikan lampu saat tidur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu juga bisa menggunakan lampu khusus untuk tidur di malam hari. Lampu seperti ini banyak dijual secara online sehingga teman-teman tidak perlu kesulitan untuk mencari lampu tidur ini.

Gunakan aroma penenang.


Menggunakan aroma penenang baik itu dari tanaman atau juga parfum ruangan akan mempengaruhi kondisi psikologis seseorang.

Misalnya aroma bunga lavender atau juga aroma tanaman yang selainnya yang dipercaya bisa menenangkan pikiran. Aroma ini dapat teman-teman gunakan sebagai pengharum ruangan agar pikiran merasa tenang.

Saat pikiran merasa tenang maka peluangnya sangat besar untuk mendapatkan tidur yang berkualitas atau tidur yang nyenyak.

Demikian informasi tentang cara mengatasi insomnia yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki cara yang lebih ampuh dalam mengatasi insomnia bisa, juga disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel yang saya tulis tentang cara mengatasi insomnia ini bisa membantu dan juga memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara sehat mengatasi insomnia secara alami"