Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghilangkan bau tanah dan amis pada ikan sebelum dimasak

Ikan termasuk makanan yang digemari oleh semua kalangan di seluruh nusantara. Ini karena ikan memiliki cita rasa yang nikmat dan juga kandungan gizi yang didapat saat makan ikan juga sangat banyak sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

ikan, masak ikan, membersihkan ikan,

Olahan ikan di Indonesia memiliki beragam jenisnya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi budaya di Indonesia yang beraneka ragam juga. Sehingga masing-masing daerah memiliki ciri khas dalam mengolah ikan dan rata-rata memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Selain itu kondisi geografis Indonesia yang mayoritas adalah laut dan juga kondisi perairan darat di Indonesia sangat memungkinkan untuk menghasilkan ikan dalam jumlah besar. Sehingga harga ikan di Indonesia bisa dikatakan sangat terjangkau, murah dan untuk mendapatkan ikannya pun sangat mudah.

Hal ini membuat banyak tempat makan yang menjadikan ikan sebagai menu utama dalam hidangannya. Tak hanya itu banyak juga yang menyajikan olahan ikan yang banyak dijual baik tingkat industri kecil hingga industri yang besar.

Dalam tingkat rumahan sekalipun ikan banyak dikonsumsi sebagai makanan yang disajikan dalam rumah tangga. Namun pernahkah teman-teman merasakan ikan yang masih bau tanah dan amis saat sudah dimasak?

Pasti hal ini akan menurunkan selera makan teman-teman. Karena bau tanah yang pada ikan ini ini biasanya akan mempengaruhi cita rasa pada olahan ikan yang dihasilkan.

Bagi teman-teman yang masih belajar masak tidak perlu khawatir. Karena informasi berikut ini akan membantu teman-teman untuk menghilangkan bau tanah dan amis pada ikan saat dimasak. Bagaimana informasi lengkapnya? Simak penjelasan yang lebih lengkap berikut ini.

1. Bersihkan ikan

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan yaitu membersihkan ikan terlebih dahulu sebelum memasaknya. Teman-teman bisa membersihkan bagian dalam ikan yaitu bagian usus dan kotoran ikan. Selain itu teman-teman juga bisa membersihkan sisik ikan an-naba bahkan bisa membuang insang ikan.

Setelah membersihkan bagian tubuh ikan ini teman-teman bisa mencuci ikan dengan menggunakan air bersih dan suka air mengalir. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ikan dan juga darah yang ada pada ikan.

2. Siapkan air dan campurkan jeruk nipis, garam, kunyit

Langkah berikutnya yang harus teman-teman lakukan yaitu menyiapkan air. Air ini nantinya akan digunakan untuk merendam ikan agar tidak bau tanah atau juga tidak terasa amis.

Selain air teman-teman juga bisa menyiapkan perasan jeruk nipis, garam, dan kunyit. Kemudian campuran jeruk nipis, garam, dan juga kunyit ini ke dalam air yang telah disiapkan sebelumnya.

Perlu teman-teman ketahui bahwa penggunaan jeruk nipis, garam, dan juga kulit ini karena bahan ini memiliki aroma dan juga tingkat keasaman yang tinggi terutama pada jeruk nipis. Hal ini akan mempengaruhi  aroma pada ikan terutama menghilangkan bau tanah dan juga amis pada ikan

3. Rendam ikan

Setelah air yang dicampur dengan jeruk nipis, garam, dan juga kunyit telah disiapkan, maka teman-teman bisa merendam ikan yang sudah dibersihkan sebelumnya ke dalam campuran air ini.

Teman-teman bisa merendam ikan di dalam air ini ini selama sekitar 1 jam.  Proses perendaman selama 1 jam ini dianggap sudah cukup tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu lama untuk menghilangkan bau tanah dan juga amis pada ikan.

4. Bersihkan ikan

Setelah proses perendaman dilakukan teman-teman bisa membersihkan ikan dengan menggunakan air  bersih dan mengalir.  Ini tujuannya untuk menghilangkan atau menetralisir ikan dari bau tanah, bau amis dan juga mengurangi kadar asam yang ada pada ikan akibat proses perendaman.

Jika ikan tidak dibersihkan, maka proses perendaman ini akan mempengaruhi rasa ikan ketika diolah atau dicampur dengan bumbu yang selainnya. Oleh karena itu usahakan untuk selalu membersihkan atau mencuci ikan lagi setelah proses perendaman 1 jam dilakukan.

5. Simpan dan masak ikan

Setelah serangkaian proses dilakukan teman-teman bisa langsung membumbui ikan atau memasak langsung ikan yang sudah dibersihkan. Karena ikan yang sudah melalui tahapan atau proses diatas bisa dipastikan sudah tidak bau tanah dan juga tidak amis.

Selain itu jika teman-teman tidak ingin memasak ikan langsung pada saat itu juga, teman-teman bisa menaruh ikan pada wadah dan menyimpannya di lemari es.

Demikian informasi yang bisa dibagikan tentang cara menghilangkan bau tanah dan amis pada ikan. Jika teman-teman memiliki tips lain untuk menghilangkan bau tanah dan amis pada ikan bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel yang saya bagikan tentang menghilangkan  bau amis dan juga bau tanah pada ikan ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara menghilangkan bau tanah dan amis pada ikan sebelum dimasak"