Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggoreng ikan agar tidak hancur dan lengket di wajan

Ikan adalah salah satu makanan yang populer dan banyak digemari oleh orang di seluruh Indonesia. Ini karena Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menghasilkan ikan. Sehingga ikan yang ada di Indonesia terkenal cukup murah dan sangat mudah untuk didapatkan.

menggoreng ikan, ikan goreng, masak ikan,

Ikan memiliki citarasa yang sangat lezat dan nikmat saat di masak dengan berbagai macam cara. Di Indonesia sendiri memiliki beragam budaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Masing-masing budaya ini juga biasanya memiliki cara tersendiri dalam mengolah ikan. Sehingga resep olahan ikan di Indonesia sangat banyak dan beraneka ragam yang berbeda dari daerah satu dengan daerah yang selainnya.

Selain itu ikan juga rasa nikmat meskipun hanya digoreng saja. Namun demikian tidak semua orang bisa menggoreng ikan dengan hasil yang sangat bagus. Bahkan ada beberapa kasus orang yang menggoreng ikan yang justru ikan yang digoreng lengket di penggorengan dan hancur.

Namun tidak perlu khawatir  karena informasi berikut  bisa membantu teman-teman dalam   menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur saat digoreng.

1. Ikan yang masih segar dan baru

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukanadalah dengan menyiapkan ikan yang masih segar dan masih baru.

Biasanya ikan yang sudah lama atau kondisinya sudah tidak sebagus ikan yang masih dalam kondisi segar dan baru.  Hal ini akan menyebabkan ikan yang nantinya digoreng bisa hancur atau lengket di penggorengan.

Opsi lain yang bisa teman-teman gunakan yaitu bisa menggunakan ikan segar yang telah diawetkan di dalam pendingin atau es. Ini biasanya ikan yang dijual di supermarket yang diawetkan di dalam pendingin.

2. Penggorengan bersih

Tips berikutnya yang bisa teman-teman gunakan yaitu pastikan  penggorengannya  dalam kondisi bersih.  Hal ini akan mempengaruhi ikan saat digoreng nantinya. Karena jika penggorengan yang digunakan tersebut kotor atau bekas menggoreng sesuatu sebelumnya, maka ikan yang digoreng juga akan berpotensi hancur atau lengket di penggorengan.

Jadi sekali lagi pastikan agar wajan atau penggorengan yang digunakan ini bersih dan kering sebelum digunakan.

3. Minyak untuk menggoreng

Minyak yang digunakan juga akan mempengaruhi kondisi ikan yang digoreng. Biasanya minyak bekas, kotor, atau sudah tidak baru lagi ini ini bisa mempengaruhi hancur atau lengketnya ikan digoreng.

Selain kondisinya yang baru dan tidak kotor, usahakan juga minyak goreng yang digunakan dalam jumlah banyak. Karena jika terlalu sedikit minyak gorengnya digunakan maka ikan yang digoreng nantinya bisa nempel di wajan atau penggorengan.

4. Bumbu tidak terlalu banyak

Bumbu yang digunakan pada ikan goreng juga akan mempengaruhi hancur atau lengketnya ikan saat digoreng. Sehingga untuk menggoreng ikan ini tidak perlu menggunakan bumbu yang terlalu banyak. Karena bumbu yang terlalu banyak ini akan membuat tekstur ikan menempel di wajar atau lengket saat digoreng.

Biasanya ikan goreng hanya dibumbui dengan cara yang sederhana misalnya dengan garam yang dicampur dengan bawang putih atau kunyit begitu saja. Sedangkan untuk menambahkan bumbu yang lainnya biasanya ditambahkan ketika ikan sudah matang digoreng dan bumbu di berikan tidak saat menggoreng ikan.

5. Tidak sering membolak balikan ikan

Selain itu teman-teman tidak perlu membolak-balikkan saat digoreng. Karena proses membolak-balikkan ini akan mempengaruhi tekstur ikan yang mudah hancur saat proses menggoreng.

Dalam menggoreng ikan cuma perlu satu kali proses membalik ikan, yaitu saat ikan dimasukkan ke penggorengan. Maka hanya satu sisi ikan saja yang digoreng, tunggu hingga sisi ini matang dengan sempurna dan jangan balikan terlebih dahulu.

Berikutnya jika sudah matang sempurna maka balik posisi ikan untuk menggoreng  sisi yang selainnya. Kemudian tunggu hingga matang lalu angkat ikan dari penggorengan.

6. Gunakan api sedang

Besar kecilnya api yang digunakan juga akan mempengaruhi ikan yang digoreng. Jika apinya terlalu besar maka ini akan bisa membuat ikan yang digoreng menjadi rusak. Demikian juga dengan penggunaan api kecil yang mengakibatkan ikan akan lama matang dan terlalu lama terendam di dalam minyak, yang akan mengakibatkan rusaknya tekstur ikan yang digoreng.

Sehingga usahakan untuk selalu menggunakan api sedang dalam menggoreng ikan. Ini agar ikan bisa matang dengan sempurna dan tidak mengalami rusaknya tekstur ikan dan tidak lengket di penggorengan.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Jika teman-teman memiliki informasi cara menggoreng ikan yang tidak lengket dan hancur bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat dan sangat membantu bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara menggoreng ikan agar tidak hancur dan lengket di wajan"