Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat ikan goreng yang lembut dan nikmat

Ikan adalah makanan yang paling populer di indonesia. Karena indonesia memiliki laut yang luas dan juga perairan darat yang memiliki potensi yang sangat besar untuk menghasilkan berbagai jenis ikan. Sehingga tak heran jika banyak sekali kuliner yang menggunakan ikan sebagai menu utamanya.

ikan goreng, kuliner, menggoreng ikan

Selain rasanya yang lezat ikan juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini yang menjadikan banyak orang indonesia suka mengkonsumsi ikan dengan berbagai macam olahan.

Bagi teman-teman yang yang suka makan ikan namun kesulitan untuk memasak ikan, mungkin memiliki masalah untuk memasak ikan yang lembut dan lezat.

Namun teman-teman jangan khawatir, karena dalam saya telah mengulas beberapa cara memasak ikan yang lembut dan lezat yang bisa teman-teman praktekan di rumah masing-masing.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan sehingga teman-teman tidak perlu bingung sekali pun masih dalam tahap belajar memasak.

1. Ukuran dan kualitas ikan

 angkah pertama yang harus teman-teman lakukan yaitu pastikan untuk memilih ikan dengan ukuran yang sedang. Karena jika ukuran ikan terlalu kecil maka ketika digoreng ikan ini akan mudah hancur dan kering.

Demikian juga kalau ukuran ikan terlalu besar maka ketika digoreng ikan ini akan susah untuk matang secara merata. Selain susah matang secara merata, ikan besar juga bisa mempengaruhi bumbu yang tidak bisa masuk hingga kedalam ikan.

Kualitas ikan juga akan mempengaruhi hasil masakan ikan goreng yang nantinya, teman-teman harus mengusahakan agar ikan yang dimasak adalah ikan yang segar atau ikan yang diawetkan  jam menggunakan es atau pendingin.

2. Bersihkan ikan.

Tahap berikutnya yang perlu teman-teman lakukan adalah dengan membersihkan ikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses memasaknya.

Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam membersihkan ikan yaitu bersihkan kotoran yang ada di dalam perut ikan, kemudian bersihkan sisik ikan, dan juga teman-teman bisa memotong bagian sirip ikan.

Setelah itu pastikan teman-teman untuk mencuci ikan dengan menggunakan air bersih sebelum ikan ini dibumbui.

3. Bumbui ikan

Setelah teman-teman memilih dan membersihkan ikan yang akan digoreng tentunya untuk menghasilkan cita rasa ikan yang lezat, maka teman-teman harus membumbui ikan ini.

Untuk bumbu, teman-teman bisa menyiapkan sendiri. Kemudian nanti bumbunya bisa dicampur dengan air. Berikutnya ikan yang telah dibersihkan rendam ke dalam bumbu sekitar 30 menit agar bumbu bisa merasuk secara sempurna ke dalam ikan.

4. Siapkan minyak banyak dan panas

Setelah proses membumbui ikan, teman-teman siapkan dulu minyak goreng yang masih baru dan bagus dengan jumlah yang banyak.  Banyaknya minyak goreng ini tergantung dari jumlah ikan dan yang akan dimasak.

Usahakan untuk menggoreng ikan dengan menggunakan minyak banyak. Namun juga tidak sampai merendam seluruh bagian ikan. Hal ini bertujuan untuk membuat ikan matang dengan sempurna baik bagian sisi luar hingga bagian dalam ikan.

Selain minyak yang banyak usahakan jangan memasukkan ikan ke dalam penggorengan sebelum minyaknya panas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar ikan yang digoreng nantinya tidak terlalu lama terendam di dalam minyak.

5. Goreng ikan kurang dari 5 menit

Dalam proses menggoreng ikan teman-teman harus memastikan bahwa ikan yang digoreng bisa matang dengan sempurna. Namun untuk memastikan ikan matang sempurna ini tidak perlu waktu yang lama. Teman-teman bisa memperkirakan menggoreng ikan ini tidak sampai waktu 5 menit.

Jika terlalu lama menggoreng lebih dari 5 menit, bisa jadi ikan yang digoreng nantinya bisa terlalu kering dan teksturnya akan keras. Sedangkan jika digoreng dalam waktu yang sebentar ikan nantinya akan menghasilkan tekstur yang masih lembek atau belum matang, sehingga akan berpotensi mengeluarkan bau amis.

6. Gunakan api sedang

Dalam menggoreng ikan pastikan untuk menggunakan api dengan ukuran yang sedang, yaitu tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Api yang sedang ini akan membantu proses menggoreng ikan kan bisa menjadi lebih sempurna. Karena jika menggunakan api besar kemungkinan ikan akan kering di bagian luar sedangkan di dalamnya belum matang.

Sedangkan jika menggunakan api kecil ikan akan lama dalam proses menggorengnya. Selain itu juga ikan akan terlalu lama terendam di dalam minyak dan ini akan mempengaruhi tekstur dan cita rasa ikan goreng yang dihasilkan.

7. Jangan sering membolak balik ikan

Membolak-balikkan saat digoreng juga sangat tidak disarankan hal ini bisa mengakibatkan ikan  akan hancur saat digoreng dan juga teksturnya akan rusak.

Sehingga usahakan untuk menggoreng ikan  di masing-masing sisi sekitar dua setengah menit. Dan sisi yang lainnya dua setengah menit juga. 

Pada intinya ketika sisi yang satunya sudah matang baru balik posisi ikan sehingga kedua sisinya bisa matang dan dan siap untuk dikonsumsi.

8. Angkat dan tiriskan.

Setelah ikan digoreng dirasa sudah matang, teman-teman angkat dan tiriskan ikan ini agar minyaknya nya menetes dan tidak ikut dikonsumsi nantinya. Setelah semuanya siap teman-teman tinggal menyajikan ikan ini dengan nasi atau juga tambahan makanan yang selainnya.

Demikian cara menggoreng ikan yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki cara menggoreng ikan yang lebih efektif lainnya bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga informasi tentang cara menggoreng ikan ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas selamat mencoba.

Posting Komentar untuk " Cara membuat ikan goreng yang lembut dan nikmat"