Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara blogger menghasilkan uang yang banyak

Blogger adalah pekerjaan yang disukai oleh banyak orang karena memiliki potensi yang sangat besar untuk menghasilkan uang. Ini karena para blogger selama ini banyak yang telah membuktikan mendapatkan uang ribuan hingga puluhan ribu dolar tiap bulan dari pekerjaan mengelola blog.

blogger, uang, google adsense, bisnis online,

Dari banyaknya blogger yang telah sukses ini membuat orang-orang yang selainnya juga ingin menggeluti pekerjaan sebagai blogger.

Jika teman-teman ingin menjadi blogger apakah sudah tahu pekerjaan blogger itu apa saja? 

Pada prinsipnya blogger adalah pekerjaan membuat konten artikel baik itu berupa informasi, tutorial, berita, dan lain sebagainya, kemudian dipublikasikan ke blog yang mereka miliki.

Selain membuat konten artikel, blogger juga harus meningkatkan jumlah pembaca di blog yang dimiliki. Logikanya semakin tinggi pembaca, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan uang dari blog.

Pengunjung blog bisa didapatkan dari banyak sumber. Diantaranya adalah berasal dari mesin pencari seperti google, dari sosial media, pengunjung langsung, dan juga dari sistem periklanan, serta masih banyak lagi cara mendapatkan atau meningkatkan pengunjung blog.

Namun jika teman-teman masih penasaran dari mana sebenarnya para blogger mendapatkan uang, berikut telah saya ulas beberapa sumber keuangan yang didapatkan oleh blogger. Silakan simak penjelasan berikut ini.

Iklan programmatic.


Mayoritas blogger bekerja sama dengan sistem periklanan seperti google adsense untuk menayangkan iklan di blog yang dimiliki oleh blogger.

Dengan bekerja sama dengan sistem periklanan google adsense, teman-teman blogger tidak perlu mencari lagi pengiklan di blog mereka. Ini karena google adsense secara otomatis akan menayangkan iklan di blog ketika ada orang yang mengunjungi blog tersebut. Dengan demikian blogger akan fokus membuat konten artikel untuk di publish di blog mereka.

Meskipun google adsense yang dipasang di blog merupakan pendapatan bagi hasil antara pemilik blog dan juga google. Namun sharing iklan yang diberikan kepada pemilik blog jumlahnya sangat besar dan pasti akan dibayarkan jika sudah memenuhi ambang batas pembayaran google adsense.

Tak heran jika banyak blogger yang mendapatkan uang dengan jumlah puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dengan menjadi blogger dan memasang iklan google adsense di blog nya. Hal ini karena jumlah pembaca yang dimiliki setiap harinya sangat besar sehingga peluang mendapatkan uang dari iklan google adsense sangat besar.

Iklan langsung.


Selain iklan yang dipasang dengan sistem automatic seperti google adsense, para blogger juga bisa menerima iklan secara langsung. Iklan langsung ini berasal dari pengiklan untuk mempromosikan produk atau jasanya di blog yang dimiliki oleh blogger. Dengan demikian blogger akan mendapatkan uang dari periklanan secara utuh tanpa melakukan bagi hasil dengan pihak ketiga.

Biasanya blog dengan tingkat kunjungan yang sangat tinggi dan juga fokus untuk membahas satu tema tertentu saja lebih menguntungkan. Blog seperti ini seringkali mendapatkan tawaran iklan dari pemilik merek produk atau layanan tertentu, untuk dijadikan sebagai saluran promosi produk atau layanan tersebut.

Contohnya adalah blog yang membahas tentang otomotif bisa dikontrak oleh perusahaan besar yang bergerak di bidang otomotif. Kontrak kerjasama ini untuk mempromosikan produk-produk otomotif perusahaan tersebut, sehingga blogger akan menerima pembayaran utuh dari perusahaan yang mengontraknya.

Jika mendapat kontrak dari perusahaan yang sangat besar jelas cara otomatis nilai kontraknya juga sangat besar hal ini yang membuat pendapatan blogger bisa sangat banyak.

Jualan produk fisik.


Selain pendapatan dari iklan, blogger kita bisa memanfaatkan blog yang dimiliki untuk melakukan penjualan produk tertentu. Misalnya blogger yang membahas tentang kecantikan bisa menjual produk-produk kecantikan seperti skin care dan produk-produk perawatan tubuh yang selainnya.

Dengan menjual produk-produk sendiri di blog, bisa memiliki banyak keuntungan diantaranya tidak perlu membayar iklan untuk mempromosikan produknya. Karena dengan melalui blog yang dimiliki bisa digunakan untuk mempromosikan atau menjual produk tersebut.

Seperti prinsip yang saya jelaskan di awal yaitu semakin tinggi pengunjung blog maka semakin besar juga peluang penjualan produk yang dilakukan.

Jualan produk digital.


Banyak juga blogger yang tidak menjual produk fisik seperti yang saya jelaskan di atas tapi mereka menjual produk-produk digital. Produk digital ini seperti menjual buku elektronik atau ebook menjual video tutorial hingga menjual pulsa atau juga voucher game.

Dengan menjual produk digital seperti ini blogger tidak perlu repot untuk melakukan pengemasan barang, melakukan stok produk, hingga melakukan mengirim barang ke tempat ekspedisi pengiriman.

Tidak sedikit blogger yang mendapatkan penghasilan yang cukup besar dengan menjual produk digital seperti ini. Biasanya mereka yang menjual produk digital sesuai dengan tema yang dibahas di blog mereka.

Contohnya adalah blogger yang membahas tentang game maka mereka bisa menjual produk digital berupa voucher game, dan juga perlengkapan digital yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas gaming.

Jasa edit foto.


Tak sedikit blogger yang menawarkan jasa editing foto. Ini karena mereka memiliki kemampuan editing yang handal. Sehingga mereka berani untuk menawarkan jasa editing foto dengan hasil yang sangat berkualitas.

Biasanya jasa foto yang di tawarkan oleh blogger ini berupa edit foto biasa yang akan dijadikan foto animasi atau karikatur. Hasil edit nantinya bisa dicetak untuk dijadikan souvenir hadiah untuk keperluan wisuda, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya.

Tentunya untuk menerima jasa edit foto melalui blog ini membutuhkan waktu lebih lama, ini karena proses melakukan edit juga tidak sebentar. Sehingga jumlah klien yang bisa diterima juga tidak terlalu banyak karena keterbatasan tenaga.

Kecuali jika sudah berkembang, bisa menambahkan tim desain untuk menerima jasa editing foto dengan jumlah klien yang sangat banyak.

Jasa edit video.


Selain edit foto, jasa edit video juga sering ditawarkan oleh para blogger karena mereka bisa jadi memiliki kemampuan edit video pada tingkat mahir.

Biasanya pembuatan dan juga edit video ini berupa video company profile atau juga video untuk mempromosikan produk dan jasa. Bahkan kini banyak permintaan pembuatan video untuk digunakan sebagai opening video di youtube.

Untuk pembuatan video memiliki beberapa kelemahan, jika harus melakukan shooting video di lokasi tertentu. Ini mungkin bisa dilakukan jika jarak lokasi dengan posisi blogger sangat dekat, namun akan sulit dilakukan jika harus mengambil gambar di lokasi yang jauh. Kecuali biaya transport dan juga akomodasi ditanggung oleh pihak yang menggunakan jasa ini.

Jasa pembuatan video yang membutuhkan shooting ini sangat cocok dilakukan untuk promosi tingkat lokal di area tempat tinggal blogger tersebut.

Jasa penulisan artikel.


Blogger tentunya memiliki keahlian dalam menulis sebuah artikel dan hal ini bisa menjadi peluang mendapatkan uang juga. Jadi selain menulis artikel untuk blog sendiri  juga bisa membuka jasa penulisan artikel untuk orang lain.

Sangat banyak perusahaan yang membutuhkan konten artikel untuk dipublikasikan di website mereka. Ini karena mereka tidak memiliki tenaga ahli yang mengurusi atau membuat artikel untuk dipublikasikan di website. Sehingga hal ini menjadi peluang para blogger untuk mendapatkan uang yaitu dengan menyediakan layanan penulisan artikel untuk digunakan oleh perusahaan.

Karena layanan ini untuk tingkat perusahaan yang digunakan sebagai bahan komersial, maka harga yang ditawarkan oleh blogger biasanya juga cukup tinggi yang itu mampu untuk dibayarkan oleh perusahaan.

Karena menawarkan artikel dalam harga yang tinggi sehingga kualitas akan menjadi perhatian utama.  Hal ini bertujuan agar klien perusahaan yang menggunakan jasanya tidak merasa kecewa.

Jasa pembuatan website / blog.

Banyak juga blogger yang menawarkan jasa pembuatan website atau blog kepada pengunjung website atau blog mereka.

Ini karena mereka memiliki kemampuan dalam membangun atau mengembangkan website. Sehingga mereka berani untuk menawarkan jasa pembuatan website atau blog di platform blog yang dimiliki.
Atau meskipun tidak memiliki kemampuan untuk membuat atau membangun website, teman-teman blogger ini kita bisa tetap menjual website. 

Namun ketika ada orang yang menggunakan jasa pembuatan website ini, bisa di proyek kan di situs freelancer atau juga di penyedia layanan pembuatan website. Lalu blogger bisa mengambil margin keuntungan dari penjualan website ini.

Kontes menulis.


Ada sangat banyak lomba blogger yang diadakan oleh perusahaan atau juga komunitas tertentu. Dimana ketika perlombaan ini diadakan mengharuskan peserta wajib memiliki blog dan juga menulis apa yang diinginkan oleh panitia.

Kemudian pemenang bisa dikategorikan dalam beberapa hal misalnya nya yang mampu menempati posisi teratas di mesin pencari dengan kata kunci yang disediakan oleh panitia. Dan juga mereka yang memiliki tulisan yang menarik sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh panitia, serta konten yang difavoritkan oleh panitia.

Hadiah yang disediakan dalam setiap kali kontes menulis atau blog ini cukup besar misalnya 5 hingga 10 juta rupiah. Sehingga bagi para pemenang bisa mendapatkan hadiah ini yang akan ditransfer kan oleh panitia kepada rekening peserta. Biasanya panitia mewajibkan peserta untuk mencantumkan link yang disediakan di bawah artikel yang mereka tulis.

Kontes menulis artikel di blog seperti ini bisa menjadi peluang yang cukup besar bagi para blogger untuk mendapatkan uang tambahan.

Review berbayar.


Melakukan review berbayar terhadap suatu produk atau layanan tertentu juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan bagi seorang blogger. Biasanya review ini berupa pengalaman si blogger terhadap penggunaan suatu barang atau layanan tertentu.

Tak lupa di akhir review berisi pesan promosi yang mengarahkan pembaca untuk membeli dan juga mengunjungi halaman pembelian produk atau layanan ini.

Harga sekali review tergantung dari perusahaan yang menggunakan jasa blogger untuk mereview produk atau jasanya. Selain itu juga tergantung dari kepopuleran serta banyaknya pengunjung blog yang dimiliki.

Bekerja diluar.


Yang terakhir biasanya blogger ini hanya sebagai pekerjaan sampingan yang dilakukan oleh seseorang. Meski mengelolah blog hanya sebagai pekerjaan sampingan, seseorang ini juga dianggap sebagai blogger karena dia memang melakukan kegiatan blogger.

Sebagai blogger, biasanya seseorang ini juga bekerja di luar. Sehingga bisa dikatakan bahwa bekerja diluar ini adalah sebagai penghasilan seorang blogger meskipun tidak langsung menghasilkan uang dari blog yang dikelolah.

Demikian informasi tentang bagaimana seorang blogger mendapatkan uang yang banyak. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang penghasilan blogger ini bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang pendapatan blogger ini bisa membantu dan juga memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "11 Cara blogger menghasilkan uang yang banyak"