Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perawatan Kucing Agar Tetap Bersih dan Sehat

Perawatan kucing sangat penting karena dapat membantu agar kucing tetap bersih dan sehat. Perawatan kucing dimulai dengan menyikat, karena menyikat membantu mencegah bulu kucing menjadi bola bulu atau hairball. 

grooming, perawatan kucing, salon kucing, kesehatan kucing

Menyikat bulu kucing akan membantu mencegah risiko bola bulu kucing. Banyak kucing kesulitan menghilangkan bola bulu. Jika kucing tidak bisa mengeluarkan bola bulu, hal itu dapat menyebabkan obstruksi atau penyumbatan pada usus kucing. Penyumbatan ini sangat serius, dan dapat dengan cepat menjadi ancaman bagi kucing peliharaan.

Kucing yang memiliki bulu panjang perlu disikat dan disisir setiap hari, sedangkan kucing dengan bulu pendek perlu dilakukan setiap minggu. Saat menyikat kucing, harus selalu memperhatikan benjolan di lapisan kulit dan iritasi kulit. 

Pemilik kucing harus mulai menyikat bagian belakang kucing, dari kepala hingga ekor. Lakukan ini beberapa kali di satu sisi, lalu lanjutkan ke sisi lainnya. Setiap area harus disikat beberapa kali ke arah bulu kucing yang sedang tumbuh.

Saat menyikat kucing, harus selalu menghindari menyikat wajah dan cakar kucing. Jika kucing tidak suka disikat, maka masih bisa disikat dengan alat lain. Sarung tangan perawatan adalah alternatif yang sangat baik untuk menyikat bulu kucing, dengan ini membuat kucing merasa nyaman saat disikat.

Melakukan perawatan kucing saat masih kecil adalah kunci perawatannya karena hal itu akan membuat kucing terbiasa menggosok gigi, cakar, hingga dibersihkan bulunya. Bahkan beberapa kucing bisa diberikan pakaian kucing jika dikenalkan sejak kecil.

Saat merawat kucing, pastikan memeriksa telinga, mata, gigi, dan cakarnya. Matanya harus cerah dan jernih tanpa ada apa pun di sudutnya. Telinganya harus bersih, berwarna merah muda, dan tidak ada tanda-tanda kutu telinga. 

Tungau telinga kucing dihasilkan dari kotoran di telinga kucing dan dapat menyebabkan telinganya menyusut dan kucing kehilangan pendengarannya. Tungau telinga sangat mengganggu kucing, dan sulit bagi pemiliknya untuk menangani hal ini. Cara terbaik untuk menghilangkan tungau teling kucing adalah memastikan telinga kucing bersih dan sehat.

Setiap kali merawat kucing, harus selalu berusaha melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika kucing tetap diam, maka harus selalu memujinya dan memberinya hadiah. 

Jika kucing tidak mau melakukan perawatan, jangan melawannya, tetapi lepaskan dan coba keesokan harinya. Dengan begitu kucing terbiasa dengan perawatan ini, dia akan menunggu setiap hari.

Jika tidak ingin repot untuk merawat kucing, saat ini ada banyak layanan perawatan kucing yang hadir di setiap kota. Layanan ini berupa salon kucing yang menyediakan paket lengkap untuk merawat kucing perliharaan.

Demikian informasi tentang perawatan kucing yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Bagi pembaca yang memiliki informasi yang lebih lengkap bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang perawatan kucing ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " Cara Perawatan Kucing Agar Tetap Bersih dan Sehat"