Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Agar Kucing Peliharaan Tetap Sehat

Untuk menjaga kesehatan kucing sepanjang waktu, yang benar-benar perlu dilakukan adalah memberinya tempat berlindung, makanan, dan banyak air. Seperti makhluk hidup lainnya, kucing bisa sakit dari waktu ke waktu.

kucing, kucing persia, kucing angora, kesehatan kucing, dokter hewan,

Sebagai pemilik kucing, teman-teman pasti ingin memastikan bahwa kucing yang dimiliki mendapatkan asupan makanan terbaik. Makanan kucing premium sangat ideal untuk kucing, karena makanan ini dirancang untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan. 

Selain itu perlu untuk memperhatikan perilaku kucing, agar tahu kapan dia sakit dan kapan harus membawanya ke dokter hewan. 

Sebagian besar penyakit yang umum jarang terjadi, meskipun ada beberapa kasus di mana dokter hewan dapat menjadi faktor penentu antara hidup dan yang mengancam keselamatan bagi kucing.

Tingkah laku kucing akan menjadi salah satu faktor terpenting saat teman-teman mencoba menentukan apakah ia sedang kurang sehat atau tidak. Bergerak lambat, buang air sepanjang waktu, kurang energi dan tidak makan adalah tanda bahwa kucing harus segera dibawa ke dokter hewan. 

Bulu kucing juga bagus untuk diperhatikan. Jika melihat bulunya kusam dan tidak rata atau melihatnya tidak normal, maka harus menghubungi dokter hewan secepat mungkin.

Diare dan muntah terkadang sering terjadi, bahkan karena penyakit yang menjadi penyebabnya. Di sisi lain, jika kucing tampaknya melakukan salah satunya lebih dari sehari, maka harus segera menghubungi dokter hewan. 

Batuk juga sering terjadi, hanya karena batuk bulu kucing bisa rontok. Jika kucing sepertinya batuk karena alasan lain, maka harus memeriksanya ke dokter hewan sesegera mungkin.

Untuk memastikan kucing tidak terpapar berbagai penyakit, maka harus selalu memastikan bahwa ia selalu mendapatkan vaksinasi. 

Ada beberapa penyakit di luar sana yang membutuhkan vaksinasi, termasuk rabies dan distemper kucing. Feline distemper adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang bisa diderita kucing, tetapi juga termasuk salah satu penyakit yang mudah untuk mencegahnya. Penyakit ini menyerang kucing dengan sangat cepat.

Leukemia kucing adalah penyakit lain yang sangat berbahaya tetapi dapat dicegah sejak dini dengan vaksinasi yang tepat. Meski penyakit ini tidak memungkinkan manusia untuk tertular, virusnya dapat menyebar dengan cepat di antara kucing. 

Ada vaksinasi yang bisa mengatasi penyakit akhir-akhir ini, meski demikian tetap harus berhati-hati dan tidak membiarkan kucing untuk berinteraksi dengan kucing lain di sekitar.

Masalah lain, yang sangat umum terjadi pada kucing yang tinggal di luar rumah, adalah cacingan. Kucing yang cacingan biasanya memiliki mantel yang tidak diinspirasi dan sedikit atau tidak ada nafsu makan. Ada beberapa jenis cacing, di antaranya kurap dan cacing tambang. Cacing bisa berasal dari kutu, caplak, atau bahkan organ hewan pengerat yang dimakan kucing. Biasanya kucing akan mencerna telur yang akan matang dan menempel di dinding usus. Jika Anda memberi makan bawang putih kucing Anda selama persalinan, ini dapat membantu melindunginya dari cacingan.

Jika merawat kucing , kemungkinan besar akan menjaganya agar tetap sehat selama bertahun-tahun yang akan datang. Selain itu harus selalu memastikan kucing memiliki makanan yang berkualitas, dan tidak melewatkan pemeriksaan terjadwal ke dokter hewan. 

Jika kucing mendapat vaksinasi yang tepat, maka kucing akan aman dari berbagai penyakit. Mengambil langkah yang tepat untuk kucing akan mencegah sesuatu yang buruk terjadi di masa depan.

Demikian informasi tentang cara menjaga agar kucing tetap sehat yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang menjaga kesehatan kucing ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Cara Menjaga Agar Kucing Peliharaan Tetap Sehat"