Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi penyemprotan urin kucing peliharaan

Setiap kali kucing peliharaan mendekat ke pintu atau benda lain di rumah, kemudian dia angkat ekornya, dan buang air kecil. Ini artinya Anda punya masalah. 

kucing, perawatan kucing, memelihara kucing, tips kucing

Masalah ini dikenal sebagai penyemprotan kucing (cat spraying) dan sangat umum terjadi pada kucing yang dipelihara di dalam ruangan. Meskipun itu masalah yang sangat mengganggu, itu adalah masalah yang bisa diselesaikan.

Bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, penyemprotan kucing bukanlah masalah sampah, tapi ini merupakan penandaan. 

Urin kucing yang disemprotkan mengandung feromon, yaitu zat yang digunakan kucing dan hewan lain untuk berkomunikasi. Feromon sama seperti sidik jari pada manusia karena digunakan untuk mengidentifikasi kucing dengan hewan lain.

Ketika seekor kucing menyemprotkan sesuatu, dia hanya menandai wilayahnya melalui urinnya. Penyemprotan hanyalah cara kucing memberi tahu kucing lain bahwa daerah tersebut adalah miliknya. 

Meskipun hal itu bisa membuat pemiliknya marah dan kesal, namun marah pada kucing tidak akan menyelesaikan apapun. Jika meninggikan suara atau menunjukkan kemarahan pada kucing, hal itu dapat menghasilkan penyemprotan yang lebih baik.

Kucing mudah tertarik dengan bau urine. Untuk kucing, menyemprot kurang lebih merupakan ajakan untuk mencintai.  Kucing tidak hanya menyemprot saat cuaca panas, karena beberapa juga akan menyemprot saat bertemu kucing lain, atau saat mereka merasa stres.

Meskipun penyemprotan adalah cara berkomunikasi untuk kucing, baunya sangat tidak enak bagi manusia. Hal yang baik di sini adalah kebanyakan kucing akan melakukan sebagian besar penyemprotan di luar ruangan. 

Jika teman-teman memiliki kucing dalam ruangan yang tidak pernah keluar, penyemprotan memang bisa menjadi masalah. Jika teman-teman melihat penyemprotan di rumah, maka harus segera bertindak dan segera melakukan sesuatu untuk membersihkanya.

Cara paling efektif dan juga termudah untuk menghentikan penyemprotan adalah dengan membiarkan kucing dikebiri, yang tentunya tergantung jenis kelaminnya. 

Kebanyakan kucing jantan yang telah dikebiri akan berhenti menyemprot pada hari yang sama selama operasi. Jika tidak ingin kucing dikebiri, maka harus mencari opsi lain. Jika berharap suatu hari dapat membiakkan kucing , pasti tidak ingin membuatnya dikebiri.

Hal terbaik untuk dilakukan dalam situasi ini adalah konsultasi dengan dokter hewan. Karena dokter hewan akan dapat memberi nasihat, dan bahkan mungkin menyelesaikan masalah tanpa harus menjalani operasi. 

Mungkin ada masalah medis yang menyebabkan masalah tersebut, yang dapat diidentifikasi oleh dokter hewan. 

Demikian informasi tentang penyemprotan urin kucing yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki tambahan informasi bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tentang penyemprotan kucing ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Cara mengatasi penyemprotan urin kucing peliharaan"