Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat susu almond untuk melancarkan ASI

Susu almond adalah minuman segar yang menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Susu almond memiliki rasa yang lezat sehingga banyak digemari oleh banyak orang. 

susu almond, kacang almond, kuliner, minuman,

Dibalik rasanya yang enak dan menyegarkan tersebut, susu almond juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat penting susu almond yaitu untuk wanita yang sedang hamil.

DIkutip dari halodoc bahwa kacang almond memiliki kandungan protein, asam foltat dan juga serat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Ini karena selama proses kehamilan, wanita hamil akan sering mengalami susah buang air besar atau sembelit. Sehingga almond bisa membantu mengatasi masalah ini. Selain itu protein dan asam folat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Selain itu kandungan protein, kalsium, dan vitamin E pada almond juga baik untuk membantu untuk melancarkan air susu ibu (ASI) pada wanita yang sedang hamil atau menyusui.

Untuk membuat susu yang terbuat dari ekstrak kacang almond ini cukup mudah dan siapapun bisa membuanya sendiri dirumah. Berikut beberapa cara membuat susu almond yang bisa dicoba.


Gunakan almond dengan kualitas bagus

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat susu almond yaitu dengan menyiapkan bahan kacang almond yang memiliki kualitas yang baik. Disarankan untuk menggunakan bahan kacang almond organik.

Kacang almond organik ini tentunya jauh lebih sehat karena dalam proses memproduksinya tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali. 

Sehingga susu almond yang dihasilkan nantinya tidak hanya segar dan enak, tapi juga aman untuk dikonsumsi untuk wanita hamil apalagi untuk membantu meningkatkan produksi ASI. 

Kacang almond organik ini banyak dijual baik secara online, supermarket, atau toko yang menjual bahan makanan.


Gunakan alat yang higienis

Selain bahan kacang almond yang berkualitas dan sehat, alat yang digunakan untuk memproduksi susu almond juga harus benar-benar diperhatikan kebersihannya.

Alat yang digunakan misalnya mulai dari alat untuk merendam kacang almond yang akan digunakan untuk merendam almond sebelum digiling atau dihancurkan. Alat untuk merebus, alat penyaringan, hingga alat penyimpanan susu almond.


Rendam kacang almond

Setelah mendapatkan bahan kacang almond terbaik, maka lakukan perendaman pada kacang almond yang akan dijadikan susu almond ini. Proses perendaman bisa dilakukan beberapa jam sebelum kacang almond di hancurkan atau digiling. Pastikan untuk merendam kacang almond dengan air bersih dan dengan wadah yang bersih juga.


Giling kacang almond

Untuk membuat susu kacang almond, giling atau tumbuk kacang almond. Pada proses ini perlu dilkukan dengans sempurna agar tidak merusak kandungan gizi pada kacang almond yang akan dijadikan susu almond.

Pada Pposes ini bisa dilakukan dengan menggunakan blender atau juga menumbuk kacang almond secara tradisional.


Peras dan saring kacang almond

Setelah kacang almond di giling, proses berikutnya adalah peras kacang almond ini dengan air untuk mengambil sari almond. Kemudian gunakan penyaring agar yang didapatkan murni sari kacang almond, tanpa menyertakan ampasnya.


Proses merebus kacang almond

Setelah didapatkan sari kacang almond, lakukan perebusan. Proses perebusan ini bisa dilakukan dengan sambil mengaduk sari kacang almond agar tidak menggumpal. Rebus dengan air yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Pada proses merebus ini bisa ditambahkan bahan lain misalnya gula yang berfungsi untuk menambahkan rasa manis pada susu almond yang akan dihasilkan.


Penyaringan kacang almond

Setelah proses merebus selesai, tahap berikutnya adalah diamkan kacang almond ini beberapa saat hingga dingin. Kemudian saring kacang almond saat memindahkan ke wadah lain.


Pengemasan dan penyimpanan susu almond

Setelah sari kacang almond telah siap digunakan, maka bisa dilakukan pengemasan jika memang susu almond ini akan dijual. Atau juga bisa ditempatkan di wadah khusus misalnya gelas atau botol kaca untuk menyimpannya di lemari es.

Demikian informasi tentang susu almond yang bisa digunakan untuk melancarkan asi. Jika teman-teman pembacanya memiliki informasi tambahan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tantang susu kacang almond ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya dengan seksama.

Posting Komentar untuk " Cara membuat susu almond untuk melancarkan ASI"