Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Agar Susu Segar Tidak Cepat Basi

Susu adalah minuman yang memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Selain gizinya yang banyak, susu juga memiliki cita rasa yang lezat, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menjadikan susu sebagai minuman favorit. 

susu segar, menyimpan susu segar, pasteurisasi, susu uht,

Meski demikian, susu tidak tahan dari bakteri sehingga membuatnya cepat basi atau tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat susu segar agar dapat bertahan dalam waktu yang lama. Berikut beberapa cara menyimpan susu agar bertahan lama yang telah di ulas untuk teman-teman pembaca.


Menyimpan susu di lemari es

Proses penyimpanan susu agar bertahan lama cukup mudah untuk dilakukan. Langkah yang pertama dan paling banyak dilakukan oleh banyak orang yaitu menyimpan susu di dalam lemari es dengan suhu antara satu hingga empat drajat celcius.

Dengan menyimpan susu dalam suhu yang sangat dingin ini akan membuat bakteri tidak aktif atau mati. Saat bakteri tidak aktif atau tidak bekerja, ini akan membuat susu akan bertahan lebih lama dan tidak cepat basi. Karena yang membuat susu cepat basi yaitu adanya bakteri yang ada dalam susu ini.


Pasteurisasi 

Peternak sapi yang memproduksi susu, biasanya menggunakan proses pasteurisasi untuk membuat susu yang dihasilkan agar steril.

Proses pasteurisasi ini bisa menghasilkan susu yang lebih tahan lama. Apalagi setelah proses pasteurisasi, susu langsung dikemas dan juga disimpan dalam lemari pendingin atau freezer.

Proses pasteurisasi tradisional yang biasa dilakukan adalah dengan merebus susu dalam suhu yang sangat tinggi. Ini bertujuan agar bakteri yang ada dalam susu akan mati dan mengurangi potensi susu cepat basi.


Segera minum susu setelah dibuka dari kemasan

Tidak hanya susu segar saja yang cepat basi, susu kemasan atau susu UHT yang dijual juga cepat basi. Dalam susu kemasan ini biasanya diberikan keterangan untuk segera meminum atau menghabiskan susu tersebut. Biasanya waktu yang tertera yaitu satu hari setelah kemasan dibuka, maka segera habiskan isi susunya. 

Ini karena setelah kemasan dibuka, maka susu telah berinteraksi dengan udara dan tentunya dengan bakteri yang ada di udara. Ini membuat susu lebih berpeluang mengalami kondisi basi.

Demikian informasi tentang penyimpanan susu agar tidak cepat basi yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara membuat susu agar tidak basi ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca dengan seksama. 

Posting Komentar untuk "3 Cara Agar Susu Segar Tidak Cepat Basi"