Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tahu Goreng Yang Renyah dan Gurih

Tahu adalah makanan Indonesia yang hampir tidak pernah absen dalam berbagai jenis kuliner diseluruh daerah. Ini karena tahu memiliki rasa yang lezat dan juga harganya murah.

tahu, tahu goreng, resep tahu goreng, membuat tahu goreng,

Untuk membuat makanan yang enak tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Cukup dengan tahu dan tempe bisa menghasilkan makanan yang nikmat, enak dan dengan biaya yang sangat murah.

Sebenarnya salah satu prinsip makanan yang enak bukan dari apa yang dimasak, namun bagaimana menggunakan bumbu dan rempah untuk menyajikan makanan yang lezat. Jadi apapaun bahan makanannya jika dimasak dengan baik maka bisa menghasilkan makanan yang nikmat dan membangkitkan selera makan.

Dalam artikel ini akan membagikan cara membuat makanan enak meski bahan makannnya yaitu tahu. Biar lebih jelas bagaiana caranya, silakan simak informasinya berikut ini.


Bahan tahu yang berkualitas tinggi

Sebelum membuat makanan yang terbuat dari bahan tahu ini, pastikan untuk menggunakan bahan tahu yang memiliki kualitas baik. Tahu yang kualitas biasanya yang masih segar atau baru dibuat. Bahan tahu segar selain kondisinya yang segar juga memiliki rasa yang lebih enak.

Untuk menjaga kualias tahu, bisa menyimpan di lemari es dengan menjauhkan dari bahan makanan yang memiliki bau yang sangat kuat. Selain itu bisa juga disimpan dengan wadah yang sudah berisi air bersih, kemudian memasukannya ke lemari es.


Proses mengukus tahu

Untuk menghasilkan tahu dengan tekstur yang empuk dan kenyal yaitu dengan mengurangi kandungan air yang ada di dalamnya. Untuk ini tahu perlu melalui proses pengukusan sekitar lima belas menit diatas api sedang.

Tujuan pengukusan tahu sebelum dimasak juga untuk meminimalisir tahu agar tidak hancur. Selain itu proses mengukus tahu juga kaan membuat tampilan tahu yang lebih bagus dan bisa matang merata.

Untuk memberikan rasa gurih pada tahu, bisa dilakukan saat proses pengukusan yaitu dengan menambahkan sedikit garam. Selain itu penambahan garam ini bisa membuat tahu agar tidak lengket saat di goreng.


Proses memberikan bumbu

Untuk membuat tahu memiliki cita rasa yang lezat, maka tahu bisa ditambahkan bumbu rempah. Proses ini bisa dilakukan sebelum tahu melalui proses penggorengan. Tahu yang telah dikukus bisa direndam dengan air yang sudah diberikan bumbu. Proses perendaman dengan bumbu ini bisa dilakukan dalam waktu dua puluh hingga tiga puluh menit.

Proses perendaman bumbu yang agak lama ini akan membuat bumbu bisa meresap ke dalam tahu. Sehingga tahu goreng yang dihasilkan nantinya kaan memiliki citra rasa yang nikmat dan membangkitkan selera seseorang untuk memakannya.


Proses menggoreng tahu

Untuk membuat tahu goreng yang enak, usahakan untuk menggunakan minyak goreng yang masih baru yang belum digunakan untuk menggoreng sebelumnya. Minyak goreng dengan kondisi baru ini akan membuat tahu goreng yang dihasilkan memiliki tampilan yang bagus, selain itu rasa yang dihasilkan juga lebih enak dan sehat.

Dalam proses menggoreng tahu, usahakan untuk menggunakan api dengan ukuran sedang. Jadi atur api agar tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Api yang kecil biasanya akan membuat tahu matang dalam waktu yang lama dan akan menyerap banyak minyak. Sedangkan api yang besar akan membuat tahu matang dibagian luarnya, namun dalamnya masih mentah.

Tanda tahu yang telah matang di goreng yaitu akan kering bagian luarnya dan juga akan mengembang, atau bagian dalamnya tidak padat lagi melainkan memiliki rongga.


Penyajian tahu goreng

Tahu goreng yang telah matang, bisa disajikan untuk berbagai hal misalnya digunakan untuk lauk. Selain itu tahu goreng ini bisa disajikan dengan sambal atau saus, sebagai cemilan yang lezat untuk menemani aktifitas.

Demikian informasi tentang memasak tahu goreng yang lezat. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang memasak tahu goreng ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca dengan seksama. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tahu Goreng Yang Renyah dan Gurih"