Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasak sayuran hijau agar gizinya tidak hilang

Jenis sayuran adalah makanan yang sangat direkomendasikan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Ini karena jenis sayuran memiliki kandugan gizi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan berbagai prosesnya.

kuliner, memasak, resep masakan, sayur, sayuran, sayur hijau, gizi, nutrisi,

Namun banyak orang yang tidak memahami bahwa kandungan gizi yang ada pada sayuran ini bisa hilang jika cara memasak sayur yang dilakukan keliru. Kadang orang memasak sayur hingga benar-benar matang, bahkan hingga teksturnya benar-benar lembut dan lunak.

Bisa dipastikan bahwa sayur yang dimasak dalam waktu lama dan teksturnya lunak ini telah melepas kandungan gizi yang ada di dalamnya. 

Oleh karena itu berikut adalah cara memasak sayur yang bisa digunakan untuk menjaga agar kandungan gizi yang ada dalam sayuran tidak hilang.


Cuci dan potong sayuran

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasak sayur adalah pastikan untuk mencuci sayuran dengan air hingga benar-benar bersih.

Setelah dipastikan sayuran yang akan dimasak telah bersih, tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah memotong sayuran yang akan dimasak.

Karena disini yang dibahas adalah jenis sayuran berdaun, maka usahakan untuk tidak memotong sayuran dalam ukuran yang terlalu kecil. 


Rebus air mendidih

Setelah sayuran yang akan dimasak telah siap. Proses berikutnya yang harus dilakukan adalah merebus air hingga benar-benar mendidih.

Jadi usahakan untuk merebus dulu air hingga mendidih dan biarkan tanpa memasukan sayuran terlebih dahulu ke dalam air yang mendidih.

Dalam proses merebus air ini, bisa ditambahkan garap dapur satu hingga dua sendok tergantung seberapa banyak air yang direbus dan seberapa banyak sayuran yang akan dimasak. Selain itu bisa menambahkan berbagai bumbu jika memasak sayuran seperti sayur sop, sayur asam, sayur bayam, dan sebagainya.


Rebus sayur sekitar satu menit

Setelah air benar-benar mendidih dan garap telah larut ke dalam air, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memasukan sayuran yang telah dicuci dan dipotong sebelumnya ke dalam air yang mendidih.

Proses merebus sayuran ini tidak perlu terlalu lama, cukup direbus dalam jangka waktu sekitar satu menis lalu mengangkat sayuran ini dari air panas. 

Waktu merebus sayur yang tidak terlalu lama ini bertujuan agar sayur tidak terlalu banyak melepas kandungan gizi yang ada di dalamnya. Karena jika direbus dengan air panas dalam waktu yang lama, gizi yang ada didalamnya akan menguap dan hilang.

Waktu sekitar satu menit ini cukup untuk membuat sayuran berdaun hijau matang. Berbeda jika memasak sayuran janis lain, misalnya wortel mungkin bisa lebih lama untuk membuatnya benar-benar matang.


Angkat sayur dan sajikan

Setelah dimasak, angkat dan tiriskan sayuran ini. Jika sayuran yang dimasak ini adalah dalam memasak sayur seperti sop, sayur bayam, sayur asam. Maka tinggal matikan kompor dan pindahkan sayuran ke wadah yang telah disiapkan.

Demikian informasi tentang tips memasak sayur agar tidak kehilangan gizinya. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Cara memasak sayuran hijau agar gizinya tidak hilang"