Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips wawancara untuk dijadikan konten podcast

Podcast wawancara adalah salah satu jenis konten podcast yang banyak disukai oleh orang saat ini. Orang senang mendengar percakapan yang menarik karena dialog membuat segalanya menyenangkan. 

podcast, wawancara, tips, konten podcast

Tetapi ketika melakukan podcasting sendirian, maka bisa kehilangan daya tarik ini. Dengan mewawancarai tamu dapat menambahkan elemen menarik pada podcast.

Wawancara tidak sesederhana mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut adalah tips melakukan wawancara untuk membuat konten podcast.


1. Persiapkan wawancara

Pastikan untuk melakukan penelitian latar belakang tentang subjek wawancara. Penelitian latar belakang mencakup 5 W dan H (Siapa, Apa, Di mana, Kapan, Mengapa, Bagaimana), liputan media sebelumnya yang diterima subjek wawancara, dan juga mengumpulkan biografi subyek wawancara jika ada.


2. Siapkan pertanyaan 

Tuliskan pertanyaan sebelumnya dan pastikan untuk mengaturnya dengan cara yang mengalir.

Untuk pertanyaan yang diajukan ini pastikan untuk memilih pertanyaan bukan sekedar tanya jawab biasa. Tapi siapkan pertanyaan yang memiliki bobot, yang artinya pertanyaan untuk memunculkan bahasan yang menarik. Ini bisa jadi hal yang penting, bahkan banyak pertanyaan yang diutarakan untuk memunculkan hal-hal yang bersifat kontroversi. 

Pertanyaan pancingan seperti ini bisa menghasilkan obrolan yang menarik untuk disimak.


3. Sipa untuk mendengarkan

Ketika pewawancara pemula memiliki pertanyaan yang ditulis, mereka cenderung tidak mendengarkan jawaban yang diberikan orang tersebut. Mereka hanya mengajukan pertanyaan dan melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. 

Tetapi ketika benar-benar mendengarkan jawabannya, maka akan mendapatkan lebih banyak pertanyaan yang akan menambah kedalaman dan membuat wawancara semakin menarik.


4. Undang tamu

Untuk menghasilkan podcast wawancara, perlu adanya tamu untuk diwawancarai. Untuk ini pembut podcast akan mendapatkan wawancara yang jauh lebih baik jika tamu yang siap diwawancarai. 

Sebelum mulai, pastikan untuk memberi tahu tamu tentang jenis hal yang akan dibahas. Jangan memberi mereka setiap pertanyaan kata demi kata karena itu akan membuat wawancara Anda menjadi sangat normatif. Jadi coba untuk lebih mengalir dan mendalami apa yang disampaikan oleh subyek wawancara atau tamu ini.


5. Kendalikan pembicaraan

Kadang pewawancara atau tuan rumah tidak bisa mengendalikan obrolan dengan subyek wawancara. Yang pada akhirnya subyek wawancara bicara sendiri tanpa ada arah yang jelas. Tentu ini akan membuat podcast yang dihasilkan menjadi sangat membosankan. Oleh karena itu satu hal yang perlu diingat adalah selalu menjaga kendali atas wawancara. Jangan biarkan tamu yang diwawancari berbicara semaunya sendiri.


6. Hindari pertanyaan yang mengarahkan

Keluarkan pendapat dari pertanyaan sebelum bertanya. Misalnya, jika bertanya "Apakah Anda senang dengan tur ini", maka akan mendapat jawaban ya, saya sangat senang atau tidak, saya tidak senang. 

Tamu atau subyek wawancara akan difokuskan pada jawaban yang singkat dan kurang menarik. Namun jika Anda bertanya "Bagaimana perasaan Anda selama tur?" maka akan mendapatkan jawaban yang jauh lebih baik.

Demikian informasi tentang podcast wawancara yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki tambahan informasi tentang podcast wawancara bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tentang podcast wawacara ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Tips wawancara untuk dijadikan konten podcast"