Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Menjalankan Bisnis Rumahan di Era Digital

Ada banyak jenis peluang bisnis yang memungkinkan untuk dikerjakan di rumah. Sebenarnya bisnis rumahan bukanlah konsep baru. Ada beberapa bisnis rumahan lamaseperti penitipan anak, pengetikan, katering, dan banyak lagi. Namun munculnya internet meningkatkan pilihan bisnis rumahan.

bisnis, bisnis rumahan, bisnis online, peluang bisnis,

Teman-teman dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis rumahan jika benar-benar memiliki keinginan untuk itu. Untuk melakukannya harus memiliki kemampuan untuk bekerja keras, dedikasi dan usaha yang akan memberikan hasil saat menjalankan bisnis rumahan.

Meskipun bekerja dengan model bisnis rumahan membutuhkan kerja keras, namun dalam hal ini juga dapat menikmati kebebasan dan kesenangan saat bekerja dari rumah. Teman-teman juga bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluarga.

Sebelum memulai bisnis rumahan, rencanakan dengan baik jenis bisnis rumahan apa yang cocok untuk dijalankan. Perlu diingat bahwa yang terlihat cocok untuk tetangga atau teman mungkin tidak cocok untuk teman-teman.

Memulai bisnis rumahan bukanlah tugas yang mudah. Perlu mempertimbangkan apakah ada risiko dalam bisnis itu. Selain itu perlu mempertimbangkan apakah bisnis tersebut membutuhkan investasi yang besar. Dan perlu mencari bantuan seorang mentor yang dapat membimbing dengan baik untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis rumahan.

Setelah memutuskan untuk memulai bisnis rumahan, teman-teman perlu mengaturnya dengan benar sehingga penundaan yang tidak perlu dapat dihindari. Beberapa hal penting penting berikut ini bisa membantu teman-teman saat memulai bisnis rumahan.

1. Memiliki kontak untuk dihubungi 

Dulu untuk memiliki bisnis membutuhkan telepon rumah yang bisa digunakan sebagai kontak jika ada pelanggan yang menghubungi. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini nomor telepon rumah bukan satu-satunya kontak untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Teman-teman bisa menggunakan nomor seluler, nomor whatsapp, sosial media atau bahkan website yang bisa digunakan pelanggan untuk menghubungi.

2. Gunakan kalender

Kalender ini berfungsi untuk banyak hal, bukan hanya untuk mengatur waktu mengelolah bisnis rumahn. Tapi juga bisa sebagai reminder misalnya adanya pesanan pada tanggal tertentu. Atau jika untuk memberikan tanda apakah di hari tertentu slot pesanan telah penuh.

Selain kalender fisik, teman-teman juga bisa menggunakan kalender online seperti yang ada di smartphone android.

3. Perangkat komputer, laptop, dan smartphone

Perangkat komputer atau laptop, koneksi internet kecepatan tinggi, dan software penunjang seperti microsoft office, adobe photoshop dan sebagainya ini penting. 

Komputer atau laptop tidak hanya bisa digunakan untuk mengolah dokumen saja. Namun kini bisa digunakan sebagai media untuk memasarkan bisnis baik secara online dan offline seperti pembuatan desain promosi.

Jika tidak ada komputer atau laptop, smartphone kini sangat menunjang aktifitas bisnis rumahan. Karena dengan smartphone bisa juga digunakan untuk berbagai aktifitas seperti office, desain bahkan mengelolah sosial media. 

4. Perlengkapan kantor (ATK)

Meski bisnis rumahan dan sifatnya skala kecil, tentu akan membutuhkan segala perlengkapan ATK (alat tulis kantor). Ini berfungsi untuk membuat arsip dokumen, surat menyurat, pembuat nota dan sebagainya.

5. Aplikasi pesan instan dan sosial media

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kini untuk menjalankan bisnis rumahan cukup mudah karena banyak alat yang bisa menunjang bisnis rumahan.

Saat ini untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan tidak perlu repot, karena telah hadir aplikasi smartphone untuk melakukan pesan instan (chatting) dengan pelanggan. Bahkan beberapa aplikasi juga menyediakan fitur untuk mendukung aktifitas bisnis.

Selain aplikasi, social media juga menyediakan fitur pesan instan yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Yang perlu dilakukan adalah dengan menguasi aplikasi atau platform sosial media ini untuk menunjang aktifitas bisnis rumahan yang dijalankan.

6. Ruang kerja

Meski bisnis rumahan, tentu membutuhkan ruang untuk bekerja. Dimana ruangan ini memang di dedikasikan untuk bekerja dari rumah sehingga barang yang ada didalamnya tidak tercampur dengan peralatan rumah lainnya.

Ruang kerja juga bisa membuat bisnis rumahan menjadi lebih fokus karena dapat bekerja dari rumah dengan tenang dan nyaman.

Demikian informasi tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis rumahan. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan tentang bisnis rumahan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang bisnis rumahan ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "6 Tips Menjalankan Bisnis Rumahan di Era Digital"