Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Penggunaan podcast di berbagai bidang pekerjaan

Podcast adalah media yang sangat populer beberapa tahun terakhir. Orang-orang menemukan banyak cara untuk menggunakan podcast ini, banyak di antaranya akan membuat berpikir tentang bagaimana seseorang atau bisnis dapat mulai menggunakan podcast untuk mendapatkan keuntungan dan promosi. 

podcast, broadcast, kegunaan podcast, manfaat podcast

Artikel ini membahas beberapa metode yang digunakan oleh entitas politik, pendidikan, dan perusahaan yang mencoba media podcast.


Media berita

Podcasting adalah cara bagi perusahaan media berita untuk mendistribusikan audio atau video yang melengkapi teks berita yang ada dengan biaya tambahan minimum. Misalnya, Wikinews mulai mem-podcast News Briefs-nya sejak tahun 2005. 

Perusahaan media juga menggunakan podcast sebagai cara untuk mendistribusikan berita multimedia mereka kepada jurnalis dan konsumen. Perusahaan sekarang dapat memanfaatkan media yang sama ini dengan cara yang sama seperti yang dilakukan perusahaan berita, dengan mempublikasikan produk atau layanan di situs web perusahaan sebagai unduhan tambahan. 

Media koran menggunakan podcast untuk menyiarkan konten audio dari wawancara cetak dan mengarahkan pendengar untuk mengunjungi website mereka. 

Misalnya San Franciso Chronicle sebagai surat kabar harian besar pertama yang memulai podcasting menggunakan website eksternal pada 2005. South China Morning Post Hong Kong adalah yang pertama menggunakan websitenya sendiri dan yang pertama di Asia, diluncurkan pada bulan April tahun 2005.


Media pendidikan

Sekolah sekarang menggunakan podcast sebagai alat pendidikan. Beberapa sekolah sedang mencoba pembelajaran menggunakan podcast untuk membantu mengajar bahasa asing melalui = audio dan pekerjaan rumah. 

Pada tahun 2005, kursus studi komunikasi di University of Western Australia menggunakan podcast yang dibuat siswa sebagai kriteria penilaian utama. 

Profesor juga menggunakan podcast sebagai bagian dari pekerjaan akademis mereka. Society of Critical Care Medicine memiliki podcast yang digunakan untuk memperbarui ringkasan artikel penting, serta wawancara.


Media politik

Baik partai politik maupun kandidat mereka di Amerika Serikat sedang mencoba menggunakan podcast sebagai cara untuk menginformasikan kepada orang-orang tentang perspektif mereka terhadap suatu topik penting. 

Podcast tersedia untuk diunduh dari situs web mereka dan menjadi cara bagi kandidat untuk menyampaikan kampanye dengan kata-kata mereka sendiri, pendapat mereka serta menjelaskan lebih detail tentang program mereka.


Agama

Podcast juga digunakan beberapa orang untuk menyampaikan hal yang berhubungan dengan agama. Akhir-akhir ini podcast telah digunakan oleh banyak kelompok agama sebagai cara lain untuk menyebarkan pesan mereka. 


Media kesenian

Tur audio tidak resmi museum tersedia untuk diunduh oleh penggemar seni dan pecinta museum. Tur audio budaya atau sejarah resmi kota juga merupakan cara baru yang digunakan beberapa kota untuk mencoba dan memikat pengunjung. Audio ini dapat ditemukan di halaman web resmi kota dan juga di sebagian besar mesin pencari.


Media hiburan

Produser, penulis, dan sutradara untuk acara TV populer telah menggunakan podcasting sebagai cara untuk membuat lebih banyak konten yang diharapkan akan membantu mendorong penayangan program mereka. 

Sebagai contoh, penulis dan produser eksekutif Battlestar Galactica Ronald Moore membuat podcast komentar untuk setiap episode baru Battlestar Galactica. Acara televisi lain kemudian mengikuti, seperti Family Guy (FOX).


Media penyiaran olahraga

Pada tahun 2005, podcast tidak resmi untuk tim olahraga besar diluncurkan, memberikan komentar sesuai permintaan penggemar baik di dalam maupun di luar area siaran langsung tim tersebut. 

Pelopornya termasuk Cubscast, yaitu podcaster untuk tim bisbol Chicago Cubs. Para pendiri Cubscast juga membentuk jaringan podcast olahraga khusus kota pertama, yang menyelenggarakan satu podcast untuk setiap tim olahraga utama Chicago.


Medis bisnis

Podcast adalah alat yang efektif untuk mengatur konferensi dan pemberitahuan rapat, karena podcast dapat dikemas untuk mengingatkan peserta tentang agenda rapat. 

Podcast juga merupakan alat yang efektif yang dapat digunakan CEO untuk berkomunikasi dengan karyawan mereka atau untuk berbagi berita tentang perusahaan.


Perpustakaan digital

Perpustakaan umum dapat mem-podcast publikasi lokal tanpa Hak Cipta, menawarkan alternatif kata yang diucapkan kepada tunanetra. Tidak hanya lebih banyak orang yang dapat mengakses podcast ini, tetapi nilai pendidikan yang menawarkan perpustakaan multimedia baru yang akan lebih mudah digunakan.


Media penegakan hukum

Departemen Kepolisian Chicago memiliki podcast video gratis dari majalah berita mingguan berdurasi setengah jam yang disebut "CrimeWatch," yang mengudara di TV lokal.

Demikian informasi tentang penggunaan podcast di berbagai bidang yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Semoga artikel tentang penggunaan podcast ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 10 Penggunaan podcast di berbagai bidang pekerjaan"