Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor penting dalam membuat desain website

Website adalah salah satu media online yang paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan, hingga sosial. Oleh karena itu desain website harus benar-benar menjadi fokus khusus agar website yang dihasilkan lebih optimal.

web design, desain website, blog, hosting, domain,

Ketika berkunjung ke suatu website, perhatian ekstra harus diberikan pada setiap detail untuk memastikannya bekerja secara optimal untuk memenuhi tujuannya. Berikut tujuh aturan penting yang harus diperhatikan untuk memastikan website bekerja dengan baik.

Jangan gunakan halaman pembuka

Halaman pembuka adalah halaman pertama yang dilihat ketika mengunjungi website. Halaman pembuka ini biasanya memiliki gambar yang sangat indah dengan kata-kata seperti "selamat datang" atau "klik di sini untuk masuk". 

Faktanya, halaman pembuka ini hanya hiasan saja tanpa tujuan nyata. Jangan biarkan pengunjung memiliki alasan untuk menutup halaman website tersebut. Lebih baik membiarkan pengunjung langsung menuju apa yang mereka cari di website tersebut.

Jangan gunakan iklan spanduk yang berlebihan

Bahkan orang yang paling tidak paham internet telah melatih diri mereka sendiri untuk mengabaikan iklan spanduk. 

Dengan alasan memberikan konten yang lebih bernilai dan membuat tautan afiliasi yang relevan ke dalam konten. Padahal pengunjung tidak menyukai iklan spanduk yang terlalu banyak ini, yang jelas mereka akan menutup website jika terlalu banyak iklan yang tayang.

Memiliki navigasi yang sederhana dan jelas

Pemilik website harus menyediakan menu navigasi yang sederhana dan sangat mudah sehingga bahkan anak kecil pun akan tahu cara menggunakannya. 

Jauhi menu berbasis Flash yang rumit atau menu dropdown bertingkat. Jika pengunjung tidak tahu cara menavigasi, mereka akan meninggalkan website.

Miliki indikasi yang jelas tentang lokasi pengguna

Ketika pengunjung sangat asyik menjelajahi situs, pemilik website pasti ingin memastikan mereka tahu di bagian mana mereka berada di situs itu saat itu. Dengan begitu, mereka dapat menelusuri informasi yang relevan atau menavigasi ke bagian mana pun di situs dengan mudah.

Hindari menggunakan audio 

Jika pengunjung akan tinggal lama di website untuk membaca konten, maka pastikan bahwa mereka tidak terganggu oleh beberapa audio looping di website. Jika pemilik website bersikeras menambahkan audio, pastikan pengunjung memiliki kendali untuk kontrol volume atau menghentikan audio tersebut.

Demikian informasi tentang desain website yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan yang lebih lengkap bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang desain website ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Faktor penting dalam membuat desain website "