Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian polusi cahaya dan dampaknya pada lingkungan

Polusi udara memang jarang diketahui bahkan sangat jarang dikampanyekan seperti menghentikan polusi udara, suara, dan sebagainya. Namun teman-teman juga perlu mengetahui jenis polusi cahaya yang satu ini. Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi informasi sekilas tentang polusi cahaya dan bagaimana dampaknya pada lingkungan sekitar termasuk pada satwa.

cahaya, polusi cahaya, light pollution

Polusi adalah masalah yang terjadi diseluruh negara di dunia, ini termasuk juga polusi cahaya. Kondisi polusi cahaya saat ini terus berkembang dan bisa memberikan pengaruh pada lingkungan.

Singkat kata, bahwa polusi cahaya ini termasuk dampak negatif dari lampu luar ruangan yang digunakan secara berlebihan. Polusi cahaya sendiri memiliki beberapa kategori dan setiap kategori ini memberikan efek negatif yang berbeda-beda juga.

Sky Glow

Sky Glow seperti arti namanya yaitu memantul, yang artinya lampu bisa mengakibatkan efek cahaya yang memantul ke langit saat malam hari. Ini biasa terjadi di wilayah perkotaan.

Glare

Sedangkan glare, merupakan pantulan cahaya ke mata seseorang ketika berkendara di jalanan.

Light Trespass

Light Trespass ini merupakan cahaya yang berasal dari lampu yang tidak diperlukan untuk tingkat rumah tangga.


Dampak polusi cahaya

Baik secara langsung atau tidak langsung, polusi cahaya ini memiliki dampak yang cukup banyak terhadap lingkungan. 

Secara tidak langsung, polusi cahaya ini dapat mencemari udara, ini disebabkan oleh terjadinya peningkatan produksi atau kinerja generator pembankit listrik yang menggunakan bahan bakar dari minyak bumi atau batu bara.

Perlu diketahui bahwa bahan bakar yang berasal dari minyak bumi, atau batu bara bisa mengakibatkan peningkatan emisi gas rumah kaca. Ini bisa berpengaruh besar pada pemanasa global.  Dari sini bisa diketahui bahwa secara tidak langsung polusi cahaya juga berdampak pada kerusakan lingkungan.

Jika berbicara tentang ekosistem, tentunya berbicara juga tentang satwa termasuk satwa nokturnal (aktif di malam hari). Satwa nokturnal ini hidup di tempat yang gelap atau memiliki cahaya yang sedikit.  Dalam kondisi saat ini, adanya cahaya yang berlebihan bisa mengancam kehidupan satwa nokturnal tersebut. Secara tidak langsung juga akan berdampak mempersempit ruang hidup satwa nokturnal ini.

Demikian informasi tentang polusi cahaya yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Pengertian polusi cahaya dan dampaknya pada lingkungan"