Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menyimpan Gula Pasir Agar Tidak Menggumpal dan Meleleh

Cara menyimpan gula pasir berikut ini bisa menjadi solusi bagi yang solusi agar gula yang disimpan tidak mengalami kerusakan, menjadi lengket atau bahkan menggumpal sehingga tidak bisa digunakan lagi. 

gula pasir, cara menyimpan gula pasir,

Perlu diketahui bahwa gula pasir adalah bahan pemanis yang selalu tersedia di dapur masing-masing rumah. Manfaat gula pasir tentu saja untuk membuat makanan atau minuman menjadi terasa manis dan lezat. Oleh karena itu, gula pasir wajib tersedia di dapur dan bahkan banyak juga orang yang menyediakan stok gula pasir yang banyak di dapur. 

Ketika stok gula pasir ini banyak, biasanya tidak semuanya terpakai dalam waktu dekat. Hal ini mengakibatkan gula pasir akan menggumpal hingga meleleh ketika penyimpanannya kurang tepat. Oleh karena itu, tips berikut ini sengaja ditulis agar bisa menyimpan gula pasir dalam jangka waktu yang lama  dan tidak khawatir meleleh atau menggumpal.


Wadah kering dan kedap udara

Perlu diketahui bahwa yang membuat gula menggumpal atau juga meleleh salah satunya karena bereaksi dengan udara atau juga wadah penyimpanannya tidak kering. Udara biasanya mengandung air, ketika kadar air di udara ini tinggi maka bisa menyebabkan gula menggumpala atau juga meleleh.

Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan gula dalam wadah yang kedap udara dan juga kering. Ini bertujuan agar gula yang disimpan terhindar dari air baik yang ada di udara atau wadah penyimpanannya.

Wadah yang aman dari udara dan juga bersifat kering yaitu terbuat dari kaca atau keramik. Selain itu wadah yang terbuat dari plastik seperti tupperware dan sejenisnya, bisa menjadi solusi untuk penyimpanan gula pasir. 


Letakan ditempat yang sejuk

Setelah gula telah dimasukan wadah yang kedap udara dan kering. Letakan gula dalam wadah ini di tempat sejuk dan tidak panas. Tempat yang tidak panas bisa menjadi lokasi penyimpanan gula yang baik, agar gula tidak menggumpal atau meleleh. 

Ini karena panas juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gula pasir menggumpal atau meleleh. Oleh karena itu hindari menaruh gula di tempat yang terpapar sinar matahari, didekat kompor, atau tempat-tempat lain yang memiliki potensi panas.


Jauhkan dari ruang yang lembab

Seperti yang dijelaskan sebelumya bahwa udara lembab bisa menjadi faktor yang membuat gula pasir menjadi menggumpal dan juga meleleh. Tidak hanya wadah penyimpanannya saja yang harus kering dan tidak lembab, lokasi penyimpanannya juga tidak boleh lembab. 

Kadang ada ruangan atau titik yang udaranya lembab, karena kadar air dalam udara tersebut tinggi yang mengakibatkan gula pasir mengikat kadar air tersebut. Kadar air dari udara nantinya akan membuat gula pasir menjadi menggumpal dan meleleh.

Tempat-tempat yang lembab yang harus dihindari dalam menyimpan gula pasir seperti lemari es, di area penyimpanan bumbu dapur seperti bawang yang memiliki kandungan air, di dekat area mencucui piring, dan lainnya.


Gunakan bahan alami

Perlu diketahui bahwa ada beberapa tanaman yang bisa mempengaruhi agar gula tidak menggumpal atau meleleh. Seperti penggunaan cengkeh dan juga daun jeruk kering yang berfungsi sebagai pengawet gula pasir dan mengusir semut yang mendekat.


Sudah melakukan cara diatas, tapi gula masih menggumpal atau meleleh?

Cara diatas memang tidak 100% persen berhasil, namun ini juga bukan karena caranya yang tidak tepat. Tapi perlu dipastikan lagi kualitas gula pasir yang disimpan seperti apa.

ini karena kualitas gula pasir juga menentukan apakah gula pasir tersebut mudah menggumpal atau juga meleleh. Untuk mengetahui kualitas gula pasir ini bisa diketahui dari aspek warnanya, semakin bagus dan putih warnanya biasanya semakin kualitas. Namun juga semakin gelap dan kecoklatan, ini biasanya memiliki kualitas yang kurang.

Demikina informasi cara menyimpan gula pasir agar tidak menggumpal atau meleleh. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Cara Menyimpan Gula Pasir Agar Tidak Menggumpal dan Meleleh"