Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Kemangi Tak Hanya Untuk Lalapan

Kemangi adalah tanaman herbal tradisional yang telah dikenal diseluruh dunia. Daun kemangi memiliki kandungan gizi yang penting bagi kesehatan manusia. 

daun, daun kemangi, herbal

Bagi teman-teman yang selama ini hanya makan kemangi sebagai lalapan, lebih baik lebih ketika mengetahui kandungan apa saja yang tedapat dalam daun kemangi yang dimakan. Berikut adalah ulasan singkat tentang kandungan dan manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

Daun kemangi memiliki senyawa kimia yang membantu mencegah berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini yang membuat kemangi memegang peran penting sebagai tanaman herbal.

Kandungan flavonoid polifenolik seperti orientin dan vicenin terdapat dalam daun kemangi. Kandungan ini dianggap sebagai antioksidan untuk melawan berbagai penyakit.

Perlu diketahu bahwa daun kemangi memiliki kandungan penting yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri. Kandungan penting ini berupa minyak esensial sepert citronello, eugenol, dan sebagainya.

Selain itu, daun kemangi juga memiliki kandungan beta karoten dengan kadar yang cukup tinggi. Ini dianggap sangat membantu dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kandungan zeaxanthin pada daun kemangi dianggap mampu memberikan perlindungan terhadap kesehatan mata. Kandungan zeaxanthin ini bisa membantu menyaring sinar ultaviolet yang masuk ke dalam mata. Kandungan vitamin A dalam daun kemangi juga terkenal karena dapat menjaga kesehatan mata.

Vitamin K dalam daun kemangi juga memegang peranan penting dalam melakukan fungsinya ketika terjadi pendarahan. Vitamin K ini berfungsi untuk melakukan pembekuan darah serta memperkuat tulang.

Daun kemangi juga terkenal dengan kandungan mineral penting seperti kalium, mangan, magnesium. Kandungan kalium dalam kemangi membantu agar cairan tubuh tetap stabil. Selain itu kalium dalam daun kemangi juga membantu denyut jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

Kemangi juga kaya akan kandungan zat besi. Zat besi dalam daun kemangi ini sangat baik karena berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Demikian informasi tentang daun kemangi yang dapat dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang daun kemangi, bisa disampaikan dikolom komentar. Semoga artikel tentang daun kemangi ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Kemangi Tak Hanya Untuk Lalapan "