Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyimpan File Ke Google Drive Dengan Laptop / PC

Menyimpan file ke google drive merupakan fungsi utama dari layanan penyimpanan data online dari google ini. Dimana semua orang yang memiliki akun google bisa menyimpan semua file digital baik dokumen, gambar, musik, video, dan sebagainya ke google drive.

Berikut saya ulas cara mudah menyimpan file dari komputer atau laptop ke google drive. Jadi jika file sudah terimpan di google drive, maka bisa membukanya kapanpun dan dimanapun asalkan ada akses internet. 

Selain itu teman-teman bisa membuka file yang tersimpan di google drive menggunakan smartphone. Jadi jangan khawatir jika tidak membawa laptop, kemudian tidak bisa mengakses file. Karena google drive bisa diakses di banyak perangkat, tidak hanya laptop atau pc.


1. Masuk ke Akun Google 

google drive, upload ke google drive, google, menyimpan file google drive,

Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa mengakses layanan google drive adalah masuk dulu ke akun google masing-masing. Karena google drive adalah salah satu layanan dari google, dan semua layanan google bisa diakses dengan satu akun.


2. Masuk layanan Google drive

Tahap kedua yang perlu teman-teman lakukan adalah masuk ke layanan google drive. Di versi dekstop, teman-teman klik simbol kotak disamping avatar akun google. 

Setelah itu akan muncul berbagai layanan dari google, kemudian klik simbol google drive seperti yang ada pada gambar. 


3. Klik "New"

google drive, upload ke google drive, google, menyimpan file google drive,

Setelah dashboard Google drive terbuka, teman-teman pilih "NEW" seperti ada pada gambar. 

New berfungsi untuk membuka opsi membuat folder, file google office seperti doc, sheet, dan slide, serta mengunggah file dan juga folder dari laptop atau pc.


4. File Upload atau Folder Upload

google drive, upload ke google drive, google, menyimpan file google drive,

Setelah opsi menu "new" terbuka, teman-teman bisa memilh "file upload" atau "folder upload".

File upload berfungsi untuk menyimpan satu file saja dari laptop atau komputer. Sedangkan folder upload berfungsi untuk menyimpan atau mengunggah banyak file di dalam satu folder di laptop atau komputer.

Dalam tutorial ini saya memilih untuk mengunakan file upload, agar proses pembuatan tutorial cepat selesai.


5. Pilih File Yang akan Disimpan

google drive, upload ke google drive, google, menyimpan file google drive,

Setelah kotak dialog terbuka, teman-teman tinggal memilih file yang akan disimpan ke google drive. 


6. Open

Jika file sudah ditentukan, maka klik file yang akan disimpan tersebut kemudian klik tombol open pada kotak dialog. Setelah itu teman-teman akan kembali ke dashboard google drive.


7. Tunggu proses upload selesai

google drive, upload ke google drive, google, menyimpan file google drive,

Teman-teman tunggu hingga proses upload file ke google drive selesai. Prosesnya bisa lama atau sebentar tergantung kapasitas file dan juga kecepatan koneksi internet yang teman-teman gunakan.


8. File sudah tersimpan

Jika proses mengunggah file ke google drive sudah selesai. Maka file akan masuk ke google drive dan siap untuk digunakan. Teman-teman bisa menggunakan file ini dengan membuka di smartphone atau juga membagikan ke orang lain.

Demikian informasi cara menyimpan atau memasukan file ke google drive yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau jika ada tambahan informasi terkait bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membcanya hingga tuntas. Selamat mencoba teman!

Posting Komentar untuk "Cara Menyimpan File Ke Google Drive Dengan Laptop / PC"