Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fungsi Google Doc, Tidak Hanya Mengolah Dokumen

Google doc adalah aplikasi office untuk mengelolah dokumen yang disediakan secara gratis oleh Google. Google doc hadir dalam dua versi yaitu untuk penggunaan di desktop dan juga versi mobile.

google doc, dokumen, google, microsoft word, pengolah kata, office,

Google doc memiliki fungsi utama untuk mengelolah dokumen seperti surat menyurat, untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, dan berbagai keperluan lainnya.

Untuk menggunakan google doc, tidak perlu install software seperti penggunaan software office yang selainnya. Namun untuk menggunakan google doc harus memiliki akses internet, karena google doc ini software berbasis online. 

Bagi teman-teman yang menggunakan microsoft office bajakan, google doc ini bisa menjadi solusi jika microsoft office yang digunakan terdeteksi bajakan dan tidak bisa digunakan. 

Dalam mengelolah dokumen, google doc menghadirkan berbagai fungsi yang bisa digunakan dengan mudah oleh semua orang. Berikut beberpa fungsi google doc yang telah saya ulas untuk teman-teman pembaca. 

Membuat dokumen


Tentu saja fungsi utama google doc adalah membuat dokumen baik itu surat menyurat, mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, membuat curiculum vitae (resume), dan berbagai dokumen yang selainnya.

Google doc memiliki berbagai kemudahan dalam membuat dokumen, salah satunya dokumen bisa disimpan dalam berbagai format yang bisa dibuka di plaform software office yang selainnya. 
Membuka, mengedit dan menyimpan file microsoft word

Jika teman-teman menggunakan microsoft word dalam bekerja, teman-teman bisa menyimpan hasil pekerjaan di google drive. 

Dengan demikian, teman-teman bisa mengakses file hasil kerja dimanapun meski tidak membawa laptop. Teman-teman bisa mengedit file microsoft word hasil kerja dengan smartphone. Ini karena file microsoft word yang tersimpan di google drive akan otomatis dapat akses dengan google doc dan bisa diedit di google doc.

Setelah itu teman-teman bisa menyimpannya kembali dan mengakses hasilnya melalui laptop. 

Mebuka, mengedit, dan menyimpan file pdf


Banyak orang yang menganggap bahwa file pdf adalah dokumen permanen yang tidak bisa di edit atau diubah isinya. Namun dengan google doc, teman-teman bisa membuka file pdf, kemudian mengubah isinya lalu menyimpan kembali dalam bentuk file pdf.

Google doc banyak digunakan orang untuk melakukan convert (mengubah) file pdf menjadi microsoft word (.docx). Dengan google doc, teman-teman tidak perlu software tambahan untuk melakukan convert dari pdf ke microsoft word.

Mengetik menggunakan suara


Untuk mempermudah melakukan aktifitas yang berhubungan dengan mengetik, google doc juga menghadirkan fitur untuk menulis dengan suara. Jadi teman-teman tinggal ngomong saja di microfon laptop atau smartphone, nanti otomatis yang teman-teman ucapkan akan tertulis dalam bentuk teks di google doc.

Menulis dengan suara bukan berarti malas mengetik, namun ini cukup efektif karena kemampuan berbicara bisa lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan mengetik. Dengan menulis atau mengetik dengan suara ini juga mengurangi kesalahan tulis (typo).

Publikasi ke website / blog


Bagi yang ingin mempublikasikan tulisannya di blog atau website, google doc memiliki solusi yang tepat yaitu tulisan di google doc bisa ditempel (embed) di website atau blog.

Jadi ketika orang berkunjung ke website atau blog, mereka bisa membaca tulisan yang ada di google doc. 

Langsung kirim email


Bagi yang mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan kantor tidak perlu ribet lagi untuk menunggah dokumen ke email dan mengirimnya. Karena dengan google doc, hasil kerja bisa langsung dikirim ke email yang dituju. Ini bisa mempersingkat waktu pengiriman. 

Cek Grammar & spelling


Bagi yang bahasa Inggrisnya pas-pasan, google doc ini bisa menjadi solusi untuk memeriksa ejaan dan juga tata bahasa Inggris. Google doc menyediakan fitur untuk memeriksa teks yang berbahasa Inggris, jika salah maka google doc juga akan memberikan rekomendasi kata atau kalimat yang benar untuk digunakan.

Demikian informasi tentang google doc yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan atau jika ada yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang google doc yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " 6 Fungsi Google Doc, Tidak Hanya Mengolah Dokumen"