Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fungsi Google Drive Mulai Menyimpan Data Hingga Jualan

Fungsi google drive yang paling penting adalah untuk menyimpan data digital. Namun tidak hanya itu, google drive juga memiliki berbagai fungsi lain yang bisa memudahkan berbagai aktifitas. 

google drive, fungsi google drive, google, cloud storage, file hosting,

Perlu diketahui bahwa google drive merupakan layanan penyimpanan data online yang dikembangkan oleh google dan secara resmi diluncurkan pada tahun 2012.

Google drive bisa digunakan secara gratis oleh seluruh pengguna google. Untuk versi gratis google drive hanya menyediakan kapasitas penyimpanan 15 gigabyte saja. Jika membutuhkan layanan penyimpanan lebih dari itu, maka bisa melakukan upgrade kapasitas dengan cara membayar untuk berlangganan google drive.

Google drive merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh perusahaan induknya yaitu Google. Sehingga untuk mengakses layanan google drive harus memiliki akun google terlebih dahulu. Jadi pada prinsipnya satu akun google bisa digunakan untuk mengakses semua layanan yang dimiliki oleh google.

Menyimpan data digital


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa google drive awalnya memang berfungsi untuk penyimpanan data atau file secara online.

Data apa saja yang bisa disimpan dengan mengggunakan google drive? Pada prinsipnya semua data digital bisa disimpan dengan google drive mulai dari dokumen, file musik, video, foto, software, dan sebagainya.

Untuk menyimpan data digital ke google drive, tinggal masuk ke akun google kemudian membuka layanan google drive. Lalu unggah atau upload file yang akan disimpan dalam google drive.

Untuk mengunggah data ke google drive bisa dilakukan dengan menggunakan semua perngkat mulai laptop atau pc hingga menggunakan smartphone.

Membagikan data


Selain menyimpan data digital secara online, google drive juga bisa digunakan untuk membagikan data ke orang lain.

Jadi file atau data yang disimpan dalam google drive ini bisa dibagikan ke orang lain dengan membagikan link filenya. Link ini bisa didapatkan dari google drive, karena masing-masing file atau folder memiliki link yang bisa dibagikan ke orang lain.

Orang lain yang mendapatkan link file yang dibagikan, akan bisa mengakses file google drive tersebut. Orang tersebut bisa melihat, mengunduh, atau mengedit file yang dibagikan secara online.

Google drive memungkinkan seseorang untuk membagikan link ke semua orang, sehingga semua orang bisa mengaksesnya. Selain itu bisa juga hanya terbatas orang tertentu saja yang bisa mengakses file yang dibagikan, yaitu hanya orang-orang yang emailnya diundang untuk mengakses file yang dibagikan.

Mempermudah pekerjaan tim


Layanan Google drive ini banyak membantu dalam pekerjaan, terutama saat bekerja dengan tim.

Misalnya satu file berbasis office (excel, word, powerpoint) yang diunggah ke google drive bisa diakses dan diedit oleh semua anggota tim. Jadi jika salah satu anggota tim telah mengedit (update) file tersebut, maka file akan otomatis tersimpan, bisa diakses, dan dapat digunakan oleh anggota tim yang lain. Jadi tanpa perlu repot untuk mengirim melalui email jika pekerjaan telah selesai.

Back up whatsapp


Perlu diketahui bahwa whatsapp menyediakan fitur back up, dimana fitur back up ini berfungsi untuk mengunduh semua data yang ada dalam aplikasi whatsapp. Kemudian jika sewaktu-waktu whatsapp mengalami masalah dan harus di install ulang, atau ganti perangkat (device) maka semua history atau data whatsapp bisa digunakan lagi termasuk chat, foto, dokumen, dan sebagainya yang ada di whatsapp.

Ternyata fitur back up whatsapp ini terhubung ke google drive, jadi data whatsapp yang diback up tidak tersimpan di smartphone tapi whatsapp akan otomatis mengunggahnya ke google drive. Jadi nanti jika sewaktu-waktu whatsapp ini bermasalah, maka file back up yang ada di google drive bisa digunakan.

File back up whatsapp yang tersimpan di google drive ini aman dan tidak bisa diakses orang lain, sekalipun orang lain tersebut memiliki filenya. Ini karena file back up whatsapp telah melalui proses enkripsi, dan hanya bisa diakses atau dibuka oleh pemilik file whatsapp tersebut.

Nonton video dan musik


Di poin awal saya telah menjelaskan bahwa google drive bisa digunakan untuk menyimpan file video dan juga musik. Jadi file video dan musik ini bisa teman-teman putar online (streaming) serta offilne, untuk disaksikan melalui laptop atau pc dan juga smartphone.

Jadi jika memiliki koleksi film atau lagu yang menarik, google drive bisa menjadi tempat tempat penyimpanan yang praktis. Bayangkan jika menyimpan file musik atau video dalam memory smartphone, maka kapasitas smartphone tersebut akan cepat penuh. Jadi dengan google drive ini bisa lebih menghemat kapasitas penyimpan di gadget smartphone yang teman-teman miliki.

Sinkron file laptop / pc


Jika teman-teman bekerja menggunakan laptop atau komputer, google drive bisa menjadi solusi untuk mempermudah pekerjaan juga. Jadi teman-teman bisa menyimpan semua hasil kerja dengan menggunakan google drive.

Ini sangat berguna jika sewaktu-waktu tidak membawa laptop dan membutuhkan data pekerjaan saat itu juga, teman-teman masih bisa mengakses file hasil kerjanya melalui google drive melalui perangkat lain seperti smartphone.

Teman-teman tidak perlu repot untuk mengunggah file ke google drive. Jadi tinggal download aplikasi google drive untuk desktop, dan install di laptop atau pc masing-masing. Nanti di laptop atau pc ada folder khusus google drive.

Teman-teman tinggal menyimpan file hasil kerja di folder tersebut, maka nanti akan otomatis menyimpan dan sinkron dengan google drive jika laptop memiliki koneksi internet.

Edit dokumen


File office sepeti excel, word, dan powerpoint bisa di edit secara online dengan google drive kemudian juga akan tersimpan secara otomatis di google drive. Ini karena google drive terintegrasi dengan aplikasi google office seperti docs, sheet, dan slides.

Ketiga aplikasi office dari google ini memungkinkan teman-teman untuk mebuat atau melakukan editing dokumen dari microsoft office yang tersimpan di google drive.

Media untuk jualan produk digital


Perlu diketahui bahwa banyak pembuat konten digital yang bersifat premium (berbayar) menggunakan google drive untuk menyimpan konten premium mereka. Untuk bisa mengakses konten premium ini, seseorang harus membayarkan sejumlah uang.

Konten premium ini misalnya berupa video tutorial, materi-materi pelatihan, dan sebagainya yang bersifat premium atau berbayar.

Karena sifatnya berupa data digital, maka google drive bisa menjadi sarana untuk menyimpan dan membagikan konten premium tersebut kepada pelanggan yang telah membayar.

Integerasi G Suite Marketplace


Google drive terintegrasi dengan Google Suite (G Suite) Marketplace. G Suite Marketplace adalah platfrom atau layanan dari google yang berisi berbagai aplikasi baik gratis atau berbayar yang bisa digunakan oleh semua pengguna google. Beda dengan Google playstore, G Suite Marketplace ini untuk aplikasi berbasis website.

Ada banyak aplikasi G Suite misalnya aplikasi desain grafis, edit video, edit musik, dan masih banyak lagi. Teman-teman tinggal memasang aplikasi ini ke google drive, sehingga saat membuka dan menggunakan aplikasi tersebut maka hasilnya akan otomatis tersimpan dalam google drive . Sehingga hasil penggunaan aplikasi tersebut bisa teman-teman unduh untuk digunakan di perangkat lain secara offline.

Demikian berbagai fungsi google drive yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau ada tambahan informasi tentang google drive bisa disampaikan dikolom kometar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "9 Fungsi Google Drive Mulai Menyimpan Data Hingga Jualan"