Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan efek samping buah pinang bagi kesehatan

Manfaat buah pinang untuk kesehatan dikenal sejak dulu, namun disamping manfaatnya itu ternyata buah pinang juga memiliki efek samping bagi kesehatan. 

buah pinang, pinang, manfaat buah pinang, khasiat buah pinang

Perlu diketahui bahwa akar dan daun pinang memiliki kegunaan terapeutik yang sangat baik. Buah pinang juga menawarkan sejumlah manfaat termasuk untuk terapi. Buah pinang jangan dikonsumsi saat masih muda, termasuk digunakan dengan kapur dan sirih. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah pinang untuk lebih lengkapnya.

Efek anti kerusakan gigi


Penelitian in vitro menunjukkan bahwa ekstrak buah pinang menunjukkan aktivitas antimikroba yang bermanfaat mengurangi bakteri pada mulut yang berbahaya. Oleh karena itu, dinyatakan bahwa konsumsi buah pinang dapat melindungi gigi dari gigi berlubang. 

Mengunyah buah pinang dapat mencegah plak gigi. Pinang yang dicampur kapur sirih mungkin memiliki efek antibakteri. Ini juga sering digunakan dalam bahan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang, menurut InteliHealth. 

Menggunakan pinang dengan sirih untuk dikunyah sudah menjadi kebiasaan umum. Kebiasaan ini dianggap dapat mencegah kerusakan gigi. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa konsumsi pinang dalam kapur sirih secara teratur menyebabkan peradangan yang mengarah ke kanker.

Atasi mulut kering


Seseorang yang mengunyah pinang cenderung menghasilkan air liur dalam jumlah besar, menurut InteliHealth. Ini dapat membantu seseorang dengan mulut kering yang disebabkan oleh masalah kesehatan seperti diabetes. Namun, InteliHealth juga menjelaskan bahwa lebih baik konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih aman untuk mengurangi gejala ini.

Membantu menaklukkan cacing usus


Mengkonsumsi buah pinang membantu dalam mengatasi cacing perut seperti cacing pita dan cacing gelang. Ini akan membantu untuk menghindari masalah dengan cacing perut. Buah pinang adalah salah satu solusi terbaik yang dapat membantu mengusir cacing perut.

 Mengontrol diabetes


Arecoline adalah salah satu bio-kimia yang ditemukan dalam buah pinang. Ini adalah bio-kimia tertentu yang telah dianalisis memiliki kontrol yang cukup besar terhadap diabetes. Pengujian pada hewan laboratorium menunjukkan pengendalian gula darah dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Efek samping dari pinang


Selain beberapa manfaat yang bisa diambil dari buah pinang, ternyata buah pinang ini juga memiliki efek samping tertentu. Bahkan organisasi kesehatan dunia juga telah memperingatkan akan efek samping buah pinang ini.

Kanker mulut


WHO (world health organization) menganggap buah pinang yang dikonsumsi dengan kapur sirih sebagai karsinogenik. Sejumlah penelitian telah dilakukan yang membuktikan adanya korelasi yang kuat antara konsumsi kapur sirih dan kanker mulut.

Menghasilkan noda pada gigi


Jika seseorang menggunakan kapur sirih untuk pencuci mulut, gigi akan ternoda. Seseorang yang mengunyah buah pinang secara teratur cenderung menunjukkan gigi merah. Jadi, jika tidak berhenti mengunyah buah pinang, gigi putih mungkin akan bernoda coklat hingga kehitaman.

Gigi sensitif


Seseorang yang tertarik dengan pinang juga mengalami peningkatan sensitivitas gigi. Karena itu, mereka tidak bisa makan makanan pedas dan asam pada saat yang sama. Makan makanan panas dan dingin akan sulit dilakukan jika gigi mengalami peningkatan sensitifitas. 

Salivasi


Mengunyah buah pinang akan meningkatan produksi air liur. Banyaknya air liur yang dihasilkan selama proses mengunyah buah pinang dianggap meningkatkan pencernaan, tetapi juga akan sering meludah. Tidak mengherankan, pengunyah kapur sirih sering terlihat meludah di jalanan. Cairan merah yang dihasilkan dari kapur sirih bisa membuat seseorang yang melihatnya tidak nyaman.

Demikian informasi tentang manfaat dan efek samping buah pinang yang sering dikonsumsi dalam kapur sirih. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan, bisa disampaikan dalam kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang telah membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat dan efek samping buah pinang bagi kesehatan"