Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat buah pepaya mulai pencernaan hingga jerawat

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan termasuk mengatasi masalah pencernaan, anti-kanker, kulit sehat, jantung sehat, perawatan jerawat, mata, dan sembelit.

pepaya, buah pepaya, khasiat pepaya, manfaat pepaya

Kandungan nutrisi yang luar biasa dari buah pepaya, memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Mari kita lihat lebih dekat manfaat kesehatan dari pepaya di bawah ini.

Membantu pencernaan


Pepaya umumnya ditujukan untuk mengatasi masalah pencernaan. Kehadiran papain, enzim super pencernaan, yang dapat meningkatkan pencernaan dengan memecah protein dan juga membersihkan saluran pencernaan. 

Ini memastikan pengurangan konversi protein menjadi lemak tubuh. Jika protein dalam makanan tidak dicerna dengan baik, mereka dapat menyebabkan radang sendi, sembelit, diabetes, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan lainnya.

Pepaya juga baik untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan secara alami. Makan pepaya sebagai camilan sore atau pagi cara yang baik untuk menurunkan berat badan.

Anti kanker


Para peneliti telah menemukan bahwa pepaya efektif melawan kanker payudara, pankreas dan lainnya. Ekstrak daun pepaya yang diperoleh dari daun kering menghasilkan efek anti-karsinogenik pada sel tumor yang ditanam di laboratorium. 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Nam Dang, seorang peneliti di University of Florida, dan rekan-rekannya di Jepang, menunjukan bahwa efeknya lebih kuat ketika sel menerima dosis yang lebih besar dari teh daun pepaya. 

Para ilmuwan memaparkan berbagai jenis sel kanker pada berbagai ekstrak daun pepaya. Mereka menemukan bahwa pertumbuhan tumor melambat. Buah ini telah mendapatkan kredibilitas dan telah digunakan dalam banyak obat untuk sifat anti kankernya.

Perawatan kulit


Pepaya bisa menjadi agen perawatan kulit yang hebat, itulah sebabnya mengapa banyak digunakan dalam kosmetik. Selain itu, pepaya digunakan dalam masker buatan sendiri oleh banyak wanita. Enzim papain dapat membersihkan sel-sel mati dan membersihkan kulit. 

Kesehatan jantung


Buah pepaya baik untuk kesehatan jantung. Dalam biji pepaya mengandung tiga vitamin antioksidan kuat yaitu vitamin A, C, dan E yang berarti bahwa pepaya sangat membantu dalam mencegah masalah seperti aterosklerosis dan diabetes. 

Kehadiran fitonutrien pro-karotenoid membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh. Ketika oksidasi kolesterol terjadi, ia menempel pada dinding pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Vitamin E dan Vitamin C yang diperoleh dari pepaya akan membantu mencegah kolesterol menempel di dinding, sehingga menjaga kesehatan jantung. Sebagai sumber serat yang baik, pepaya juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Perawatan jerawat


Getah yang diperoleh dari pepaya digunakan untuk merawat area kulit yang terkena jerawat. Bagian berdaging kulit pepaya dapat digunakan sebagai masker untuk menyembuhkan jerawat. Makan buah pepaya akan membantu menyembuhkan penyakit secara internal, membuat kulit bersih.

Kesehatan mata


Degenerasi makula adalah penyakit mata yang disebabkan faktor usia. Dalam kondisi ini, sel-sel mata menurun, menghasilkan penglihatan kabur dan juga dapat menyebabkan kebutaan. 

Ini adalah penyakit yang berkaitan dengan usia dan makan buah pepaya dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula. 

Antioksidan yang disebut beta-karoten memberi pepaya warna oranye. Sama seperti wortel yang dapat membantu meningkatkan penglihatan karena kehadiran beta karoten, yang juga dikenal efektif dalam mengurangi efek degenerasi makula. 

Mengatasi sembelit


Konsumsi buah pepaya yang telah matang baik dimakan langsung atau dijadikan sebagai jus juga membantu pencernaan. Serat yang diperoleh dari buah pepaya dapat membantu meningkatkan pergerakan usus. Gerakan usus yang membaik membantu mengurangi keluarnya tinja, sehingga mengurangi efek sembelit.

Demikian informasi tentang buah pepaya yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang buah pepaya, bisa disampaikan juga dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang buah pepaya ini bisa bermanfaat bagi yang telah membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "7 Manfaat buah pepaya mulai pencernaan hingga jerawat"