Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat buah pir mulai anti-kanker hingga kulit sehat

Manfaat buah pir untuk kesehatan termasuk peningkatan pencernaan, penurunan berat badan, sumber anti-oksidan, pencegahan kanker, peningkatan imunitas, peningkatan kesehatan jantung, percepatan penyembuhan, peningkatan sirkulasi darah, pencegahan cacat lahir, pengurangan peradangan, kemudian juga perawatan kulit dan rambut.

buah pir, manfaat buah pir, khasiat buah pir, gizi buah pir, nutrisi buah pir

Kandungan gizi buah pir


Buah pir telah dihargai karena manfaatnya selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan modern sekarang mengatakan bahwa mineral, vitamin, dan senyawa organik dalam buah pir adalah alasan bagi potensi mereka yang sangat besar untuk kesehatan. 

Beberapa komponen aktif dan efektif ini adalah kalium, vitamin C, vitamin K, senyawa fenolik, folat, serat makanan, tembaga, mangan, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Selain sebagai tambahan makanan yang lezat, buah pir juga kaya nutrisi, yang memberikan manfaat kesehatan.

Tingkatkan pencernaan


Dalam satu porsi pir menyediakan 18% dari kebutuhan serat harian, yang bisa menjadi bagian penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebagian besar serat dalam pir adalah polisakarida tidak larut, yang berarti mereka bertindak sebagai agen penipisan dalam usus. Serat ini terakumulasi dalam makanan, sehingga makanan lebih mudah masuk melalui usus. 

Selain itu, serat dalam buah pir juga merangsang sekresi cairan lambung dan pencernaan. Ini juga mengatur pergerakan usus dan mengurangi risiko sembelit, serta diare dan buang air besar. Sifat lunak serat buah pir membantu mengikat karsinogen dan radikal bebas di usus besar dan melindungi organ dari efek merusaknya.

Menurunkan berat berlebihan


Satu keluhan yang dimiliki beberapa orang tentang berbagai buah adalah kandungan kalorinya, yang sebagian besar gula alami. Namun, buah pir adalah salah satu buah dengan kalori terendah. Buah Pir rata-rata mengandung lebih dari 100 kalori, atau 5% dari kebutuhan kalori harian untuk diet sehat. Namun, suplemen nutrisi yang diberikan sangat besar, dan seratnya membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, orang yang berusaha menurunkan berat badan sering beralih mengkonsumsi buah pir untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Aktivitas antioksidan


Seperti banyak buah lainnya, buah pir kaya akan antioksidan yang melawan berbagai penyakit dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang menumpuk di tubuh sel setelah metabolisme sel. 

Radikal bebas ini mengubah DNA sel sehat menjadi sel kanker dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi buruk lainnya. Karenanya, komponen antioksidan dari vitamin C, vitamin A, dan senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, semuanya ditemukan dalam buah pir, yang dapat membantu membersihkan tubuh dari senyawa berbahaya ini.

Pencegahan kanker


Antioksidan yang terkandung dalam buah pir sangat bermanfaat karena aktivitas anti-karsinogeniknya. Buah pir telah dikaitkan dengan pencegahan sejumlah jenis kanker, termasuk kanker usus besar, rektum, payudara, prostat, dan paru-paru. .

Tingkatkan kekebalan


Buah pir kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh karena merangsang produksi sel darah putih. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah pir juga dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang membantu menyingkirkan kondisi seperti pilek, flu, dan penyakit ringan lainnya.

Kesehatan jantung


Buah pir adalah sumber potasium, yang berarti dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan jantung karena potasium merupakan vasodilator yang terkenal. Dengan demikian akan menurunkan tekanan darah juga, karena kandungan ini dapat menurunkan ketegangan di seluruh sistem kardiovaskular.

Menurunkan tekanan darah juga dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. 

Akhirnya, potasium bertindak sebagai pengatur cairan dalam tubuh, yang berarti bahwa senyawa ini akan menjaga tubuh terhidrasi dan memastikan keseimbangan cairan penting dalam sel dan organ. Tanpa potasium, banyak fungsi penting kita akan melambat atau berhenti sama sekali.

Percepatan dalam penyembuhan


Vitamin C dalam buah pir juga memainkan peran penting dalam sintesis jaringan baru di berbagai organ dan struktur sel tubuh. Ini memungkinkan metabolisme tubuh berfungsi dengan baik dan memastikan bahwa semua fungsi bekerja dengan baik. 

Selain itu, penyembuhan luka dipercepat dengan asam askorbat tingkat tinggi, yang diberikan oleh buah pir. Ini juga membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, yang mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berkembangnya penyakit jantung tertentu.

Meningkatkan sirkulasi darah


Untuk seseorang yang menderita anemia atau kekurangan mineral lainnya, buah pir bisa sangat membantu, karena kandungan tembaga dan besi yang tinggi. 

Tembaga memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral ke dalam sistem, dan peningkatan kadar zat besi berarti bahwa sintesis sel darah merah meningkat. Sedangkan Zat besi adalah bagian penting dari hemoglobin dan anemia adalah nama lain untuk defisiensi zat besi.

Beberapa masalah kesehatan dapat dicegah kelelahan, kerusakan kognitif, kelemahan otot, dan kerusakan sistem organ dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan tembaga, yang keduanya ditemukan dalam jumlah signifikan pada buah pir.

Mencegah kelainan bawaan sejak lahir


Folat adalah bagian berharga dari nutrisi buah pir. Asam folat berkorelasi positif dengan penurunan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Jadi makan buah-buahan yang kaya asam folat seperti buah pir dapat melindungi kesehatan bayi. Ini adalah salah satu alasan utama wanita hamil dianjurkan untuk memantau kadar asam folat mereka.

Menurunkan peradangan


Komponen antioksidan dan flavonoid dalam bauh pir juga dapat menyebabkan efek anti-inflamasi dalam tubuh, mengurangi rasa sakit yang terkait dengan peradangan. Ini termasuk mengurangi gejala radang sendi, kondisi rematik, asam urat dan kondisi serupa.

Meningkatkan kesehatan tulang


Buah pir mengandung mineral yang tinggi termasuk magnesium, mangan, fosfor, kalsium dan tembaga. Kandungan ini membantu mengurangi kehilangan mineral tulang dan kondisi yang melemahkan seperti osteoporosis dan kelemahan umum dalam tubuh.

Perawatan kulit dan rambut


Salah satu vitamin yang paling serbaguna dalam tubuh manusia adalah vitamin A. Buah pir kaya akan vitamin A dan zat lainnya, seperti lutein dan zeaxanthin. 

Dengan bertindak sebagai antioksidan dan juga berpartisipasi dalam sejumlah reaksi enzimatik serta fungsi organik, buah pir dapat mengurangi efek penuaan pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan. 

Buah pir juga dapat mengurangi kerontokan rambut, degenerasi makula, katarak, dan berbagai kondisi lain yang terkait dengan proses penuaan.

Demikian informasi tentang buah pir yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang bah pir, bisa disampaikan dalam kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang buah pir ini bisa bermanfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Manfaat buah pir mulai anti-kanker hingga kulit sehat"