Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat buah bit mulai untuk jantung hingga stroke

Manfaat buah bit bagi kesehatan termasuk mengobati anemia, gangguan pencernaan, sembelit, penyakit ginjal, kanker, serta penyakit jantung. Buah bit juga membantu mencegah degenerasi makula, meningkatkan sirkulasi darah, merawat kulit, mencegah katarak, dan mengobati masalah pernapasan. Manfaat bit ini adalah karena makanannya yang kaya, vitamin dan mineral.

buah bit, manfaat buah bit, khasiat buah bit, gizi buah bit, beetroot


Nutrisi buah bit


Karena kandungan nutrisinya, buah bit memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk vitamin, mineral, dan senyawa organik seperti karotenoid, lutein / zeaxanthin, glisin, betain, serat, vitamin C, magnesium, besi, tembaga dan fosfor, dan pada saat yang sama sumber flavonoid. Ini menguntungkan disebut sebagai anthocyanin. Buah bit sangat rendah kalori, tidak ada kolesterol, tetapi kandungan gula tertinggi dari semua jenis sayuran.

Kesehatan jantung


Serat bit membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. 

Kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah jantung, jadi meningkatkan HDL adalah garis pertahanan yang baik untuk melawannya. 

Kehadiran nutrisi betaine mengurangi tingkat homocysteine dalam tubuh, yang juga bisa berbahaya bagi pembuluh darah. 

Karena itu, memakan bit dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, sehingga penyakit seperti arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke tidak berkembang. Serat bit juga menghilangkan kelebihan kolesterol LDL (kolesterol buruk) dari dinding dan membantu menghilangkannya dengan cepat dari tubuh.

Kehamilan


Buah bit baik untuk wanita hamil karena mereka merupakan sumber asam folat vitamin B yang baik, yang membantu mengembangkan tulang belakang bayi. Kekurangan folat dapat menyebabkan berbagai kondisi yang dikenal sebagai cacat tabung saraf.

Mencegah kanker


Studi telah menunjukkan bahwa buah bit baik untuk mencegah kanker kulit, paru-paru dan usus besar karena mengandung betacyanine pigmen, yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker. 

Nitrat yang digunakan dalam daging sebagai pengawet dapat merangsang produksi senyawa nitrosamin dalam tubuh, yang juga dapat menyebabkan kanker. 

Studi sekarang menunjukkan bahwa jus buah bit menghambat mutasi sel yang disebabkan oleh senyawa ini. Para peneliti di Hongaria juga menemukan bahwa jus bit dan bubuk buah bit dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor. 

Menambahkan buah bit yang sehat ke dalam menu makanan dapat menjaga kanker tubuh bebas  kanker untuk waktu yang sangat lama.

Sistem pernapasan


Buah bit adalah sumber vitamin C, yang  dapat mencegah gejala asma. Beta karoten alami dalam buah bit juga membantu mencegah kanker paru-paru. 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain bertindak sebagai antioksidan dan mempertahankan diri dari efek radikal bebas dalam tubuh, vitamin C juga merangsang aktivitas sel darah putih, yang merupakan pertahanan tubuh terhadap benda asing, serta virus, bakteri, jamur, dan racun protozoa yang dapat menyebabkan banyak infeksi dan penyakit.

Cegah katarak dan jaga kesehatan mata


Kehadiran beta-karoten dalam buah bit, yang merupakan bentuk vitamin A, membantu mencegah penurunan kemampuan penglihatan terkait usia, seperti katarak, dan pengurangan degenerasi makula yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. 

Vitamin A dianggap sebagai antioksidan kuat, yang terlibat dalam banyak kegiatan penting tubuh.

Meningkatkan energi


Buah bit mengandung karbohidrat dalam jumlah besar, yang menyediakan energi untuk aktivitas olahraga yang lebih lama. Buah bit mengandung kalori yang tinggi untuk meningkatkan jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Jika tubuh memiliki jumlah karbohidrat yang cukup, maka akan dapat melakukan semua fungsi yang diperlukan, termasuk reaksi metabolisme penting yang membuat sistem organ berfungsi secara efisien.

Pengurangan degenerasi makula


Beta-karoten yang terkandung dalam bit dapat mengurangi atau memperlambat degenerasi makula di mata. Degenerasi makula sering dikaitkan dengan peningkatan radikal bebas, yang secara drastis mempengaruhi proses penuaan dini banyak orang. Beta karoten adalah bentuk kuat vitamin A, yang memiliki sifat antioksidan dan melindungi mata dari efek berbahaya radikal bebas.

Mencegah stroke


Kekurangan kalium dalam tubuh meningkatkan risiko stroke. Untuk alasan ini, buah bit kaya akan kalium juga dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kalium disebut vasodilator, yang berarti melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah ke seluruh tubuh. 

Ketika tekanan darah turun dan arteri berhenti menyumbat, gumpalan darah cenderung tidak terbentuk, dan plak yang bisa terbentuk di sepanjang dinding arteri tidak menumpuk dan membentuk gumpalan tambahan. Gumpalan inilah yang akhirnya menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium dalam buah dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Peringatan


Bit mengandung oksalat, yang dapat menyebabkan kristalisasi cairan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Orang dengan masalah ginjal atau kantong empedu harus menghindari bit karena mereka dapat memperburuk batu ginjal dan kandung kemih.

Demikian informasi tentang buah bit yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang buah bit yang lebih lengkap, bisa juga disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang buah bit ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "8 Manfaat buah bit mulai untuk jantung hingga stroke"