Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat buah jeruk mulai darah rendah hingga kulit sehat

Manfaat jeruk termasuk mengurangi risiko stroke, menurunkan tekanan darah, melawan kanker, kesehatan jantung, diabetes, dan kesehatan kulit.

jeruk buah jeruk, manfaat jeruk, khasiat jeruk, gizi jeruk

Nutrisi buah jeruk


Buah jeruk rendah kalori dan penuh nutrisi. Buah jeruk dapat membuat kulit segar dan sehat dan membantu mengurangi keseluruhan risiko banyak penyakit sebagai bagian dari diet sehat dan bervariasi.

Buah jeruk memiliki lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda dan lebih dari 60 flavonoid. Kandungan buah jeruk ini telah terbukti memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Jeruk memberikan 130 persen kebutuhan vitamin C harian, 2 persen kebutuhan vitamin A, 6 persen kalsium, dan 0 persen zat besi.

Jeruk juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, asam folat, asam pantotenat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, dan tembaga. Jeruk dikaitkan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi (lebih dari dua kali kebutuhan harian).

Kolin adalah nutrisi penting dalam buah jeruk yang membantu tidur nyenyak, pergerakan otot, belajar dan mengingat. Kolin juga membantu menjaga struktur selaput lendir, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Zeaxanthin dan karotenoid memiliki efek antioksidan dan telah terbukti memiliki hubungan terbalik dengan tingkat kanker keseluruhan dan kanker.

Menurunkan risiko stroke


Menurut American Heart Association (AHA), mengkonsumsi sejumlah besar senyawa dalam buah jeruk dapat mengurangi risiko stroke iskemik pada wanita.

Mereka yang paling banyak mengonsumsi jeruk memiliki kemungkinan terkena stroke iskemik 19 persen lebih rendah dibandingkan perempuan yang paling sedikit mengonsumsi jeruk.

Darah rendah

Mempertahankan asupan natrium rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, tetapi meningkatkan asupan kalium juga bisa menjadi penting karena efek vasodilatasi.

Melawan kanker


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, makan pisang, jeruk, dan jus jeruk dapat mengurangi risiko leukemia pada anak-anak.

Sebagai sumber antioksidan vitamin C yang sangat kuat, jeruk juga dapat membantu melawan pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker.

Sementara asupan vitamin C yang cukup diperlukan dan sangat bermanfaat sebagai antioksidan, jumlah yang harus dikonsumsi untuk tujuan terapeutik pada kanker lebih tinggi daripada yang bisa dikonsumsi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin C dari jeruk suatu hari dapat digunakan untuk mengganggu sel kanker usus besar.

Asupan serat yang tinggi dari buah jeruk dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar. 

Kesehatan jantung


Kandungan serat, kalium, vitamin C dan kolin dalam jeruk mendukung kesehatan jantung.

Meningkatkan asupan kalium bersamaan dengan mengurangi asupan natrium adalah perubahan terpenting dalam diet untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ini berdasarkan penuturan Mark Houston, profesor kedokteran klinis di Vanderbilt Medical School dan direktur Hypertension Institute di St. Hospital. Thomas di Tennessee.

Asupan kalium yang tinggi juga dikaitkan dengan berkurangnya risiko stroke, perlindungan terhadap kehilangan massa otot, pemeliharaan kepadatan mineral tulang dan pengurangan pembentukan batu ginjal.

Diabetes


Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes yang mengkonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar gula darah lebih rendah. Buah jeruk termasuk buah yang tinggi serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. 

Kesehatan kulit


Antioksidan vitamin C dari buah jeruk, ketika dikonsumsi dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan memperbaiki keseluruhan tekstur kulit. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung untuk kulit.

Demikian informasi tentang buah jeruk yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang buah jeruk, bisa juga disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang buah jeruk ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat buah jeruk mulai darah rendah hingga kulit sehat"