Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat buah kelengkeng mulai diet sehat hingga daya ingat

Manfaat buah kelengkeng termasuk perawatan kulit, menurunkan berat badan, aliran darah, tekanan darah, kesehatan sistem saraf, kekebalan tubuh, penyembuhan, meningkatkan energi, mencegah penyakit, membantu pencernaan dan meningkatkan memori.

kelengkeng, buah kelengkeng, manfaat kelengkeng, khasiat  kelengkeng, gizi kelengkeng


Nutrisi buah lengkeng


Lengkeng sangat rendah kalori, dengan kurang dari 20 kalori dalam satu ons buah ini. Selain itu, buah lengkeng ini mengandung sangat sedikit karbohidrat, yang baik untuk diet ketogenik. Namun, bersama dengan banyak vitamin B, termasuk asam folat, lengkeng merupakan sumber kalium dan vitamin C yang sangat baik, serta tembaga, magnesium, fosfor dan mangan. Lengkeng juga menawarkan antioksidan tertentu yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Buah Lengkeng 


Beberapa manfaat kesehatan utama dari buah lengkeng adalah kemampuan untuk meningkatkan kesehatan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh, menghilangkan stres, meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Perawatan kulit


Ketika membahas antioksidan, buah lengkeng mengandung antioksidan dalam jumlah sedang, tetapi dapat memiliki efek yang terukur pada tampilan dan tekstur kulit. Ini dapat membantu menghilangkan keriput dan bintik-bintik penuaan serta noda dan bekas luka. Antioksidan ini membantu menghilangkan stres oksidatif dalam sistem tubuh.

Menurunkan berat badan


Karena jumlah kalori yang sangat rendah dalam buah lengkeng, sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Buah ini tidak mengandung banyak serat, tetapi kepadatan nutrisi dapat menekan nafsu makan, meskipun mengkonsumsi buah lengkeng dalam jumlah banyak tidak perlu khawatir mempengaruhi asupan kalori dan meningkatkan berat badan.

Memperbaiki sirkulasi darah


Lengkeng mengandung sejumlah zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran darah. Dengan aliran darah yang tepat, tubuh mendapatkan sumber daya ke bagian tubuh utama dan oksigen, yang dapat meningkatkan energi dan mencegah gejala anemia.

Tekanan darah 


Ada beberapa mineral lain di Lengkeng, termasuk potasium, yang secara langsung dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Kalium adalah vasodilator yang dapat meredakan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang pada akhirnya dapat melindungi sistem kardiovaskular dan mengurangi risiko arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Sistem saraf


Penelitian menunjukkan bahwa lengkeng dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf. Sinyal-sinyal listrik yang dibutuhkan untuk setiap aksi dalam tubuh harus melewati elektrolit sehingga buah ini dapat mendukung fungsi keseluruhan dan bahkan pergerakan otot.

Sifat Penyembuhan 


Tingkat vitamin C yang tinggi dalam buah ini dapat membantu produksi kolagen, yang penting untuk setiap jaringan, sel, atau otot dalam tubuh. Dengan kandungan kolagen yang tepat, perbaikan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Mencegah penyakit


Meskipun mengandung sedikit antioksidan, buah lengkeng juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan menetralisir efeknya pada tubuh. Ini dapat membantu mencegah mutasi sel yang sehat yang dapat mengurangi risiko kanker, radang sendi, penyakit autoimun, dan berbagai penyakit jantung.

Sistem pencernaan


Lengkeng adalah sumber serat yang relatif baik yang dapat membantu menumbuhkan tinja dan mempromosikan peristaltik. Buah lengkeng membantu dengan buang air besar dan mencegah gejala-gejala seperti sembelit, gangguan pencernaan, diare, kram perut dan gangguan perut secara umum, sambil meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi.

Kemampuan mengingat

Sejumlah penelitian telah mengaitkan penggunaan Lengkeng dengan peningkatan keterampilan kognitif, khususnya dalam kaitannya dengan pembentukan dan pemeliharaan memori. Bagian itu diyakini karena adanya antioksidan, meskipun hasilnya bervariasi dalam penelitian sebelumnya.

Demikian informasi tentang buah lengkeng yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang buah lengkeng bisa dibagikan juga di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang buah lengkeng ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "10 Manfaat buah kelengkeng mulai diet sehat hingga daya ingat"