Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi tools digital marketing untuk pemula

Digital marketing adalah metode pemasaran menggunakan berbagai alat dan media dengan basis internet. 

digital marketing, email marketing, website, seo, sem, newsletter,

Bagi teman-teman yang ini masuk dalam dunia internet marketing atau digital marketing, berikut adalah beberapa metode atau alat yang bisa teman-teman gunakan.

Website


Halaman website wajib dimiliki oleh siapapun yang melakukan aktifitas digital marketing. Fungsi website dalam aktifitas digital marketing yang paling mendasar adalah untuk menampilkan produk atau layanan yang dijual.

Bagaimana jika tidak memiliki website? Jangan khawatir, banyak tempat untuk menampilkan produk gratisan seperti menggunakan blogspot, wordpress, online marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee, hingga situs lelang online seperti olx.

Iklan banner (display ads)


Jika sudah bisa menampilkan produk online, teman-teman harus mempromosikan produk tersebut secara online. Salah satu cara untuk promosi online adalah dengan membuat iklan banner.

Iklan banner ini bisa ditayangkan di website yang memiliki banyak pengunjung. Dengan demikian orang yang tertarik dengan iklan yang dipasang, akan mengunjungi halaman produk atau layanan yang dijual.

Newsletter online


Newsletter adalah mengirimkan informasi apapun baik bersifat komersial hingga informatif kepada pelanggan atau calon pelanggan. Melalui newsletter online, harapannya bisa melakukan edukasi dan promosi online secara tertutup kepada pelanggan.

Untuk melakukan newsletter ini biasanya memerlukan email pelanggan atau siapapun yang mendaftarkan emailnya dan bersedia dikirimkan newsletter. Newsletter online ini yang saya maksudkan adalah cara organik, yaitu dengan daftar email yang tersedia di kontak pelanggan.

Untuk mengirimkan newsletter ini membutuhkan tools untuk email marketing, yang berfungsi untuk mengirimkan materi newsletter ke email pelanggan yang jumlahnya sangat banya. Tools ini diperlukan karena fasilitas email yang ada saat ini hanya terbatas pada jumlah tertentu saja.

Email Marketing (Ads)


Email marketing disini sebenarnya hampir sama dengan newsletter online. Namun email markeitng ini saya ulas untuk versi yang berbayar, tanpa perlu memiliki alamat email pelanggan.

Ada banyak layanan email marketing seperti ini. Jika teman-teman memiliki email google (Gmail), kadang ada materi email yang masuk berupa iklan), nah pengiklan di email ini tidak perlu repot untuk mengumpulkan alamat email pelanggan. Mereka bisa menggunakan layanan iklan melalui email ini untuk mengirimkan email ke banyak orang yang sesuai sasaran pasarnya.

Mesin pencari


Google search, Bing, Yahoo, dan sebagainya adalah contoh mesin pencari yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing. Disini teman-teman hanya perlu membuat konten di website lalu melalukan optimasi kata kunci di judul artikel, isi artikel, gambar, dan sebagainya.

Jika konten promosi masuk ke rangking pertama mesin pencari, maka akan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan.

Teknik ini disebut dengan search engine optimization (SE0) yang akan mendapatkan pelanggan secara organik dan gratis dari mesin pencari.

Selain SEO, dalam mesin pencari ada istilah Search Engine Marketing (SEM). SEM ini tanpa perlu melakukan optimasi konten seperti SEO, yang perlu dilakukan hanya mengeluarkan anggaran untuk membayar iklan mesin pencari agar konten tayang diperingkat paling atas mesin pencari.

Demikian informasi tentang tools digital marketing untuk pemula yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tembahan atau jika ada yang ingin yang ditanyakan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " 5 Rekomendasi tools digital marketing untuk pemula"